Minggu, 25 November 2018

Cara Mudah Membuat Tumpeng Nasi Kuning



Nasi kuning adalah masakan kreasi asli dari Indonesia. Biasanya untuk beberapa acara penting penyajian dari nasi kuning bisa dijadikan sebagai tumpeng. Nasi kuning tumpeng menjadi hidangan spesial, misalnya untuk acar syukuran atau peresmian acara kantor atau jenis acara penting lainnya. Ada banyak pula outlet yang menerima pesanan nasi kuning tumpeng, misalnya nasi tumpeng Jakarta Selatan.

Bahan utama yang digunakan adalah beras yang dimasak memakai santan dan kunyit dan juga dilengkapi dengan tambahan rempah-rempah pilihan, sehingga racikan bumbu bisa meresap ke dalam nasi dan membuat rasanya menjad lebih istimewa. Ini yang membuat orang-orang menyukai nasi tumpeng kuning ini, karena dengan banyak bumbu rempah menjadikan rasanya lebih gurih dan juga nikmat dibandingkan nasi putih biasa. Tidak heran banyak yang memesan tumpeng nasi kuning untuk beragam acara, misalnya nasi tumpeng Jakarta Selatan.

Apalagi jika ditambah dengan lauk pauk dan sayuran yang semakin melengkapi kenikmatan dari nasi kuning ini. Setiap orang bisa berkreasi dengan nasi tumpeng kuning. Bentuk dan variasi tersebut yang bisa membuat hiasan dari tumpeng menjadi semakin beragam.  Jika Anda ingin membuat tumpeng nasi kuning, bisa mencoba resep di bawah ini :

Resep Tumpeng Nasi Kuning
Bahan-bahan yang diperlukan :
Bahan utama :
  1. 3 liter beras, lalu cuci hingga bersih
  2. ¼ liter santan kental

Bahan bumbu :
  1. 1 sdm kunyit diparut, lalu rebus juga dalam air sebanyak 50 cc air, saring hingga keluar ampas kunyit
  2. 2 lembar daun pandan, bentuk jadi simpul
  3. 1 sereh memarkan
  4. 3 lembar daun salam
  5. Garam secukupnya (biasanya 1 sendok makan)

Bahan pelengkap :
  1. Dendeng sapi
  2. Perkedel
  3. Tumis tempe
  4. Telur dadar yang diiris

Bahan hiasan :
  1. Kacang panjang
  2. Tomat
  3. Wortel yang dibentuk bunga dan direbus
  4. Cabe merah
  5. Daun pisang
  6. Mentimun

Cara membuatnya :
  1. Pertama, santan dan juga kunyit disatukan bersama dengan daun pandan, daun dalam, sereh, lalu beri garam, lalu didihkan
  2. Kukus beras menjadi setengah matang, kukus di dalam panci
  3. Tuang santan yang sudah mendidih hingga menyerap ke dalam beras yang sudah di kukus dan aduk
  4. Kukus kembali hingga matang
  5. Untuk menghias nasi tumpeng kuning bisa disesuaikan dengan selera, begitu pula untuk tambahan lauk pauk dan juga sayurannya dapat ditambahkan sesuai keinginan.

Tumpeng nasi kuning sudah siap dinikmati. Warna kuning pada nasi kuning ini memang identik dengan arti kemakmuran dan kekayaan. Selain itu kerucut yang disimbolkan menjadi gunung emas identik dengan acara-acara peresmian, pernikahan, atau syukuran. Cara membuatnya juga sangat mudah dan bahan yang dipakai juga sangat mudah didapatkan. Anda bisa berkreasi dengan beragam sayuran atau lauk pauk sebagai hiasan tumpeng nasi kuning ini.

Pada umumnya bentuk tumpeng nasi kuning memang berbentuk kerucut memakai cetakan yang ada di pasar, namun Anda bisa berkreasi bentuk apa yang sesuai dengan selera. Anda juga bisa menambahkan hiasan misalnya anyaman terbuat dari kacang panjang atau dengan daun pisang di pinggir tumpeng kuning agar tampilan semakin cantik. 

Namun jika Anda tidak punya cukup waktu untuk membuat tumpeng nasi kuning sendiri, tidak perlu khawatir. Karena saat ini sudah banyak yang menerima pesanan pembuatan tumpeng nasi kuning, misalnya nasi tumpeng Jakarta Selatan. Anda bisa memesan nasi tumpeng sesuai dengan selera dan kebutuhan.


EmoticonEmoticon