Kamis, 24 Januari 2019

Cara Mengecek Saklar dan Stop Kontak Berkualitas



Saklar atau stop kontak merupakan alat penyambung dan pemutus aliran listrik yang umum ada di rumah. Sebenarnya memilih jenis alat listrik satu ini tidak begitu sulit sebab Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Namun, tak ada salahnya melakukan pengecekan awal untuk mengetahui bahwa produk yang Anda pilih benar-benar berkualitas. 

Pasalnya, produk yang tidak berkualitas atau belum terdaftar ISO bisa menyebabkan masalah lebih serius seperti alat terbakar, meleleh dan memicu arus pendek listrik. Mengerikan, bukan? Yuk, simak cara mengecek peralatan listrik yang Anda pilih telah teruji standar nasional atau internasional berikut ini!

Cara Cerdas Mengecek Saklar Berkualitas

Harga yang mahal belum tentu menjamin bahwa produk saklar yang Anda beli benar-benar berkualitas, begitu pula sebaliknya. Namun, harga premium biasanya menjamin riset dan pengembangan produk yang lebih baik dibandingkan produk dengan harga murah. Ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda praktikkan untuk mengecek produk berkualitas sebagai berikut:


1. Saat memilih atau membeli produk, sebaiknya Anda menekan knob atau tombol tekan.  Bila terdengar bunyi klik yang lumayan lembut saat Anda menekan on dan off, maka dipastikan Anda memilih produk yang bermutu. 

Bunyi yang lembut saat ditekan bisa jadi disebabkan oleh pegas pendukung bagus yang terbuat dari bahan kaca lunak. Saat Anda menggunakan produk penyambung dan pemutus aliran listrik praktis ini dalam rentang waktu lama, kelenturan pegas tidak akan berkurang. 

Alasan kedua yang membuat produk ini berkualitas karena terdengar bunyik klik pelan adalah tuas kontak dan contact point lumayan bagus. Tuas kontak alat terbuat dari tembaga murni dan contact poin dilapisi perak yang bertujuan mengurangi percikan api saat tuas kontak bergeser dari posisi on atau off 
 
2. Cek kekuatan cengkeram terminal kabel pada saklar yang Anda beli. Masukkan sebatang cable jenis NYA ke dalam lubang terminal dan tarik. Tekan isolator  yang ada di atas terminal bersamaan saat menarik kabel. Isolator yang berkualitas tidak akan kehilangan kekuatan cengkram terminal kabel.

Cara Mengecek Stop Kontak Berkualitas

Ada banyak model stop kontak di pasaran yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Tetapi, pastikan untuk melakukan pengecekan stop kontak yang hendak dibeli. Berikut cara tepat memilih stop kontak yang berkualitas. 

  1. Ambil stecker  atau plug dan coba hubungkan dengan stop kontak yang Anda beli. Coba lakukan penghubungan dan pencabutan berulangkali untuk mengetahui cengkram yang tidak berkurang meski frekuensi penggunaan relatif tinggi.
  2. Stop kontak yang berkualitas tidak akan kehilangan kelenturan busur arde meski digunakan dalam frekuensi tinggi. Anda bisa mengecek kelenturan busur arde ini dengan cara menekan berulangkali busur arde tersebut.
Busur arde sendiri berfungsi membuang tegangan bocor yang disebabkan oleh induksi peralatan listrik ke ground saat tengah aktif bekerja dengan power supply melalui stop kontak. Dengan pembuangan langsung ke ground bisa meminimalisir risiko sengatan listrik saat bekerja. Lebih aman, bukan? 

Selain tips bermanfaat mengecek produk secara berkualitas baik saklar atau stop kontak di atas, Anda bisa memilih jenis produk yang bisa disesuaikan dengan desain interior rumah. Tak hanya bemanfaat dalam menyambung dan memutus arus listrik, penggunaan alat ini bisa menjadi dekorasi rumah yang menambah kesan artistik. 

Sebaiknya pastikan pula Anda memilih merek produk yang memiliki kredibilitas untuk memudahkan penggantian alat listrik cadangan. Pastikan pula produk telah berstandar SNI atau ISO untuk prosedur instalasi listrik yang aman, ya!


EmoticonEmoticon