Jumat, 01 Februari 2019

Cara Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor


Banyak sekali pilihan perusahaan penyedia jasa asuransi kendaraan bermotor, lantas bagaimana cara kita untuk menentukan pilihan yang tepat untuk kelancaran klaim asuransi kendaraan bermotor kita, simak pembahasan topik mengenai cara memilih asuransi kendaraan bermotor berikut ini.

Makna Asuransi

Intinya asuransi itu adalah perlindungan atau penggantian dari kerugian. Asal kata asuransi dalam bahasa Indonesia itu bisa dari kata insurance atau assurance yang berasal dari bahasa Inggris, atau karena sebagaimana kita ketahui bahwa hukum kita banyak mengadopsi hukum Belanda maka bisa juga berasal dari kata verzekering atau assurantie dari bahasa Belanda. Sedangkan menurut  Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992, maka makna asuransi adalah: ”perjanjian antara dua belah pihak, dimana pihak penanggung mengikatkan diri kepada pihak tertanggung, dan pihak penanggung akan memberikan penggantian kepada pihak tertanggung, bila terjadi kerusakan, kehilangan, kerugian karena suatu peristiwa yang tidak pasti, dan atau pembayaran sejumlah uang, didasarkan karena kejadian yang menyebabkan meninggal atau sebab lainnya dimana mengancam kesehatan pihak tertanggung”. Jadi makna asuransi pada  asuransi kendaraan bermotor adalah pemberian jaminan ganti rugi terhadap kendaraan bermotor, selanjutnya untuk membahas mengenai cara memilih asuransi kendaraan bermotor yang tepat mari kita simak tentang bagian asuransi, baik asuransi secara umum, maupun yang khusus terkait asuransi kendaraan bermotor.

Bagian-bagian Asuransi

Bagian-bagian dari asuransi secara umum maupun secara khusus, asuransi kendaraan bermotor, meliputi hal-hal berikut ini.

Pihak yang mengasuransikan atau pihak insured, yakni pihak Tertanggung

Yakni seseorang atau badan atau organisasi yang bersedia membayar sejumlah besar tertentu uang atau premi kepada pihak penanggung, untuk mendapatkan hak melakukan klaim ganti rugi, apabila terjadi peristiwa yang menimbulkan kerugian sebagaimana perjanjian. Jika untuk asuransi kendaraan bermotor maka peserta asuransi kendaraan bermotor dapat mengajukan klaim jika kendaraan bermotornya terjadi kerugian.
 

Premi atau biaya asuransi

Premi ini dapat dibayar secara langsung lunas tunai maupun bertahap selama masa pertanggungan asuransi sesuai kesepakatan.

Penyelenggara asuransi atau insure yakni pihak penanggung kerugian

Yaitu badan atau lembaga, atau organisasi tertentu yang bersedia dan bertanggungjawab membayar klaim ganti rugi akibat timbulnya kerugian hal yang diasuransikan kepada pihak peserta asuransi

Obyek asuransi

Yakni barang atau jasa yang diasuransikan. Pada asuransi kendaraan bermotor maka obyek asuransinya adalah kendaraan bermotornya.

Peristiwa asuransi

Yakni kejadian atau peristiwa yang menimbulkan kerugian terhadap obyek yang diasuransikan oleh peserta asuransi dalam mengajukan klaim kerugiannya kepada pihak penyelenggara asuransi.

Berbagai Kerugian Yang Mungkin Terjadi Pada Kendaraan Bermotor

Dengan memiliki kendaraan bermotor maka melekat pula risiko kerugian yang mungkin timbul menimpa kendaraan bermotor tersebut, sehingga penting dilakukan asuransi kendaraan bermotor, selanjutnya dalam asuransi kendaraan bermotor maka secara khusus adalah kerugian yang menimpa peserta asuransi kendaraan bermotor terhadap kendaraan bermotornya yakni meliputi hal-hal sebagai berikut ini.

Risiko Kecelakaan

Yakni meliputi kecelakaan besar atau kecelakaan kecil, yang timbul di jalan raya atau tempat lain yang menimpa kendaraan bermotor yang diasuransikan.

Risiko kehilangan

Yakni hilangnya kendaraan bermotor akibat pencurian atau perampokan, baik yang terjadi di rumah atau di tempat kerja atau di tempat umum atau tempat lainnya.

Risiko kerusakan

Yakni meliputi kerusakan sebagian atau keseluruhan, kerusakan kecil atau kerusakan besar, akibat hal yang disengaja seperti ketika terjadi huru-hara atau amuk masa, atau kerusakan yang terjadi secara tidak sengaja seperti ketika terjadi bencana alam, seperti tertimpa pohon, bencana banjir, atau bencana tanah longsor, gempa bumi dan lain sebagainya.

Risiko turun nilai harga kendaraan bermotor yang diasuransikan

Yakni risiko turunnya harga kendaraan bermotor di luar prediksi dan perkiraan secara normal maupun yang memang telah diperhitungkan secara wajar.

Sehingga nampaklah sekarang tentang pentingnya asuransi kendaraan bermotor, nah guna mengetahui lebih lanjut tentang asuransi kendaraan bermotor tersebut selanjutnya mari kita simak tentang cara memilih asuransi kendaraan bermotor yang tepat.

Cara Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor yang Tepat

Guna menentukan asuransi yang tepat bagi kendaraan bermotor kita maka pilihlah asuransi kendaraan bermotor yang paling sesuai dengan kebutuhan kita, jika lingkungan rumah kita cukup aman maka tidak perlu mengambil program asuransi terhadap kehilangan kendaraan bermotor dan lain sebagainya, juga sesuaikan besar kecilnya premi asuransi dengan kemampuan finansial kita. Sedangkan untuk memilih lembaga penyelenggara asuransi kendaraan bermotor nya lakukanlah perbandingan, pilihlah lembaga asuransi yang paling murah preminya dan selengkap mungkin jenis pertanggungan asuransinya, dan memiliki pengalaman yang sudah cukup lama dan terkenal baik dan lancar dalam pencairan klaim asuransinya dan dapat dipercaya.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang cara memilih asuransi kendaraan bermotor. Sesuaikanlah asuransi kendaraan bermotor Anda dengan kebutuhan Anda, itulah tips mengenai cara memilih asuransi kendaraan bermotor yang tepat. So, jika Anda masih bingung ketika ingin memilih asuransi kendaraan bermotor..? Baca ini..!


EmoticonEmoticon