Jumat, 11 Januari 2019

5 Langkah Menyusui yang Benar dan Praktis

Info Negeri - Dengan  menyusui yang benar dan praktis tentu ASI yang dikeluarkan ibu berlimpah dan sang bayi bisa mendapatkan manfaat ASI secara maksimal. Karena sering kali, posisi bayi dan ibu yang tidak tepat pada akhirnya membuat bayi tidak nyaman, sehingga si jabang bayi kesakitan dan akhirnya menangis. Begitu pula sang ibu, posisi yang tidak tepat sering kali membuat sang ibu sakit punggung, terlebih seusai melahirkan harus banyak istirahat.
Oleh karena itu, diperlukanlah posisi yang sekiranya nyaman bagi sang ibu dan si bayi. Menyusui juga harus sepraktis mungkin. Hal ini dikarenakan sang bayi suka rewel di tempat tempat umum dan mau tidak mau Anda harus menyusui saat itu juga. Namun tidak perlu khawatir, ada langkah langkah menyusui yang baik benar dan praktis, yang cocok bagi para ibu-ibu muda yang belum terbiasa menyusui si kecil. silahkan Baca juga di   https://www.generasimaju.co.id/5-cara-menyusui-yang-benar-dan-praktis


menyusui yang benar dan praktis

Cara Menyusui yang Baik dan Praktis

Ada beberapa cara agar proses menyusui ibu di rumah bisa lebih praktis sehingga membuat Anda maupun si kecil merasa nyaman. Beberapa cara divbawah ini dirangkum berdasarkan rekomendasi dokter yang sudah ahli, beberapa langkahnya adalah.
  1. Persiapkan Mental

Ketika mau menyusui, Anda harus dalam keadaan tenang dan rileks ataupun khawatir ketika payudaranya dilihat banyak orang. Namun terkadang memang bayi menangis di tempat umum seperti mall. Jika kasusnya seperti ini, carilah tempat yang private yang tidak terlalu banyak orang seperti ke toilet wanita sejenak, atau ke mobil dulu.
Jangan lupa untuk minum agar lebih tenang. Karena dalam keadaan lapar maupun haus, hasil produksi ASI tidak akan maksimal dan akan membuat Anda kelelahan dan tidak fokus.
  1. Mempersiapkan Alat dan Tempat

Pastikan sebelum proses menyusui, Anda mencari tempat duduk senyaman mungkin dan mempunyai sandaran punggung. Tak lupa ada bantalan untuk menopang bayi agar tangan tidak capek. Karena menyangga bayi terus menerus akan membuat tangan lelah dan akhirnya proses menyusui tidak tuntas.
  1. Menjaga Kebersihan Tangan

Ketika Anda ingin menggendong sang bayi, cucilah tangan dengan bersih dengan tujuan menghindari kontaminasi kuman pada ASI yang akan diminum. Setelah tangan bersih, Anda bisa langsung menekan daerah sekitar putting agar keluar tetesan ASI. Setelah itu, oleskan ASI tersebut di puting. Akan lebih baik jika sang ibu mengeluarkan payudaranya dari bra agar tidak ada tekanan yang menghambat keluarnya ASI.
  1. Konsisten Dengan Jadwal

Langkah selanjutnya untuk menyusui yang benar dan praktis adalah dengan konsisten sesuai jadwal kebutuhan bayi. Jika bayi Anda terbiasa menyusui setiap 4 jam sekali, disiplinlah pada jawal itu, agar ASI mudah keluar. Akan lebih baik jika menggunakan dua payudara secara bergantian setiap 10 menit. Ketika memulai menyusui, awali dengan sisi payudara yang terakir dipakai agar ASI mudah keluar saat si bayi menyusu.
  1. Jaga Putting Agar tidak Lecet

Setelah selesai menyusui, oleskan sedikit ASI ke payudara Anda dan tunggulah sampai kering sendiri. Ini sangat berguna agar payudara tidak lecet sehabis menyusui. Tak lupa juga membuat sang bayi bersendawa juga penting agar udara dalam lambungnya keluar dan tidak muntah.

Menyusui memang salah satu moment terindah ketika mempunyai anak. Oleh karena itu, menyusi yang benar dan praktis merupakan prioritas agar proses ini dapat berjalan baik bagi sang ibu maupun bayi.


EmoticonEmoticon