Minggu, 30 Desember 2018

Bebagai Jenis Vitamin untuk Nutrisi Otak

Info Negeri - Nutrisi otak harus dipenuhi agar otak dapat bekerja dengan baik. Salah satu nutrisi otak yang sangat penting dan harus dipenuhi adalah vitamin. Vitamin merupakan nutrisi otak esensial yang artinya dibutuhkan dalam jumlah yang kecil, namun memiliki peran yang sangat besar dalam perkembangan otak.

Otak adalah pusat kendali dari semua sistem dalam tubuh, kecerdasan, akal, gerakan tubuh, dan semua indera. Peran dari vitamin adalah dalam perkembangan otak pada bayi dan anak-anak, serta untuk meningkatkan kinerja otak pada orang dewasa. Vitamin juga berperan dalam meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan menghindari timbulnya berbagai jenis penyakit.


Kekurangan vitamin sebagai nutrisi otak dapat mempengaruhi perkembangan otak, kecerdasan, serta gangguan kesehatan fisik dan kesehatan mental. Oleh karena itu, kebutuhan vitamin harus selalu dipenuhi.

Beberapa Jenis Vitamin untuk Nutrisi Otak

Vitamin terdiri atas berbagai jenis yang masing-masing mempunyai peran yang berbeda-beda bagi otak maupun bagi metabolisme tubuh lainnya. Berikut beberapa jenis vitamin yang juga berperan sebagai nutrisi otak:

      a.  Vitamin untuk Nutrisi Otak: Vitamin B1

Jenis vitamin untuk nutrisi otak yang pertama adalah vitamin B1. Vitamin B1 memiliki peran dalam menjaga kondisi mental, kemampuan dalam mempelajari suatu hal, daya ingat, serta kemampuan tubuh lainnya. Vitamin B1 juga berperan dalam mencegah kepikunan atau Alzheimer. Adapun sumber vitamin B1 di antaranya adalah daging, biji-bijian, dan kacang-kacangan,

     b.  Vitamin untuk Nutrisi Otak: Vitamin B6

Vitamin B6 merupakan salah satu jenis vitamin yang berperan penting dalam perkembangan otak. Nutrisi otak yang satu ini berperan dalam produksi hormon dopamine dan serotonin. Adapun kedua hormon tersebut berpran dalam menjaga kondisi psikis serta kewaspadaan otak.

Sumber vitamin B6 di antaranya adalah tuna, bawang putih, kol, kankung dan lobak. Dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan tersebut, kebutuhan vitamin B6 dapat terpenuhi.

     c.  Vitamin untuk Nutrisi Otak: Vitamin B12

Vitamin B lain yang juga memiliki peran penting sebagai nutrisi otak adalah vitamin B12. Vitamin B12 memiliki fungsi untuk membentuk myelin, yakni lapisan yang melindungi saraf otak dari berbagai kerusakan. Vitamin ini juga berperan dalam menjaga daya ingat, kondisi hati, serta kondisi mental seseorang.

      d.  Vitamin untuk Nutrisi Otak: Vitamin C

Sebagaimana fungsinya yakni antioksidan, vitamin C juga berperan dalam melindungi sel-sel otak dari radikal-radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Selain itu, vitamin C juga memiliki peran dalam mencegah terjadinya kepikunan atau Alzheimer. Adapun sumber dari vitamin C di antaranya adalah sayur brokoli, buah jeruk dan stroberi. Beberapa jenis makanan tersebut bisa diberikan kepada anak-anak untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.

      e.  Vitamin untuk Nutrisi Otak: Vitamin E

Selain vitamin B kompleks dan vitamin C, vitamin E juga memiliki peran penting sebagai nutrisi otak. Peran dari vitamin E bagi otak adalah untuk meningkatkan kemampuan otak dalam menangkal radikal bebas. Apabila otak tidak mendapatkan perlindungan dari radikal bebas, maka berbagai macam gangguan kesehatan fisik dan mental dapat menyerang.

Beberapa sumber vitamin E sebagai sumber antioksidan untuk menangkal radikal bebas di antaranya adalah sayuran hijau, minyak jagung, gandum, kacang almond, serta hazelnut.
Beberapa jenis vitamin untuk nutrisi otak tersebut sangat penting dan harus dipenuhi agar perkembangan dan kemampuan otak dapat selalu terjaga. Selain itu, vitamin nutrisi otak juga berperan dalam menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan mental.



EmoticonEmoticon