Minggu, 20 Oktober 2019

Haid Tidak Lancar? Mungkin Beberapa Hal Ini Penyebabnya



Haid atau menstruasi normalnya dialami setiap bulan oleh wanita. Siklus haid ini umumnya terjadi setiap 21 hingga 35 hari pada wanita yang belum memasuki masa menopause. Akan Tetapi, ketidakseimbangan hormon dan berbagai faktor lain dapat menyebabkan haid menjadi tidak lancar atau tidak teratur. Jika Kamu belum mengalami menopause tetapi siklus haid di luar waktu tersebut, coba cek faktor haid tidak lancar di antara hal-hal berikut ini siapa tahu bisa digunakan untuk tips agar datang bulan lebih lancar Stres, Stres dapat mempengaruhi kadar hormon dan kondisi tubuh. Bagian otak yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi yaitu hypothalamus. Jika dibiarkan, stres dapat menyebabkan menurunnya berat badan secara drastis dan sakit. Kedua hal tersebut juga bisa berdampak pada siklus haid. Apabila Kamu merasa stres sebagai penyebab tidak teraturnya siklus haid , ubahlah gaya hidup dan rileks sejenak, gunakan nama nama pembalut yang aman dan nyaman.

Berat badan yang rendah, Berat badan yang 10% lebih rendah dari berat normal dapat mempengaruhi fungsi tubuh, sampai menghentikan ovulasi. Faktor berat badan rendah, terutama pada penderita gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia, sebaiknya segera ditangani dengan menambah berat badan dan makan makanan dengan gizi seimbang. Obesitas, Sama dengan tubuh yang terlalu kurus, tubuh dengan berat badan terlalu tinggi pun juga bisa memicu perubahan hormon. Lakukan diet dan perbanyak olahraga untuk menyeimbangkan kembali berat tubuh.

Pil kontrasepsi (birth control), Untuk mengendalikan kehamilan, pil kontrasepsi mengandung hormon estrogen dan progesteron yang dapat menghambat produksi sel telur pada ovarium. Setelah berhenti mengonsumsi pil ini, tubuh wanita masih memerlukan waktu sekitar 6 bulan sebelum siklus haid dapat kembali normal. Selain itu, bentuk kontrasepsi lain yang ditanam di dalam tubuh juga bisa menyebabkan siklus yang tidak teratur. Masalah tiroid Faktor lain yang bisa mengganggu kelancaran siklus haid yaitu kelenjar tiroid yang terlalu aktif ataupun kurang aktif. Tiroid berperan untuk mengatur metabolisme tubuh, sehingga dapat mempengaruhi hormon juga. Masalah ini dapat diatasi dengan pengobatan oleh dokter, mulai cari tahu bagaimana cara cara mengatasi haid tidak teratur.


EmoticonEmoticon