Senin, 27 November 2017

Tips Cerdas Agar Buah Hati Tidak Mudah Sakit

Memiliki buah hati yang sehat, aktif dan ceria adalah harapan bagi semua orangtua, tidak ada satupun orangtua yang senang ketika anaknya mudah sakit sehingga menghambat aktifitas anak yang mulai banyak bereksperimen. Karenanya orangtua pasti sedih ketika keceriaan sang buah hati sirna karena penyakit yang menyerang mereka. Disaat buah hati sakit, orangtua pasti panik, dan bingung melihat anaknya yang lemas, apalagi saat musim hujan tiba biasanya penyakit banyak muncul karena banyak kuman dan bakteri. Itulah mengapa pada musim ini anak-anak rentan terkena berbagai penyakit, misalnya flu, batuk, dan diare.

Sebenarnya wajar jika anak kecil mudah sekali terkena penyakit dibandingkan dengan orang dewasa, karena imun atau kekebalan tubuh anak masih belum terbentuk secara sempurna sehingga kuman atau bakteri mudah masuk ke dalam tubuh anak yang dapat menimbulkan penyakit. Selain penyakit itu dipengaruhi oleh faktor alami dan imun anak yang belum kuat, pencemaran lingkungan dan minimnya pengetahuan masyarakat untuk menjaga fasilitas umum menambah faktor penyebab mudahnya penyebaran penyakit. Oleh sebab itu menjadi orangtua harus cerdas menjaga buah hati agar tidak mudah sakit, berikut adalah tips agar anak tidak mudah sakit :




1. Menjaga Kebersihan Si Buah Hati

Menjaga kebersihan buah hati itu sangat penting. Semua pasti sudah mengetahuinya bahwa kotoran, kuman adalah sumber dari penyakit yang paling umum, bahkan bibit penyakit akan mudah menyebar jika di tempat atau lingkungan yang kotor. Jadi ibu harus memperhatikan tempat yang digunakan bersih atau tidak dan harus selalu dibersihkan. Selain kebersihan lingkungan, kebersihan dalam tubuh anak juga harus dijaga seperti menjaga kebersihan kuku, gigi dan pakaian anak, sebab beberapa hal tersebut adalah sumber kecil kuman untuk menyerang imunitas atau kekebalan tubuh si buah hati.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan

Aak-anak membutuhkan nutrisi yang seimbang dan cairan tubuh yang cukup dalam berbagai kondisi. Hal ini untuk proses tumbuh kembang anak baik dalam keadaan sehat maupun dalam keadaan sakit. Tubuh sangat membutuhkan cairan untuk menjaga segala proses dan sirkulasi darah dalam tubuh serta proses metabolism tubuh lainnya. Yang mana kesemua proses tersebut membutuhkan cairan cukup dalam tubuh. Untuk itu, pastikan anda sebagai orangtua selalu memenuhi kebutuhan cairan si buah hati setiap hari.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah makanan yang harus dipenuhi untuk buah hati, karena buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Adapun beberapa manfaat mengkonsumsi buah dan sayur adalah meningkatkan kekebalan tubuh anak, membantu mencegah berbagai penyakit seperti kanker, jantung, Alzhaimer, dll. Kandungan serat tingi pada buah dan sayuran membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Oleh sebab itu untuk membantu si buah hati terhindar dari penyakit maka berikan buah dan sayuran secara rutin setiap hari.

4. Konsumsi Susu yang Baik

Memberikan susu pada si buah hati sangat penting., jika di usia bayi hingga dua tahun maka susu yang baik ada ASI namun selepas dari usia dua tahun tidak lagi minum ASI maka berikan susu formula yang bagus untuk anak. Susu mengandung kalsium yang tinggi untuk kekuatan tulang dan gigi, dapat mendukung pertumbuhan otak agar tumbuh cerdas, terhindar dari diabetes tipe 2 dan menghindari obesitas. Maka orangtua harus rutin memberikan susu agar tidak mudah terkena penyakit. Namun orangtua juga harus jeli dalam memilih susu yang bagus untuk balita.

5. Berikan Madu

Bayi yang berusia di atas dua tahun, orangtua bisa memberikan madu alami secara rutin sebagai obat imun untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih kuat, sehingga ia tidak mudah terkena penyakit. Hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan anti kuman, anti virus dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

Demikian beberapa tips yang harus diperhatikan orangtua agar si buah hati tidak mudah sakit. Anak yang aktif, cerdas dan ceria dalam hari-harinya akan membuat hati orangtua menjadi senang. Semoga artikel ini bermanfaat.


EmoticonEmoticon