Minggu, 29 September 2019

Berikut Gambaran Umum Spesialis Kebidanan Kandungan dalam Memberikan Pelayanan


Berbicara mengenai ilmu kedokteran itu ada banyak sekali cabang, jenis dan masih banyak lagi lainnya. Masing-masing mempunyai fokus yang berbeda dan bisa diperhatikan untuk memberikan pelayanan secara lebih maksimal. Seperti misalnya spesialis kebidanan kandungan yang merupakan cabang kedokteran lebih fokus pada mereka perawatan sistem reproduksi wanita. Tugas utamanya memberikan konsultasi, penanganan kesehatan, sampai dengan kehamilan dan kelahiran setiap perempuan. Tetapi secara umum masih banyak orang yang merasa kebingungan, apa yang membedakan kebidanan dan kandungan.

Perlu perempuan pahami, jika banyak sekali masalah yang dapat membuat sistem reproduksi terganggu. Banyak penyakit yang bisa menyerang dan membuat masalah ringan ataupun besar pada sistem kewanitaan seseorang. Nah, untuk menangani berbagai masalah tersebut bisa langsung kepada dokter kandungan. Dimana bukan saja orang hamil tetapi lebih kepada perawatan kewanitaan untuk tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Ada beberapa hal yang membahayakan seperti:

1.    Keputihan.
2.    Gatal.
3.    Tumor.
4.    Kista.
5.    Kanker serviks.

Hampir semua wanita mempunyai resiko yang sama bisa mengalami berbagai masalah penyakit yang telah disebutkan diatas, apalagi mereka yang memang tidak melakukan penjagaan kebersihan secara baik. Terkadang orang salah berfikir, datang kepada dokter kandungan hanya ketika sedang hamil saja. Padahal tidak hanya sampai disitu, adanya spesialis kandungan dan juga kebidanan mempunyai fungsi berbeda pada masing-masingnya. Begitu pula tugas atau penanganan yang bisa mereka lakukan untuk masyarakat. Dua bidang tersebut mempunyai cakupan yang cukup luas seperti:

1.    Feto-maternal.
Ini merupakan salah satu perawatan yang diperuntukkan ketika mengalami resiko kehamilan atau melahirkan tinggi. Tujuannya untuk memberikan perawatan yang tepat saat dibutuhkan oleh ibu dan juga janin. Jangan salah, banyak resiko tinggi saat kehamilan seperti penyumbatan air ketuban, posisi rahim tidak normal dan masih banyak lagi lainnya.

2.    Endokrinologi reproduksi.
Ini merupakan salah satu jenis perawatan yang bisa dilakukan pada spesialis kebidanan kandungan mengenai ketidaksuburan. Jadi perawatan atau pemeriksaan ini lebih kepada terjadinya ovulasi, kekurangan hormon, kekurangan sel telur dan tidak bisa berkembang ataupun jenis masalah yang lainnya.

3.    Onkolgi ginekologi.
Berhubungan dengan pemeriksaan, perawatan, sampai dengan pengobatan pada mereka yang beresiko besar terhadap masalah organ reproduksi. Seperti yang telah dikatakan diatas jika ada banyak masalah yang dapat membuat kesehatan organ intim terganggu. Sampai dengan masalah kanker atau komplikasi.

4.    Bedah rekonstruksi.
Lalu ada masalah wanita yang kurang mampu mengontrol urine dengan baik, artinya spesialis kebidanan dan juga kandungan dapat membantu melakukan pemeriksaan ini. Bidang yang satu ini lebih dipandang sebagai proses bedah, jadi pengetahuan mengenai panggul lebih dikenal baik.

5.    Keluarga berencana.
Selain berbagai masalah diatas, pelayanan yang bisa diberikan termasuk didalamnya adalah menggunakan kontrasepsi. Ya, ini berhubungan dengan kehamilan yang ditunda oleh setiap pasangan suami istri. Dimana hubungan tidak akan memberikan keturunan ketika sudah menggunakan kontrasepsi.

Dari beberapa contoh diatas dapat disimpulkan jika pada dasarnya ada banyak pelayanan yang bisa diberikan pada mereka para perempuan dari spesialis kebidanan kandungan secara umum. Jika Anda masih berfikir mengenai ahli tersebut hanya untuk mereka yang hamil atau melahirkan saja itu salah. Kesehatan bagian kewanitaan itu sangat penting, apalagi untuk kelangsungan keluarga Anda dari sekarang. Makanya itu perlu untuk melakukan perawatan dan konsultasi dengan baik melalui masing-masing ahli.


EmoticonEmoticon