Jumat, 10 Mei 2019

Cara Merawat Luka yang Benar, Menutup dengan Plester Luka untuk Cepat Sembuh



Terluka atau tergores secara tak sengaja saat melakukan aktivitas pasti sudah sering dialami oleh setiap orang. Saat mengalaminya Anda harus segera memberikan pertolongan pertama agar luka yang ditimbulkan tidak semakin parah dan menimbulkan infeksi. Selain memberikan obat luka, menutup luka dengan plester luka juga bisa dilakukan agar tidak membuat luka terkontaminasi debu atau zat lain yang bisa menyebabkan infeksi. Namun dalam melakukan perawatan luka tersebut, baik luka tergores sayatan atau teriris, Anda juga harus mengetahui cara perawatan luka tersebut yang benar. Perawatan luka yang benar juga akan membantu penyembuhan luka lebih cepat.

Langkah-Langkah Merawat Luka, Akhiri dengan Memberi Plester Luka agar Cepat Sembuh
Cara perawatan luka yang benar penting untuk dilakukan. Selain untuk menghindarkan luka agar tidak terinfeksi, perawatan luka yang benar dari awal juga akan membuat luka cepat sembuh. Nah, berikut ini ada beberapa cara perawatan luka yang benar sebelum memberikan plester luka untuk menutupnya.

     1.   Cuci Tangan Sebelum Merawat Luka
Luka dalam bentuk apapun, saat pertama kali terbentuk, luka tersebut cenderung lebih mudah terserang oleh kuman atau bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Karena itu, sebelum mulai merawat luka tersebut, pastikan Anda mencuci tangan hingga bersih terlebih dahulu. Langkah ini akan meminimalisir terinfeksinya luka dengan bakteri atau kuman.


      2.   Bersihkan Luka
Setelah membersihkan tangan Anda, selanjutnya Anda juga harus membersihkan luka dan daerah di sekitar luka. Langkah ini juga tak kalah penting karena jika tidak dibersihkan, luka akan mudah terinfeksi oleh bakteri atau kuman dari sekitar. Anda bisa menggunakan cairan pembersih luka seperti alkohol. Jika ada pasir atau kotoran, pastikan untuk membersihkan pasit atau kotoran tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, apabila luka mengeluarkan darah, pastikan Anda juga membersihkan darah tersebut hingga kering. Gunakan kain yang terbuat dari katun lembut atau bisa juga disiram dengan air dingin untuk membersihkan lukanya sebelum kemudian diberi obat dan ditutup dengan plester luka.

Langkah selanjutnya, setelah dibersihkan lukanya, jangan lupa berikan obat luka atau obat merah. Untuk jenis luka sayat atau luka baret, disarankan untuk melakukan proses desinfeksi terlebih dahulu sebelum diberi obat.

      3.   Tutup Luka untuk Menghindari Infeksi
Ada banyak orang yang menganggap jika luka, baik luka ringan ataupun luka dalam, lebih baik dibiarkan terbuka untuk membuatnya lebih cepat kering. Kenyataannya, hal ini salah. Karena itu, setelah dibersihkan, usahakan untuk selalu menutup luka tersebut dengan plester luka. Langkah ini sangat penting dilakukan terutama setelah membersihkan luka. Tujuannya adalah untuk membuat proses penyembuhan jadi lebih efektif, karena luka tidak akan terkena atau terinfeksi bakteri atau kuman yang bisa memperparah luka.

Untuk menutup segala jenis luka ini, Anda bisa mempercayakannya pada Hansaplast. Produk plester untuk luka dari id.hansaplast.co.id ini sangat cocok untuk menutup luka agar tidak terinfeksi dan membuatnya cepat kering. Bahannya yang elastis dan dari bahan kualitas memungkinkan kulit untuk tetap bernapas meskipun ditutup. Inilah yang membuatnya bisa cepat kering.

Setiap orang pasti tidak ingin terluka saat beraktifitas. Namun, hal ini tentu tidak bisa dihindari. Luka sayatan atau goresan pasti terjadi saat sedang beraktifitas. Meskipun sangat sakit Anda harus segera melakukan perawatan agar nantinya luka tidak semakin parah. Seperti langkah-langkah perawatan luka yang benar di atas adalah langkah yang benar untuk merawat luka agar cepat sembuh. Selain itu, menutup luka dengan plester luka juga menjadi langkah yang penting untuk mempercepat penyembuhan luka.


EmoticonEmoticon