Sabtu, 23 Februari 2019

BERBAGAI JENIS LAMPU YANG DAPAT DIGUNAKAN PADA MOBIL

Hai sobat para pecinta otomotif, Kali ini saya akan membahas tentang berbagai jenis lampu pada mobil. Memang lampu merupakan hal terpenting bagi seluruh kendaraan terutama mobil. Sobat otomotif pasti akan merasa risau atau khawatir saat anda ingin menggunakan mobil tetapi tiba - tiba lampu mobil anda terlihat redup atau malah mati. Karena lampu merupakan piranti penting untuk membantu penerangan saat kita sedang berkendara.

Maka dari itu kami akan memberikan beberapa jenis - jenis lampu mobil yang perlu kamu ketahui, simak artikelnya berikut ini ya!


1.   Lampu Halogen

OtoDriver.com

Lampu ini merupakan jenis lampu dengan kualitas yang awet dan tahan lama. Untuk warna lampu ini memiliki berbagai macam warna, Tetapi saya sarankan anda lebih baik memasang lampu yang berwarna kuning karena lampu warna kuning memiliki wifly atau dengan besar gelombang yang mampu menembus kabut.

Tetapi kebanyakan orang menggantinya dengan lampu halogen yang berwarna emas atau biru pada mobil mereka dan akan terlihat redup saat berkendara malam hari. Untuk Halogen ini memiliki daya sebesar 35 Watt sampai 55 Watt. Dengan daya yang lumayan besar, lampu halogen biasanya dipasang pada lampu utama mobil.


2.  Lampu HID(High Intensity Discharge)


BLANJA.com

High Intensity Discharge atau yang lebih dikenal dengan HID merupakan jenis lampu yang dapat menghasilkan kecerahan atau instensitas cahaya yang lebih terang dan bertahan bertahan dalam jangkau waktu yang lama.

Lampu HID ini dibekali dengan teknologi Xeon, dimana bila lampu tersebut dibandingkan dengan lampu mobil biasa akan memiliki intensitas cahaya sebesar 10 kali lipat dari lampu mobil biasa, serta membuatnya lebih terlihat terang dan tentunya memiliki daya yang rendah sehingga tidak menguras daya aki pada mobil. Untuk daya lampu HID ini sendiri tidak terlalu besar dibandingkan dengan Halogen yakni sebesar 35 Watt saja.

Walaupun ukurannya kecil tetapi intensitasnya sudah mencapai 10 kali lipat dari lampu biasa. Hanya saja saat rusak untuk mengganti lampu ini lumayan rumit karena arusnya yang cenderung menggunakan arus listrik. Itulah sebabnya mengapa jenis lampu ini berbeda dengan yang lainnya karena saat membeli HID ini anda harus membeli bersama ballastnya untuk menyeimbangkan arus listrik di mobil.


3.   Lampu LED

 
Shopee.co.id
Lampu Led ini digunakan untuk lampu senja tapi tidak diperbolehkan untuk dipasang pada lampu utama. Lampu ini biasanya anda temukan pada bemper yang biasanya di sebut dengan DRL(Daytime Running Led).

Menurut riset oleh seorang ilmuwan Jerman mengatakan bahwa kecelakaan turun 70% ketika mobil itu dipasangkan DRL(Daytime Running Led) sehingga membuat orang itu tahu mobil ini nyala atau tidak. Untuk lampu utama pada mobil, kita sering menemukan  warna lampu yang berwarna biru maupun kuning.

Sesuai UUD yang ada di Indonesia sendiri ada ketentuannya kenapa kita tidak diperbolehkan menggunakan lampu berwarna biru atau kuning, Karena biasanya yang memakai lampu biru atau kuning itu hanya mobil resmi milik pemerintah saja.

adi saat anda ingin memasangkan 2 warna lampu tersebut pada bagian depan mobil anda, sebaiknya anda cek dulu UUD nya seperti apa karena jangan sampai nanti kita berurusan dengan pihak yang berwajib. 


Baca Juga : Tips Memilih Mobil Bekas Aman dan Terpercaya

Untuk lampu yang berwarna kuning biasanya dipakai untuk emergency. Karena warna kuning dipandang lebih bersahabat dan boleh digunakan asal anda juga harus melihat terlebih dahulu Undang-Undang lalu lintasnya. Lalu saat anda ingin memasang interior pada mobil anda diperbolehkan memasang lampu dengan model apa saja asal tidak mengganggu keamanan berkendara.

Saat anda ingin membeli atau memilih tutup lampu mobil yang cocok saya sarankan agar anda membeli yang original atau aslinya, selain awet, tutup lampu yang ori cenderung tahan panas terhadap cahaya lampu yang berlebihan.

Nah jika anda ingin membeli lampu jenis ini, anda juga bisa membelinya secara online melalui e-commerce kesayangan anda seperti Shopee.co.id.

Dari sekian banyak jenis LED saya akan membagikan 2 jenis diantaranya :

Led T10

Led merk ini memiliki ukuran yang standar dengan socket berukuran 10mm  sampai 1cm membuatnya cocok untuk dipasang semua jenis mobil. Kebanyakan lampu ini dipasang pada plat nomor kendaraan, lampu sign, lampu senja dll.

Led T20

Seperti namanya lampu ini memiliki ukuran socket 20mm hingga mencapai 2cm. Berbeda dengan T10 lampu ini kebanyakan terpasang di mobil yang berasal dari Eropa. T20 ini dipasang untuk lampu sein, lampu emergency dan lampu rem.


EmoticonEmoticon