Jumat, 30 November 2018

Keteraturan Kampung Cengkeh Turi Medan sebagai Kampung Berseri Astra



PT Astra Internasional (Tbk.) menyelenggarakan sebuah program yang diberi nama Kampung Berseri Astra (KBA). Program ini bertujuan mengembangkan potensi kampung-kampung di Indonesia agar bisa menjadi semakin maju dan membuat warga semakin sejahtera. Sampai saat ini, program ini telah berhasil merangkul 77 kampung di Indonesia dan melakukan pembimbingan secara berkesinambungan.

Program KBA memiliki 5 kategori kampung sesuai dengan tema masing-masing yaitu kampung produktif, kampung hijau, kampung cyber, kampung budaya, dan kampung wisata. Setiap kampung harus memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan agar bisa bergabung sebagai bagian dari KBA. Tidak semua kampung di Indonesia bisa bergabung menjadi KBA jika memang tidak memenuhi syarat yang berlaku.

Penilaian kampung anggota KBA dilakukan melalui 4 pilar CSR (corporate social responsibility). 4 pilar tersebut adalah kewirausahaan, lingkungan, pendidikan, dan kesehatan. Setiap kampung harus mengembangkan potensinya melalui 4 pilar tersebut. Dari 77 nama kampung yang bergabung dalam program KBA, kampung Cengkeh Turi Binjau Utara menjadi salah satunya.

Nilai Lebih Kampung Cengkeh Turi

 

Bukan tanpa alasan kampung Cengkeh Turi dinobatkan sebagai bagian dari program Kampung Berseri Astra. Kampung ini memiliki banyak kelebihan yang membuat pihak Astra tertarik untuk mengembangkan potensi kampung Cengkeh Turi menjadi lebih baik lagi agar kesejahteraan warganya menjadi lebih berkembang.

Kampung Cengkeh Turi berhasil bergabung menjadi bagian dari program KBA pada tahun 2016 lalu. Kampung ini sampai sekarang telah berkembang menjadi jauh lebih baik lagi. Banyak aspek yang sudah diperbaiki dan kampung Cengkeh Turi menjadi salah satu kampung anggota KBA yang bisa dijadikan sebagai contoh karena banyak nilai lebih yang dimiliki oleh kampung ini.

Pendidikan dan Kesehatan Kampung Cengkeh Turi

Kampung Cengkeh Turi menghadirkan fasilitas pendidikan yang sangat memadai untuk warganya. Bisa dilihat dari fasilitas sekolah dasar yang ada di kampung ini. Sekolah di kampung Cengkeh Turi sudah memiliki fasilitas lengkap mulai dari perpustakaan, peralatan drum band, ruang belajar yang nyaman, halaman sekolah yang terawat, dan lain sebagainya.

Sementara itu dilihat dari sisi kesehatan, pelayanan kesehatan di kampung Cengkeh Turi juga sudah sangat bagus. Ada posyandu dengan kader pengurus yang terlatih dengan baik. Selain itu ada fasilitas yang lengkap seperti lemari penyimpanan obat hingga buku-buku kesehatan. Semua ini bisa diwujudkan karena Astra membimbing kampung Cengkeh Turi untuk terus berkembang menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Lingkungan dan Kemandirian Warga

Warga kampung Cengkeh Turi juga mendapatkan pembimbingan langsung dari Astra untuk menjaga lingkungannya agar tetap asri dan terawat. Lingkungan kampung Cengkeh Turi benar-benar tertata dengan baik dan bersih dari berbagai jenis sampah. Selain itu, warga juga memiliki kesadaran untuk menanam beragam jenis tanaman obat atau apotek hidup di halaman rumah mereka. 

Pilar kesehatan, pendidikan, dan lingkungan sudah terpenuhi, kini tinggal pilar kewirausahaan. Warga kampung Cengkeh Turi telah mendapatkan pelatihan untuk lebih mandiri secara finansial dengan membuat kerajinan tangan yang berkualitas dan bermanfaat. Warga setempat memproduksi benda-benda kerajinan seperti sarung bantal, tempat tissue, dan lain sebagainya.

Perjalanan kampung Cengkeh Turi masih jauh untuk terus berkembang. Astra akan terus memberikan pembimbingan dan dukungan agar warga kampung Cengkeh Turi bisa berkembang menjadi lebih baik lagi. Selain kampung Cengkeh Turi, semua kampung yang tergabung dalam program Kampung Berseri Astra diharapkan bisa terus mengembangkan diri mewujudkan kampung yang maju dan sejahtera.


EmoticonEmoticon