Sabtu, 11 Agustus 2018

Kenali Tanda-Tanda Memiliki Alergi Makanan

Info Negeri - Alergi makanan bisa berkembang pada siapapun. Usia bukan menjadi batasan terjadinya resiko alergi. Tidak hanya ketika masih kecil saja, bahkan sudah besar bisa terjadi alergi terhadap makanan tertentu. Ketika masih kecil tidak mempunyai riwayat alergi, tetapi di usia dewasa masih ada kemungkinan timbulnya alergi makanan. Apa kemudian yang bisa menyebabkan hal ini terjadi? Setiap tubuh manusia memiliki imunitas (kekebalan). Inilah yang bisa membuat anda terlindungi dari berbagai ancaman bakteri, atau virus. Hal yang bisa berbahaya bagi tubuh anda. Adanya system kekbalan akan membuat tubuh bisa mengetahui, zat yang dibutuhkan dan zat yang berbahaya. Bila mana zat yang berbahaya dan asing tadi masuk, akan direspon oleh system kekebalan tubuh. Kemudian dilawan dan terjadi yang namanya reaksi.


Bila anda memahami lebih lanjut lagi, maka ada kaitanya alergi makanan dengan system kekabalan tadi. Makanan yang masuk dalam tubuh anda harus diproses. Tidak bisa langsung ditolak, karena zat yang terkandung di dalam makanan berbeda-beda. Semisal adanya bakteri. Tidak semua bakteri itu berbahaya, ada yang baik dan sangat bisa membantu proses pencernaan makanan. Tetapi, yang berbahaya ialah proses untuk menanggapi bakteri yang jahat. Terkadang kekebalan tubuh tidak bisa melakukan antisipasi terhadap bakteri buruk pada makanan. Di sinilah yang bisa menyebabkan reaksi alergi pada tubuh anda. kekebalan tubuh juga sangat rawan, karena bisa salah mengenal zat yang terdapat pada makanan. Sehingga ini akan menimbulkan reaksi berupa alergi. 

Reaksi dari alergi makanan sendiri berbeda-beda. Efek dari alergi bisa dalam waktu yang begitu cepat, bahkan bisa pula membutuhkan proses panjang. Reaksi mungkin tidak akan anda dapatkan ketika sudah mengkonsumsi makanan secara berkali kali. Nah, ketika sudah melampaui batasannya baru kemudian tubuh akan merespon dengan reaksi alergi. Bisa anda ketika dari kecil tidak masalah mengkonsumsi makanan tertentu. Kemudian setelah dewasa baru reaksi alergi anda dapatkan. Kejadian yang semcam ini banyak terjadi saat ini. Itu semua dapat dijelaskan dengan masuk akal dan ilmiah. Alergi sendiri ada yang sifatnya ringan, ada pula yang serius dan sangat membahayakan bagi tubuh. Semuanya tergantung tubuh anda di dalam menanggapi zat penyebab alergi tadi. Secara umum, terjadinya alergi sangat mudah untuk dikenali. Kebanyakan gejala yang menyerang kulit serta pernapasan sering terjadi. Meskipun tidak menutup kemungkinan gejala lain bisa terjadi. Biasanya alergi pada makanan terjadi usai 30 menit bahan makanan masuk ke dalam tubuh. Bermula dari tanda-tanda yang muncul, di antaranya ;

·    Sensasi Gatal

Gatal atau geli, merupakan reaksi dari alergi makanan dalam kapasitas yang tingan. Anda bisa merasakan rasa gatal mulai dari bagian bibir serta lidah, bahkan sampai ke tenggorokan. Tidak ada yang mengetahui secara khusus bagian yang terkena reaksi alergi. Lantaran reaksi ini terjadi tergantung dari tingkatan alergi yang ada pada tubuh anda.

·    Susah Bernapas

Ketika anda sudah selesai makan, kemudian beberapa waktu setelahnya mengalami susah napas. Bisa dibilang ini merupakan reaksi yang diakibatkan oleh alergi terhadap suatu makanan. Tenggorokan akan terasa rapat dan anda mengalami kesulitan untuk bernapas. Susah bernapas bisa dikategorikan alergi yang lumayan berat. Apabila tidak segera ditangani dengan baik akan berakibat fatal bagi tubuh anda. 

·    Pembengkakan

Pembengkakan pada beberapa bagian tubuh adalah reaksi dari alergi. Bisa dikatakan ini menjadi alergi yang berat dan harus segera mendapatkan penanganan. Di mana bibir, lidah dan anggota tubuh anda mengalami proses pembengkakan. Terjadinya karena ada hal berbahaya yang masuk dalam tubuh anda kemudian system kekebalan meresponnya dengan pembengkakan. Umumnya terjadi usai dua jam anda makan, bahkan ada pula yang langsung terjadi. Usahakan anda langsung mencari bantuan secara medis agat tidak berakibat fatal.

·    Ruam

Ruam bisa terjadi akibat berbagai faktor pada tubuh anda. Tetapi, kalau hal itu terjadi dengan tiba-tiba setelah anda makan. Maka itu bisa diakibatkan oleh bahan makanan yang baru dikonsumsi. Untuk memastikannya sebaiknya anda menghubungi ahli/ dokter.

·    Pening/ Pusing

Usai makan anda mengalami pening yang berlebihan. Segeralah anda mencari pertolongan secara medis. Ini pasti ada hubungannya dengan alergi makanan. Bila terlambat, tidak menutup kemungkinan anda akan pingsan. Lantaran hal ini akan membuat anda merasa lemah tidak berdaya.

Itulah tanda-tanda alergi makanan. Perlu anda ingat bahwa alergi bisa sangat berbahaya bahkan berujung kematian (anafilaksis). Makanya kalau anda merasa muncul reaksi akibat dari konsumsi makanan segeralah memeriksakannya ke dokter. Sebelum anda mengalami hal yang lebih parah lagi. Kalau sudah terbukti bahwa anda alergi terhadap makanan tertentu. Sebaiknya anda segera menghindarinya. Ingat! Jangan sekali-kali mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang sama.


EmoticonEmoticon