Rabu, 18 September 2019

Ini Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Kredit Mobil Melalui Leasing



Bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar, mobil pribadi sudah menjadi salah satu kebutuhan yang wajib dimiliki. Hal tersebut dikarenakan mengendarai ataupun menaiki mobil pribadi tentu lebih nyaman karena tidak akan membuat anda kepanasan maupun kehujanan.

Harga mobil yang semakin meningkat setiap tahunnya tentu menjadi pertimbangan untuk membeli mobil baru. Tapi tenang saja, jika anda belum memiliki dana yang cukup untuk membeli mobil secara tunai, pembelian kredit dengan cara mencicil per bulan atau yang biasa disebut kredit dapat kamu gunakan. Salah satunya dengan kredit mobil cepat dan murah melalui leasing.

Leasing merupakan kata yang berasal dari bahasa inggirs yang memiliki arti menyewakan. Istilah keuangan dari leasing itu sendiri berarti sebuah aktivitas pembiayaan yang  diberikan oleh sebuah perusahaan (lessor) kepada pelanggan (lesse) dengan bentuk peminjaman atau pengadaan barang modal dalam bentuk sebuah perjanjian dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penyewa mempunyai kewajiban untuk membayar uang sewa secara periodik (mengangsur), dan biasanya pembayaran dilakukan sebulan sekali.
  2. Terdapat tenor sewa dengan kurun waktu yang beragam, seperti 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, 4 tahun, atau hingga maksimal 5 tahun.
  3. Perusahaan mempunyai pilihan untuk membeli atau menyerahkan barang modal yang telah disewakan tersebut pada akhir masa periode.

Barang yang diajukan oleh leasing biasanya berupa kendaraan untuk kebutuhan industri, kebutuhan sehari-hari, dan lain sebagainya yang didapatkan dari supplier. Pelanggan juga harus turut menyertakan asuransi dari pihak supplier jika ingin melakukan pembiayaan dengan menggunakan leasing. Di Indonesia sendiri, jasa keungan yang bergerak di bidang leasing kendaraan semakin bertambah setiap tahunnya. Hal in dikarenakan angka penjualan kendaraann yang semakin tinggi serta pengajuan kredit yang terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Terlebih dengan semakin menjamurnya berbagai situs beli mobil terpercaya yang dapat memudahkan anda dalam membeli mobil baru seperti https://m.bidbox.id/

Leasing juga memiliki satu kesamaan dengan jasa keuangan lain yang juga bergerak di bidang pembiayaan kendaraan yaitu KKB Bank. Kesamaan tersebut ialah pelanggan harus membayar DP (Down Payment) minimal 20% dari harga jual mobil, yang mana harga tersebut telah disetujui oleh kedua belah pihak yaitu antara pelanggan dengan pihak bank atau pihak leasing. Ketentuan ini didasarkan pada Surat Edaran Ekstern NO. 14/10/DPNP tanggal 15 Maret 2012 tentang Penerapan Manajemen Resiko pada Bank yang Melakukan Pemberian Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).


EmoticonEmoticon