Senin, 25 September 2017

Mengapa Catridge Printer Cepat Rusak ? Berikut Penyebabnya

Info Negeri Blog - Printer merupakan alat penting bagi dunia percetakan, hampir setiap instansi bahkan setiap orang juga memiliki karena alat ini mampu mencetak sebuah gambar  ataupun teks dengan mengggunakan kertas atau media lainnya. Printer adalah alat cetak yang tidak akan berfungsi ketika catridgenya juga tidak berfungsi. Oleh sebab itu perawatan printer harus memperhatikan komponen tersebut. Agar printer kita awet lama sebaiknya kita memahami komponen apa saja yang perlu diperhatikan dan yang paling utama adalah mengetahui penyebab catridge printer bisa cepat rusak agar kita lebih berhati dalam merawat catridge karena catridg sangat sensitif. Jika sebuah printer masih baru dan belum lama digunakan kemudian catridge printer sudah error atau rusak itu berarti ada yang salah dengan cara menggunakan printer.




Langsung saja kita akan membahas beberapa hal penting berhubungan dengan penyebab catridge cepat rusak sehingga nantinya bisa melakukan perawatan dan pemeliharaan yang tepat. Cepat rusak berarti suatu kondisi dimana catridge seharusnya masih bisa digunakan namun sudah tidak bisa digunakan karena ada kerusakan. Berikut adalah penyebabnya :

Terlalu banyak mencetak
Jika menggunakan printer jangan terlalu banyak mencetaknya dalam waktu yang bersamaan, jadi sedikit-sedikit saja agar printer atau catridge tidak keberatan, seperti manusia kalau diberikan beban yang terlalu berat akan kecapekan.

Tidak pernah dipakai

Printer jika tidak pernah dipakai juga bisa menyebabkan cepat rusak,karena catridge tidak teraliri oleh tinta sehingga menjadikan tinta tersumbat dan menjadi kering.

Pengisian tinta yang kurang tepat. 
Jika mengisi tinta printer harus diperhatikan cara pengisian yang tepat, jangan asal mengisi, karena tipe printer juga berbeda-beda maka cara mengisinya pun berbeda termasuk tintanya.

Sering kehabisan tinta.
Jika sudah ada pemberitahuan tinta akan habis, seharusnya segera diisi tintanya jangan sampai menunggu habis, ketika habis maka catridge akan kering dan ketika sering hal ini sering terjadi maka akan lebih mudah catridge mengalami kerusakan.

Tidak pernah dirawat.
Printer yang sering digunakan sebaiknya dirawat dengan baik,jangan menggunakan saja tapi tidak pernah dirawat, terutama bagian yang sangat penting yaitu catridge.

Kali ini saya juga akan berbagi tips bagaimana cara merawat printer agar tidak cepat rusak, berikut ini caranya :

Cetaklah secara berkala 
Jika kita mencetak tugas dengan jumlah yang banyak, idsarankan tidak mencetak sekaligus, akan tetapi diberi jeda kurang lebih 3 menit untuk print tidak berwarna dan 5 menit untuk print berwarna. Istirahatkan printer maksimal mencetak 15 lembar. Karena mencetak sekaligus menyebabkan printer dan catridgenya cepat rusak.

Isilah tinta ketika akan habis
Usahakan mengisi tinta ketika sudah mau habis, jangan sampai menunggu benar-benar habis. Jika kita membiarkan catridge tidak terisi oleh tinta dalam waktu yang lama, maka tinta akan tersumbat dibagian head printer dan lama kelamaan catridge akan kering bahkan rusak.

Gunakalah printer secara rutin
Gunakanlah printer secara rutin, jangan biarkan printer terlalu lama tidak dipakai. Jika tidak ada tugas yang harus diprint maka cetak aja terserah ya setidaknya 1 lembar saja cukup biar dipakai.

Jangan asal mematikan printer
Bila printer masih diperlukan atau sering dipakai, maka biarkan printer tetap hidup, jangan mudah mematikan dan menyalakan printer karena hal itu akan akan membuat tinta berhamburan. Penghamburan tinta ini dapat menyebabkan busa pada penampung tinta cartridge yang akan membuatnya cepat penuh. Bila penuh, maka printer tidak akan sanggup untuk mencetak.  Jadi kalau sekiranya masih dibutuhkan maka biarkan printer itu hidup. Car inilah yang dapat meminimalisir kerusakan pada catridge dan tentunya juga lebih hemat listrik.

Itulah beberapa penyebab mengapa catridge cepat rusak dan beberapa tips perawatannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

untuk membeli catridge yang bagus dan berkualitaas kunjungi : https://fixprint.co.id/cartridge


EmoticonEmoticon