Jumat, 25 Januari 2019

Cara Membeli Mobil Second yang Aman dan Terpercaya




Mobil second merupakan berbagai jenis, merk, dan tipe mobil yang sebelumnya telah digunakan oleh orang lain. Hal ini berarti mobil second adalah mobil yang bukan lagi baru, karena telah digunakan untuk beberapa waktu tertentu dan untuk menempuh jarak tertentu. Oleh karena itu, sudah sepantasnya jika mobil second memiliki kualitas yang berada di bawah mobil baru, baik dari segi penampilan luar maupun perorma mobil second itu sendiri.

Di Indonesia, mobil second masih sangat laku atau banyak peminatnya. Mobil second pun banyak diperjual belikan di Indonesia melalui dealer-dealer dan lembaga penyedia jasa jual beli mobil lainnya. Namun demikian, permasalahan utama dalam membeli mobil second adalah terkait dengan kualitas dan status mobil second tersebut.

Tidak sedikit pihak-pihak yang menjual mobil second, namun tidak bertanggung jawab, sehingga pembeli mobil second pun merasa dirugikan. Sejumlah penjual mobil second ada yang tidak jujur terkait dengan kualitas dan status mobil. Terdapat mobil second yang dijual dengan harga yang tinggi padahal sebenarnya telah memiliki kualitas yang buruk karena penggunaan yang telah lama dan tidak terawat. Selain itu, juga ada kasus lain di mana mobil second memiliki STNK dan BPKB dengan nomor mesin yang berbeda. Tentu saja hal ini sangat merugikan pembeli mobil second.

Cara Membeli Mobil Second Agar Aman

Terdapat beberapa cara untuk memastikan agar mobil second yang akan dibeli memiliki kualitas yang baik, serta memiliki status hukum berupa kelengkapan surat yang jelas dan sah. Berikut beberapa cara membeli mobil secong agar aman:

     1.      Memastikan Kualitas dan Performa Mobil Second

Kualitas dan performfa mobil second sangatlah penting untuk diperhatikan dan dipastikan aman. Sebab, yang namanya mobil second tentu saja bisa mengalami berbagai kemungkinan, apalagi jika pengendaranya tidak berhati-hati dan rutin memberikan perawatan. Oleh karena itu, dalam membeli mobil second, kualitas dan performa mobil harus benar-benar diperhatikan.

Pertama, pastikan bahwa kondisi fisik mobil, yakni kerangka mobil masih bagus, catnya tidak kasar, tidak ada tambalan, tidak ada kerusakan, serta memiliki kaca yang masih bagus. Kemudian, cobalah tes drive agar Anda bisa merasakan kualitas mesin dan performa mobil second. Pastikan bahwa mesin memiliki suara yang halus dan normal. Selain itu, cobalah kopling, gigi, gas, dan rem, dan pastikan bahwa kondisinya masih normal dan nyaman. Kemudian ketika berjalan, rasakan keseimbangan empat roda mobil, dan pastikan bahwa jalannya mobil terasa normal.

     2.      Pemeriksaan Fisik Mobil Second

Pemeriksaan fisik mobil second sangat penting untuk memastikan bahwa mobil second telah sesuai dengan STNK dan BKPB yang menyertainya. SAMSAT umumnya melayani pemeriksaan fisik mobil, sehingga Anda bisa memanfaatkannya. Kalaupun tidak, pastikan bahwa mobil second memiliki surat keterangan yang resmi. Hal ini juga dapat memastikan bahwa mobil tidak terikat oleh hukum seperti digunakan untuk kecelakaan, digunakan sebagai jaminan, dan lain sebagainya.

     3.      Belilah Mobil Second di Tempat yang Terpercaya

Banyak dealer dan pihak lain yang menyediakan mobil second. Namun tidak semuanya memiliki kualitas yang baik, proesional, dan dapat dipercaya. Carilah pihak jual beli mobil second yang berbadan hukum, profesional, dan dapat dipercaya. Salah satu penyedia jasa jual beli mobil second adalah MOBIL88. MOOBIL88 merupakan anak usaha dari Astra International yang bergerak di bidang jual beli mobil second. MOBIL88 telah beroperasi selama 28 tahun dan menjadi penyedia jasa jual beli mobil second terbaik, terbesar, dan terpercaya di Indonesia.


EmoticonEmoticon