Sabtu, 15 September 2018

Tips Memilih Aki Kering Motor Berkualitas Di Pasaran

Info Negeri - Ingin mendapatkan aki kering motor berkualitas? Tidak mudah memang untuk melakukannya. Jenis aki sendiri ada dua macam yakni aki kering dan aki basah. Aki basah lebih banyak dipilih karena memang harganya yang lebih murah dibandingkan aki kering. Namun, anda harus tahu bahwa sebenarnya alangkah lebih baiknya kalau anda langsung membeli aki kering. Alasannya sangat sederhana, di mana aki kering memiliki kualitas yang jauh diatas aki basah. Memang kalau dibandingkan dari segi harga selisihnya sangat lumayan. Tetapi, melihat daya tahan yang cukup lama, sebaiknya anda lebih pandai dalam menentukan pilihan. Saran yang bisa diberikan kepada anda, lebih baik membeli aki kering. Selain tahan lama perawatan yang dilakukan juga relative lebih mudah. Anda tidak akan direpotkan dengan mengganti air aki seperti pada aki basah.


Bagi anda yang baru membeli aki, kemudian ternyata aki tersebut hanya bisa bertahan kurang dari 1 tahun. Anda perlu lebih cermat lagi ketika ingin membeli aki kering motor berkualitas. Mengalami kerusakan pada aki menjadi sebuah hal yang sangat menyusahkan. Apalagi aki dalam hal ini punya peran yang begitu penting. Tidak hanya mesin saja, kalau aki tidak bisa menyuplai arus listrik yang dibutuhkan maka mesin tidak bisa bekerja dengan maksimal. Selain itu, seluruh komponen yang berhubungan dengan elektronik pada motor semuanya dipasok arusnya oleh satu komponen yakni aki. Jadi bila mana aki rusak maka seluruh kinerja dari motor akan terganggu dan tidak akan maksimal. 

Anda ingin menggunakan aki basah atau kering tidak menjadi sebuah masalah. Pada dasarnya kedua jenis aki tersebut memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda. Namun, kalau anda lebih selektif, sebaiknya anda memakai aki kering motor berkualitas. Menggunakan aki basah memang sama saja, tetapi banyak ditemukan aki basah yang mudah rusak. Belum lagi anda harus meluangkan waktu anda untuk merawat aki basah yang membutuhkan perawatan berkala. Melihat hal tersebut, maka anda lebih baik memilih menggunakan aki kering dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya. Harganya sendiri beragam, tergantung anda membeli aki dengan merk apa. Akan tetapi, kualitas dari aki kering bisa dibilang lebih unggul. Di mana aki bisa tahan lama serta perawatan yang mudah tidak mengharuskan anda melakukannya secara rutin.

Di pasaran ada banyak jenis aki kering motor berkualitas. Meski demikian anda harus berhati-hati dalam memilih. Ada yang menawarkan aki berkualitas, akan tetapi setelah diberili tidak bisa bertahan lama sesuai dengan yang diharapkan. Bahkan ada yang sering mengalami kebingungan karena membeli aki yang salah atau tidak cocok untuk motor yang dimilikinya. Bila masalah tersebut menjadi kendala anda dalam membeli aki. Maka di kesempatan ini, akan diberikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk anda yang ingin mencari aki baru. Tips berikut bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih aki. Anda bisa menggunakannya dalam mencari aki basah, tetapi secara spesifik cara ini akan mudah diterapkan bagi anda yang ingin mencari aki jenis kering. Tips yang sangat dibutuhkan, mengingat aki kering harganya relative mahal dan jangan sampai anda salah pilih.

Tips yang pertama ialah dengan menyesuaikan jenis aki yang akan dibilih. Tadi sudah dijelaskan bahwa ada dua jenis aki. Nah, motor setiap merk memiliki jenis yang berbeda-beda. Semisal anda menggunakan motor dengan aki kering, maka sebaiknya anda membeli aki kering motor berkualitas. Tidak ada yang melarang memang mengganti jenis aki. Akan tetapi, anda harus mempertimbangkan dan konsultasi dengan yang ahli dalam bidang otomotif. Tips yang kedua, pilih aki dengan merk yang sudah diakui kualitasnya. Banyak merk aki yang saat ini beredar di pasaran. Bahkan merk baru sering menawarkan harga murah yang membuat anda tergiur. Anda harus ingat bahwa anda mencari aki kering berdasarkan kualitas. Jadi anda lebih baik membeli aki kering dari merk yang sudah ternama dan mutunya terjamin. Jangan anda membeli aki dengan merk yang masih baru atau abal-abal.

Selanjutnya, anda perhatikan tanggal dari produksi aki tersebut. Ternyata aki juga memiliki masa kadaluarsa dari tanggal awal diproduksi. Aki yang semakin lama ternyata kondisinya lemah, meskipun aki tersebut masih baru. Anda harus pula melakukan pengecekan terhadap ukuran arus atau tegangan aki kering motor berkualitas yang akan dibeli. Di mana tegangan normalnya ialah 12,6-12,8 V bila mana berada di bawah dan melebihi tegangan tersebut maka anda harus memilih aki yang lainnya. Baru setelah anda melihat beberapa hal tadi, anda bisa memasikan dari segi harga. Aki kering memiliki harga yang relative mahal. Meskipun demikian anda tidak bisa asal membeli yang mahal. karena walau mahal masih harus bisa diterima dan masuk akal.



EmoticonEmoticon