Minggu, 21 Januari 2018

Inilah Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya

Makan adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap anak, jika tidak dipenuhi maka akan menyebabkan anak kekurangan gizi atau suplemen yang harusnya terpenuhi bagi tubuh. Akan tetapi seringkali anak tidak mau makan atau susah makan hal ini yang menjadikan orang tua bingung mengapa anaknya susah sekali makan ? nah bagi orang tua tenang saja inilah penyebab mengapa anak susah makan dan bagaimana cara mengatasinya . 



Ada beberapa sebab mengapa anak susah makan, yaitu :

1. Tidak Selera Makan

Ketika anak sudah memasuki usia 1 tahun, maka anak sudah mulai menunjukkan keinginan dalam makanan. Misalkan pada suatu hari anak makan sayur bayam saja, kemudian dalam 1 pekan anak tidak mau lagi makan bayam. Nah anda tidak perlu khawatir jika anak seperti ini, anda perlu membuat makanan yang lebih bervariasi saja agar anak tidak merasa bosan namun tetap makanan yang bergizi dan sesuai dengan porsinya.

2. Sedang Sakit

Jika anak susah makan biasanya dikarenakan oleh kondisi tubuh yang tidak stabil dalam artian kondisi anak sedang tidak fit atau sakit. Biasanya anak kecil sangat rawan dengan sakit pilek dan batuk. Jika anak sedang pilek dan batuk maka anak akan kehilangan nafsu makan karena merasakan badan yang tidak enak.

3. Mengkonsumsi Camilan

Mengkonsumsi  camilan akan membuat anak merasa kenyang dan akhirnya anak susah makan karena merasa tidak kondisi perutnya tidak lapar padahal sebenarnya camilan saja tidak cukup untuk memenuhi gizi anak. Oleh sebab itu konsumsi camilan secukupnya saja dan tetap camilan yang bergizi. Untuk itu perlu dibuat jadwal makan sehari-hari agar anak makan teratur dan mendapatkan gizi yang lengkap.

4. Makan yang Manis sebelum Jadwal Makan

Apa yang terjadi jika anak makan manis sebelum makan nasi ? makan yang manis-manis mengandung banyak kalori yang menyebabkan kenyang sesaat dan akibatnya anak akan susah makan nasi. Oleh sebab itu sebagai orang tua harus mengatur jadwal kapan anak boleh mengkonsumsi makanan yang manis-manis seperti coklat, es krim, roti dll. Hindari makanan yang manis sebelum makan nasi.

Inilah cara mengatasi anak yang susah makan :

1. Mengajarkan Perilaku Makan yang Baik dan Benar

Sangat perlu mengajarkan anak berperilaku makan yang baik dan benar. Yaitu dengan cara membuat jadwal makan secara teratur, agar anak terbiasa makan sesuai dengan waktu makannya.

2. Ajak Anak Bermain Sambil Makan

Bermain bisanya dilakukan untuk anak-anak yang masih kecil atau usia balita, karena seusia ini anak sangat suka bermain. Jika anak susah makan maka ajaklah anak untuk bermain dan disela bermain tersebut alihkan anak untu makan sedikit demi sedikit. Hal ini akan menjadikan anak merasa senang sehingga makannya semakin lahap. Dan hindari mengancam atau menghukum anak jika tidak mau makan.

3. Memberi Cemilan Sehat, Menarik dan Mengetahui Kapan Anak diberikan Cemilan

Jika anak memasuki usia 2 tahun, maka aktivitas yang dilakukan semakin banyak. Ini yang akan membuat anak lupa makan padahal seharusnya semakin banyak nutrisi yang dimasukkan ke dalam tubuh. Untuk menyiasatinya berikan cemilan yang sehat dan menarik dengan porsi kecil tapi beragam.

4. Memberikan Suplemen Vitamin Penambah Nafsu Makan

Selain memberikan berbagai cara yang perlu dilakuakan untuk mengatasi anak susah makan, maka perlu juga orang tua memberikan nutrisi atau suplemen vitamin penambah nafsu makan yang sesuai dengan anak dan aturan kesehatan.

Demikian beberapa penyebab anak susah makan dan bagaimana cara mengatasinya, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih 


EmoticonEmoticon