Sabtu, 02 Desember 2017

Manfaat Susu untuk Pertumbuhan Anak

Setiap tubuh manusia pasti membutuhkan nutrisi dan protein untuk kebutuhan organ tubuh, semakin bertambah usia maka semakin banyak juga protein yang dibutuhkan. Begitupun dengan anak yang masih dalam masa pertumbuhan pastinya  akan dibutuhkan lebih banyak nutrisi dan protein akan anak bisa burtumbuh dengan ideal. Oleh sebab itu alangkah baiknya anak diberikan susu. Jika usia di bawah 2 tahun maka berikan ASI akan tetapi jika di atas 2 tahun berikan susu formula agar dapat meningkatkan IQ bagi anak, karena setiap kandungan susu terdapat protein omega 3-6 AA dan DHA yang dapat meningkatkan IQ. Berikut ini adalah manfaat susu untuk perkembangan anak :
1.    Kesehatan Tulang
Susu mengandung kalsium yang tinggi, protein, fosfor dan protein. Masing-masing memiliki keunggulan untuk  pertumbuhan dan kesehatan agar tulang sehat dan kuat. Jika anak mengkonsumsi susu dari usia balita hingga dewassa, bisa membantu merawat tulang agar terhindar dari penyakit tulang.

2.    Kesehatan Gigi
Susu yang mengandung kalsium bukan hanya baik untuk kesehatan tulang, akan tetapi kesehatan gigi yaitu melindungi permukaan enamel terhadap asam dan mengurangi risiko gusi bengkak dan gigi berlubang.

3.    Perkembangan Syaraf Otak
Susu juga mengandung zat besi yang dapat membantu pertumbuhan otak anak. Karena susu mengandung DHA, EPA, serta kandungan omega 3 dan omega 6 yang baik untuk perkembangan otak. 100 gr susu sapi mengandung energy 61Kkal, protein 3,2 gr, dan 143 mg dapat menunjang perkembangan syaraf otak, apabila dikonsumsi segelas per harinya.

4.      Sumber Prote’in
Agar pertumbuhan anak dapat berkembang dengan baik maka orangtua memberikan asupan al-mizan. Birikan anak anda secara membantu proses tumbuh kenal bah.

5.      Sumber Lemak yang Baik
Pertumbuhan anak tidak hanya membutuhkan protein dan kalsium sajaa tetapi juga membutuhkan lemak sebagai pendukung pertumbuhan tubuh dan otak anak. Susu sapi adalah salah satu sumber lemak yang baik bagi kesehatan anak.

6.      Sumber Energi
Setiap anak pasti suka bergerak kesana kemari, hal itu tentu saja menguras energy anak saat sedang bermain. Untuk membantu anak agar tetap aktif maka membutuhkan energi yang cukup. Seperti susu da makanan bergizi.

7.    Mencegah Obesitas
Mengkonsumsi susu dapat meghndar penyakit obessatas atau kegemukan kelebihan berat badan. Susu dapat membantu seseorang dalam mempertahankan keidelana tubuhnya, sehingga seorang  anak yang mengkonsumsi susu dapat terhindar dari penyakit obesitas

8.    Mencegah Diabetes
Manfaat susu juga dapat menghindari seorang anak dari penyakit diabetes. Berikan susu yang rendah lemak sehingga mereka terhindar dari penyakit diabetes. Jika terhindar dari penyakit maka pertumbuhan anak lebih lancar dan ideal.

Itulah beberapa manfaat susu untuk perkembangan anak agar tumbuh secara ideal. Namun seorang ibu juga harus berhati-hati dalam memilih susu pertumbuhan karena tidak semua cocok untuk anak anda, maka harus selektif lagi dalam memilih susu.


EmoticonEmoticon