Senin, 01 Juli 2019

Aturan Olahraga untuk Penderita Diabetes Tipe-1


Meski menderita diabetes tipe-1, olahraga tetap diperlukan. Tapi adakah aturan yang perlu diperhatikan penderita diabetes saat olahraga?

Penderita diabetes, termasuk diabetes tipe-1, juga memerlukan olahraga. Aktivitas ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin bagi para penderita diabetes. Dengan demikian kebutuhan akan insulin juga dapat dikurangi.



Beberapa penelitian juga menemukan bahwa olahraga juga baik untuk meningkatkan kapasitas kerja jantung bagi penderita diabetes. Selain itu, berolahraga ternyata membantu mengurangi terjadinya komplikasi akibat penyakit diabetes.

“Meski memiliki banyak manfaat, penderita diabetes yang tidak terkontrol bisa mengalami masalah akibat olahraga. Salah satu masalah kesehatan yang bisa dihadapi antara lain hipoglikemia” kata dr. Muhammad Anwar Irzan pada KlikDokter.

Itulah sebabnya mengapa penting untuk mengontrol kadar gula darah dan berkonsultasi dengan dokter sebelum memilih jenis olahraga yang tepat. Lalu adakah aturan yang perlu diperhatikan bila penderita diabetes ingin berolahraga?

Ya, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan penderita diabetes –baik sebelum, selama, maupun setelah selesai berolahraga. Beberapa di antaranya adalah:


  1. Sebelum berolahraga, tentukan waktu, jenis, dan intensitas olahraga yang akan Anda lakukan. Diskusikan dengan dokter agar dokter bisa menilai kesesuaiannya dengan kondisi Anda. 
  2. Cukup kebutuhan cairan Anda agar tubuh tetap terhidrasi –konsumsi 250 ml cairan 20 menit sebelum berolahraga. Selanjutnya minumlah 250 ml setiap 20-30 menit selama berolahraga. 
  3. Monitor gula darah Anda selama berolahraga dan setelah berolahraga. Lakukan hal ini terutama bila Anda tidak terbiasa dengan program latihan yang Anda pilih.
“Berolahraga memang baik untuk tubuh –termasuk bagi para penderita diabetes tipe-1, jangan sembarangan melakukannya. Tak sedikit kasus hipoglikemia pada penderita diabetes tercetus karena olahraga” kata dr. Anwar.

Bagi penderita diabetes tipe-1 seperti Anda, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan olahraga yang akan dipilih. Terapkan aturan di atas untuk memaksimalkan latihan Anda.









EmoticonEmoticon