Kamis, 24 Januari 2019

Jenis Permainan Anak yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat


Jenis permainan anak sangatlah banyak. Kendati demikian Anda harus memilihkan permainan untuk anak sesuai dengan tahapan usia si kecil. Perlu diketahui bahwa otak manusia merupakan salah satu organ penting tubuh yang mengatur seluruh kinerja organ tubuh yang lain. Oleh sebab itu, perlu sekali upaya meningkatkan kinerja otak dengan memberikan nutrisi yang tepat. Termasuk tepat dalam memilihkan permainan untuk anak.


Ya, selain faktor makanan, ada banyak cara untuk mendukung fungsi otak secara sempurna yaitu meningkatkan kecerdasan dan daya ingat anak. Anda bisa meningkatkan kemampuan daya ingat si kecil dengan memberikan jenis permainan anak sesuai dengan tahapan usia dan perkembangannya.

Permainan Anak yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat


Apa saja permainan yang efektif merangsang daya ingat anak? Yuk, simak ulasan berikut!

  1.  Aktivitas bermain sembari belajar


Jenis permainan anak yang bisa memberikan nilai edukasi wajib Anda coba terapkan pada si kecil. Ada banyak permainan anak yang bisa meningkatkan daya ingat mereka antara lain bermain puzzle, bongkar pasang, mewarnai, permainan aneka bentuk dan warna, menempelkan angka, huruf atau gambar. Peran orangtua sangat dibutuhkan dalam mendukung aktivitas bermain anak sembari belajar banyak hal ini.

Misalnya Anda memberikan jenis permainan pikiran seperti puzzle berupa teka-teki matematika. Hal ini bisa meningkatkan kecerdasan si kecil yang menganggap permainan berupa teka-teki lebih menantang. Tentu Anda tetap harus memilih jenis permainan puzzle sesuai dengan tingkat usia anak. Pada anak usia 1-3 tahun, Anda bisa mulai memberikan jenis permainan puzzle sederhana seperti menyusun gambar yang tepat.

  1.   Permainan bercerita, mendongeng dan belajar bahasa baru


Cara terbaik meningkatkan daya ingat si kecil adalah mengajaknya bermain yang lebih menyenangkan. Anda bisa mengajak si kecil bermain cerita bersama dengan memerankan salah satu tokoh dalam buku dongeng. Anda bisa mengajak si kecil mengingat mengenai tokoh, alur cerita, nama tempat dan sebagainya. 


Ajak pula si kecil mencoba mengulang kata-kata dalam cerita hingga ia bisa merekam bahasa baru. Belajar kosakata baru bisa meningkatkan memori, perhatian dan konsentrasi anak semakin meningkat. Selain itu, permainan bercerita bersama akan mendukung si kecil belajar berkomunikasi dengan baik.

  1.   Bermain musik


Jenis permainan anak lainnya yang bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi adalah musik. Musik merupakan media yang lebih magis yang bisa mempengaruhi kecerdasan kognitif si kecil. Anda bisa mengajak si kecil belajar bernyanyi bersama sehingga ia memiliki daya ingat mengenai lirik lagu yang dilafalkan. Semakin lama, anak akan mengingat informasi yang terkandung pada lagu yang dinyanyikan. 


Anda juga bisa mengajak si kecil bermain musik seperti memencet tombol keyboard atau bermain drum. Ia akan mengingat berbagai macam suara yang ditimbulkan saat bermain musik tersebut. Anda bisa membuat suasana lebih menyenangkan dengan bertepuk tangan atau berjoget bersama si kecil.

  1.  Permainan fisik


Aktivitas fisik juga direkomendasikan untuk anak-anak yang berguna meningkatkan daya ingat mereka lho! Permainan bola basket atau bersepeda ria bisa melatih kegiatan koordinasi yang mempengaruhi otak. 


Aktivitas permainan fisik juga bisa membantu mengasah keterampilan gerak, interaksi dengan orang lain dan perkembangan otak bisa lebih maksimal. Tentu Anda harus memilih jenis permainan fisik yang sesuai dengan perkembangan usia si kecil.


Jenis permainan anak begitu beragam dan bisa Anda coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menciptakan suasana bermain yang menyenangkan dan edukatif tentu bisa meningkatkan perkembangan sang buah hati tercinta. Berdasarkan informasi dari dr. Sarah Brewer, seorang dokter gizi dalam buku Super Baby menyebut bahwa ingatan jangka pendek anak hanya bisa menyimpan fakta lima menit sedangkan ingatan jangka panjang  mampu menyimpan fakta seumur hidup. Jadi, pastikan Anda memberikan kebiasaan yang bisa meningkatkan daya ingat si kecil ya!



EmoticonEmoticon