Jumat, 28 Desember 2018

Peran Utama Koperasi Simpan Pinjam



Koperasi adalah sebuah organisasi dalam bidang ekonomi yang dikelola oleh anggotanya yang bertujuan untuk memenuhi kepentingan bersama dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Salah satu jenis koperasi adalah koperasi simpan pinjam. Koperasi ini adalah jenis koperasi yang dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan anggotanya dengan cara memberikan pinjaman dengan bunga yang rendah. Ada beberapa kelebihan dari meminjam uang di koperasi dibandingkan dengan meminjam uang di bank. Kelebihan itu meliputi, pajak dan bunga yang dibebankan lebih rendah dibandingkan yang dibebankan oleh bank dan juga pelayanan koperasi biasanya lebih baik dibandingkan pelayanan bank.

Beberapa Peran Koperasi Simpan Pinjam Bagi Masyarakat

Dibandingkan bank, koperasi simpan pinjam lebih cocok digunakan dan dimanfaatkan oleh golongan masyarakat menengah ke bawah. Selain menawarkan pinjaman dengan bunga yang cukup rendah, koperasi jenis ini juga ternyata sangat berperan di dalam lingkungan masyarakat. Beberapa peran tersebut antara lain:

     1.     Memberikan Modal Usaha Bagi Masyarakat Kelas Bawah

Antara bank dan koperasi simpan pinjam memiliki beberapa perbedaan dalam proses peminjaman modal. Umumnya bank akan memberikan syarat yang lumayan rumit agar permohonan peminjaman uang dapat dikabulkan, sedangkan koperasi tidak akan mengajukan syarat yang rumit dalam pengajuan modal usaha. Selain itu, bank juga akan melihat seberapa besar usaha yang akan dijalankan dan seberapa stabil pergerakan keuangannya nanti. Tentu saja hal ini akan sulit bagi kalangan kecil yang hanya ingin merintis usaha kecil-kecilan. Oleh karena itu, bank hanya cocok bagi pengusaha atau masyarakat kelas menegah ke atas, sedangkan koperasi cocok untuk kalangan menengah ke bawah.

      2.     Menghindarkan Masyarakat dari Praktik Rentenir

Kebutuhan mendesak itu selalu datang tanpa bisa diduga. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan tabungan untuk keadaan mendesak yang bisa kapan saja terjadi. Namun, kebanyakan masyarakat apalagi kalangan menengah kebawah seringkali tidak memiliki tabungan untuk keadaan mendesak. Seringkali ketika terjebak dalam keadaan mendesak, masyarakat tersebut akan mencari pinjaman uang. Karena peminjaman uang di bank memerlukan syarat yang terlalu rumit, maka masyarakat tersebut akan mencari alternatif lain yaitu meminjam uang pada rentenir.

Meminjam uang pada rentenir sebenarnya bukan solusi yang baik karena biasanya rentenir akan memberikan bunga yang cukup tinggi yang akan menyusahkan dalam proses pelunasan nantinya. Oleh sebab itu, koperasi simpan pinjam hadir dan bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam meminjam uang dengan bunga rendah sehingga masyarakat terhindar dari praktik rentenir.

      3.     Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Salah satu tujuan dari koperasi adalah meningkatkan kesejahteraan anggotanya, dalam hal ini adalah masyarakat di sekitar koperasi tersebut. Kebanyakan modal yang dipinjam akan digunakan untuk keperluan usaha. Dengan memberikan pinjaman modal, berarti secara tidak langsung koperasi ini telah membantu masyarakat untuk meningkatkan usahanya dan menambah pendapatannya. Dengan demikian, koperasi sudah membantu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

      4.     Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi

Dengan adanya koperasi ini, dapat mendorong munculnya banyak UKM yang ada di masyarakat. Dengan modal yang dipinjamkan koperasi maka masyarakat dapat mengembangkan usahanya dan akan menciptakan produk-produk yang berkualitas. Semakin banyak produk tersebut laku di pasaran internasional, maka akan semakin banyak pendapatan yang diperoleh oleh masyarakat. Selain itu, akan memicu masyarakat lain untuk menciptakan produk yang berkualitas dan inovatif sehingga akan banyak bermunculan UKM-UKM lainnya. Dengan banyaknya UKM yang ada di dalam masyarakat, maka pertumbuhan ekonomi juga akan semakin meningkat.

Demikianlah beberapa peran koperasi simpan pinjam bagi masyarakat. Semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan Anda.


EmoticonEmoticon