Kamis, 13 September 2018

Mengulas Tentang Cara Kerja dan Pemaksimalan Kecepatan Internet dari Router

Internet sat ini menjadi salah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Karena internet tidak hanya bisa digunakan untuk mencari informasi namun juga untuk berkomunikasi. Anda bisa menggunakan router wifi untuk bisa berinternetan. Device yang bisa diperoleh di tempat jual router wifi, memiliki cara kerja dengan merutekan paket data dari informasi yang disebut dengan cara routong.




Cara tersebut membuat router dapat mengetahui jalur rute dari perjalanan informasi itu sampai mana serta apakah ada di 1 jaringan yang sama atau tidak. Jika router menemukan informasi tersebut berbeda, akan dilanjutkan ke jaringan tersebut namun jika sama, router tersebut akan menghalangi paket keluar dan akan meneruskan paket menggunakan routing yang memiliki persamaan jaringan hingga ke tujuan.

Jenis wi-fi router ini seperti Omniswitch 6350 dari Alcatel yang memberikan beberapa keuntungan seperti kemudahan saat instalasi dan memberikan kebutuhan jaringan penggunanya, yaitu sebagai router dan sebagai access point. Sebagai router, wifi router memiliki fungsi untuk menghubungkan antara 2 lan yang berbeda secara segment UP untuk internet ataupun segmen yang berasal dari provider internet dengan segmen lokal yang berasal dari pelanggan atau klien wifi. Sedangkan yang kedua adalah sebagai access point yang fungsinya adalah untuk terminal pusat. Sehingga semua klien wireless tersebut harus terhubung dahulu ke access point sebelum akhirnya bisa berkomunikasi dengan klien lainnya.

Ada berbagai jenis wifi router sehingga Anda harus berhati-hati dan teliti saat akan membelinya. Ada beberapa jenis koneksi yaitu dengan melalui modem 3G/4G LTE ataupun menggunakan CDMA yang mempergunakan port USB ataupun yang lewat sambungan model ADSL. Selain itu, pertimbangkan mengenai kecepatan maksimal (up to) dari wifi router tersebut. Kecepatan tersebut adalah kecepatan yang dipergunakan untuk transfer antar AP dan wifi klien dan bukanlah kecepatan dari wifi klien dengan internet.

Untuk meningkatkan kecepatan dari device yang anda beli di tempat jual router wifi , ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Diantaranya adalah:

· Menggunakan teknologi wireless terbaru. Gunakan router yang menggunakan teknologi N yang merupakan teknologi yang tercepat diantara yang lainnya.
· Perbaiki sistem keamanan Anda. Anda bisa menggunakan password yang rumit yang bisa anda ingat dengan mudah dan gunakan enkripsi WPA2.
· Mengontrol bandwidth terutama jika Anda menggunakan koneksi Wifi tersebut bersama-sama misalnya untuk 1 keluarga atau untuk 1 kos. Dengan pengaturan dan kontrol bandwidth tersebut bisa mencegah kebocoran bandwidth yang menyebabkan koneksi lemot.
· Menggunakan kaleng bekas minuman, panci ataupun alumunium foil untuk mencegah agar bandwidth tidak menyebar kemana-mana.
· Menggunakan repeater untuk menerima sinyal Wifi dan memanfaatkannya kembali agar sinyal wifi menjadi lebih kuat.
· Reboot/restart secara berkala.


EmoticonEmoticon