Kamis, 21 Februari 2019

Mau Liburan ke Kediri? Pastikan Anda Mengetahui 4 Hal Penting Ini

Kediri banyak dijadikan destinasi liburan oleh para solo travelers. Kota yang terkenal dengan industri rokoknya ini memang memiliki sejumlah pesona yang sulit ditolak pencinta petualangan. Bayangkan saja, di kota yang terletak barat daya Surabaya ini, Anda dapat menemukan keunikan budaya dan sejarah yang sayang untuk dilewatkan.

(sumber : anekatempatwisata.com)


Pada masa lampau, Jawa Timur merupakan wilayah penting bagi kerajaan Hindu. Kediri membuktikannya lewat penemuan arca, candi, serta artefak kuno lain yang menggambarkan kisah epos para raja kerajaan Hindu berabad-abad silam. 

Kediri tidak hanya seru untuk dijelajahi sisi sejarahnya. Anda pun dapat berpetualang di kawasan Gunung Kelud, Gunung Maskumambang, atau Gunung Klothok untuk menikmati panorama Kediri dari ketinggian.

Namun, sebelum memulai petualangan, Anda wajib mengetahui beberapa hal penting terkait Kota Kediri yang mungkin dapat membuat liburan Anda di kota ini semakin nyaman dan menyenangkan.

Cara menuju Kediri

Pelancong dari luar kota dapat menggunakan jasa kereta api atau bus antar kota. Bagi Anda yang datang dari luar Jawa, pilihan transportasi darat seperti mobil dan bus umum tetap tersedia, tapi Anda harus siap untuk menghabiskan waktu berhari-hari di perjalanan. Transportasi udara tentu menjadi pilihan paling nyaman bagi Anda yang bepergian dari Sumatera, Kalimantan, dan daerah lain di luar Pulau Jawa. Harga tiketnya memang sedikit mahal, tapi Anda tetap bisa menyiasatinya dengan mencari tiket promo pada bulan-bulan termurah.
 
Transportasi di Kediri

Angkot tetap menjadi sarana transportasi umum favorit masyarakat, tak terkecuali di Kediri. Selain angkot, taksi dan bus pun lazim ditemukan di jalan raya. Kediri juga memiliki beberapa terminal bus, salah satunya adalah Terminal Tamanan yang berlokasi di Jalan Semeru Nomor 55. Sama halnya dengan daerah lain di Jawa Timur, becak pun masih dapat Anda temukan dengan mudah di Kediri. Kalau mau lebih santai, Anda dapat mengelilingi kota dengan menggunakan kendaraan roda tiga ini.

Cuaca di Kediri

Cuaca di Kediri cenderung cerah dan hangat sepanjang tahunnya. Sama seperti daerah lainnya di Indonesia, puncak musim panas di Kediri biasa terjadi pada bulan Agustus, dengan suhu rata-rata tahunannya sekitar 25.8°C. Curah hujan tahunan Kediri pun relatif tinggi, yakni sekitar 1888 mm, dengan puncak presipitasi terjadi pada bulan Januari. Nah, kalau Anda mau berkunjung ke Kediri, baiknya ambil satu hari di bulan Juni atau Juli ketika cuaca relatif cerah dan berangin setiap harinya.

Bahasa daerah

Sebagian masyarakat Kediri berbicara dengan bahasa Jawa dengan dialek Surabaya dan Malang yang ditandai dengan karakteristik blak-blakannya. Sementara bahasa Jawa masyarakat Kediri asli sendiri  banyak dipengaruhi dialek Mataraman Jawa Timur, yang terdengar lebih halus baik dari segi penuturan maupun pemilihan kata. Kalau mau mencoba melebur dengan masyarakat setempat, tentu tidak ada salahnya untuk sedikit mempelajari kata-kata umum dalam bahasa Jawa.

Selain poin-poin di atas, masih ada satu hal yang tidak kalah penting, yakni penginapan. Hotel di Kediri banyak bertebaran di seluruh penjuru kota. Namun, pastikan Anda memilih penginapan yang tidak asal murah. Pilih Airy yang tidak hanya punya tarif murah, tapi juga memiliki tujuh jaminan fasilitas lengkap. 

Tidur malam Anda di hotel akan semakin nyenyak berkat kasur yang bersih dan super nyaman, apalagi ditemani embusan angin lembut dari penyejuk ruangan. Kamar hotel Airy pun dilengkapi kamar mandi dengan shower air hangat sekaligus peralatan mandi lengkap, air minum gratis, TV LCD, serta akses internet nirkabel. Lengkap, bukan?

Makanya, segera booking hotel online pilihan Anda melalui website atau aplikasi smartphone. Setelah melakukan booking, Anda dapat melakukan proses pembayaran melalui ATM atau kartu kredit. Praktis, ya? 

Lengkapi perjalanan wisata Anda di Kediri dengan pilihan penginapan yang tepat. Selamat liburan!



EmoticonEmoticon