Rabu, 30 Januari 2019

Rekomendasi Makanan Pendamping ASI Yang Baik Untuk Bayi



Makanan pendamping ASI paling tepat diberikan ketika bayi berusia 6 bulan. Jenis makanan yang diberikan juga harus sesuai dengan nutrisi dan porsi yang dibutuhkan dalam usia tersebut. MPASI yang diberikan kepada bayi harus mempunyai kandungan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan juga mineral yang seimbang. Ini penting sekali untuk bayi yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Disamping itu, pengolahan serta penyajian makanan harus dilakukan dengan higienis agar meminimalkan risiko terkontaminasi kotoran dan bakteri. Silahkan baca https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/memulai-makanan-pendamping-asi

Sebagai orang tua, kita harus cerdas ketika memberikan makanan pendamping ASI yang sehat bagi anak-anak. Hal ini agar bisa mendukung tumbuh kembangnya sampai dengan dewasa nanti. Apa saja makanan pendamping ASI itu? Ada banyak sekali jenis MPASI yang bisa diberikan bagi bayi 6 bulan. Supaya anda tidak bingung, maka kami akan sampaikan berbagai macam jenis MPASI yang bisa jadi pilihan anda.

Jenis Makanan Pendamping ASI Terbaik

Di bawah ini merupakan beberapa apa jenis makanan untuk pendamping ASI yang bisa anda berikan kepada bayi anda. Diantaranya adalah:

1. Buah pisang

Di dalam buah pisang terdapat berbagai macam kandungan yang baik untuk pertumbuhan bayi anda. Diantaranya adalah kalium, fosfor, asam folat dan vitamin yang baik bagi kesehatan. Dalam pengenalan MPASI, penyajian pisang bisa dilakukan dengan mengeruk daging buah pisang sampai lembut, lalu sajikan pada bayi. Pisang juga bisa dibuat sebagai campuran bubur atau puree. Jadi bisa menambah rasa dan tidak membuat bayi merasa bosan.

2. Wortel

Di samping enak dibuat jus, wortel ternyata bisa diberikan untuk untuk bayi sebagai MPASI. Sejak dulu sayuran ini sangat direkomendasikan dalam pengenalan makanan pertama untuk bayi. Penyajian MPASI dari wortel ini bisa dilakukan dengan cara direbus. Sumber vitamin A yang terdapat pada wortel tinggi dan mineral nya juga banyak.

3. Daging

Ketika bayi anda sudah mulai masuk usia 7 bulan, maka diperbolehkan untuk diberikan berbagai macam jenis daging. Seperti daging sapi, ayam atau kambing. Daging adalah salah satu makanan yang kaya dengan sumber protein dan mengandung beberapa nutrisi lainnya. Seperti niacin, zat besi, vitamin B6, riboflavin dan seng. Anda bisa menambahkan daging cincang pada semangkuk bubur MPASI. Kemudian biarkan si kecil makan dengan lahap.

4. Bubur Susu

Saat bayi berusia 6 bulan bisa mulai untuk dicoba dengan diberikan bubur susu. Bubur ini bisa anda buat sendiri dengan menggunakan bahan berupa tepung beras merah ditambah dengan susu. Tepung beras merah di dalamnya terkandung lebih banyak nutrisi dibandingkan jika anda membuat bubur susu dengan bahan dasar beras putih.

5. Kacang Panjang

Di samping memberikan MPASI berupa buah-buahan, anda juga bisa mencoba memberikan MPASI berupa sayur-sayuran. Kali ini yang dipilih adalah kacang panjang. Di dalam kacang panjang terkandung serat dan vitamin B. Agar bayi mudah untuk mencernanya, maka anda bisa membuat bubur dengan bahan dasar kacang panjang ditambah dengan susu.

6. Nasi Tim Bayi 6 Bulan

Penyajian nasi tim untuk MPASI bayi berusia 6 bulan sebenarnya sangat mudah. Anda bisa membuatnya dengan bahan dasar beras, garam secukupnya dan juga santan. Untuk menambah nilai gizinya, anda bisa menambahkan sayuran seperti wortel, bayam dan juga ikan sebagai sumber nutrisi.

Pemberian makanan pendamping ASI dengan berbagai macam jenis makanan yang bervariasi bisa memberikan kecukupan nutrisi penting bagi bayi anda. Tentunya semua itu harus disesuaikan dengan kebutuhan bayi sesuai dengan usianya.


EmoticonEmoticon