Kamis, 02 Januari 2020

Langkah Jitu Membuat Artikel SEO Friendly


Persaingan konten di dunia digital sungguhlah ketat. Sejumlah strategi dan trik terpaparkan secara terang-benderang untuk memenangkan persaingan itu. Sistem yang adil pun diterapkan sehingga meskipun Anda seorang anak raja atau konglomerat, peluang memenangkan persaingan di dunia digital setara dengan pengelola web yang berprofesi sebagai buruh pabrik. 

Sebab, hanya orang-orang yang tekun dan bersungguh-sungguhlah yang akan keluar sebagai juaranya. Lantas, siapakah mereka? Itu bisa jadi Anda, ketika memang sudi membuka segala peluang yang fair untuk meningkatkan kualitas web atau blog Anda. 

Di antara strategi yang paling diandalkan untuk memenangkan persaingan di era digital adalah menerapkan teknik Search Egine Optimization alias SEO. Secara singkat, penerapan cara ini akan membuat website atau konten Anda berpeluang direkomendasikan oleh google di halaman satu atau peringkat satu pencarian. 

Jika hal ini terjadi, pastinya ini akan sangat mempengaruhi traffick kunjungan, sebab berpotensi meningkat tajam dan konsisten tinggi. Kondisi ini pastinya akan meningkatkan kredibilitas web Anda, sehingga secara langsung akan membaguskan bisnis yang Anda populerkan melalui web tersebut. 

Lantas hal apa saja yang mesti Anda lakukan sehingga bisa membuat artikel SEO Friendly secara konsisten? Untuk penjelasan lebih lanjut, mari simak uraian berikut ini: 

1. Perhatikan Jumlah Kata

Sebagai salah satu mesin pencari yang paling diandalkan, google terus melakukan perbaikan dalam rangka meningkatkan kualitas konten di dunia maya. Singkatnya, google hanya ingin merekomendasikan konten dan website yang benar-benar berkualitas dan menjawab semua pertanyaan dari warganet. 

Makanya, dalam beberapa tahun terakhir ini, ada sejumlah revisi dalam kebijakan pengaturan umlah kata. Di mana, semakin banyak jumlah kata dalam suatu artikel, semakin besar pula peluang dinilai berkualitas. Syaratnya, banyaknya jumlah kata itu harus diimbangi dengan isi artikel yang memuat informasi yang spesifik dan detil seputar topic tertentu. 

Sebagai contoh, untuk artikel tutorial, artikel Anda akan dinilai ideal ketika jumlah katanya mencapai lebih dari 2.500 kata. Banyaknya kata-kata tersebut menandakan artikel tersebut memuat informasi yang betul-betul jelas, terperinci, dan menuai solusi bagi pembaca.


Di sisi lain, Anda tetap bisa membuat artikel SEO Friendly dengan membuat artikel sebanyak 500 kata saja. Ini artinya, tidak semua yang banyak katanya berarti bagus. Jangan seperti tong kosong nyaring bunyinya. Sebab di aspek mana pun juga, kualitas akan selalu mengalahkan kuantitas. 

2. Menerapkan LSI Keyword

Hal selanjutnya yang mesti diperhatikan ketika ingin membuat artikel SEO Friendly adalah dengan menerapkan LSI Keyword. LSI merupakan kepanjangan dari Latent Semantic Indexing di mana ia berperan sebagai kata kunci pendukung dari kata kunci utama. 

Ketika Anda membuat artikel, berpedomanlah pada satu kata kunci utama yang diperoleh dari jasa research keyword atau dengan menggunakan aplikasi. Setelah mendapatkan kata yang tepat, jangan dibiasakan untuk mengulang-ulang keyword utama di setiap paragraf. Anda cukup menyisipkan kata kunci utama di bagian judul, paragrag pertama dan paragraf terakhir. 

Selebihnya, Anda bisa menggunakan LSI keyword untuk disisipkan di badan teks, di mana keyword-keyword ini berkaitan erat dengan kata kunci utama. Penggunaan LSI keyword akan mencegah Anda dari indikasi keyword stuffing oleh google. Keyword stuffing merupakan bagian dari penilaian jelek oleh google karena Anda terlalu sering mengulang-ulang kata kunci yang sama.

3. Artikel Memuat Informasi yang Rinci dan Solutif

Kualitas merupakan hal mutlak yang harus Anda syaratkan ketika membuat artikel yang SEO Friendly. Artinya, Anda harus memastikan bahwa artikel Anda memuat informasi yang rinci dan solutif, sehingga ragam pertanyaan dan penasaran pembaca terharap suatu hal bisa terjawab. 

Adapun perangkat yang fipakai mesin mencari untuk memastikan konten Anda benar-benar begizi adalah dengan melihat bounce rate-nya. Ini merupakan pengukuran waktu seorang pengunjung ketika mengakses konten yang Anda suguhkan di website. Bounce rate yang tinggi menandakan artikel Anda kurang baik, tidak relevan, tidak pula menarik. 

Maka segeralah melakukan revisi terhadap tulisan Anda, sehingga bounce rate Anda bisa rendah dan performa artikel Anda ternilai baik oleh mesin pencari. 

Baca Juga : Harga SSL untuk SEO

4. Mengoptimalkan Penggunaan Heading dan Subheading

Ketika Anda menulis diblog atau website, ada pengaturan heading yang bisa Anda optimalkan, sehingga artikel Anda memenuhi salah satu syarat SEO Friendly. Heading atau penajukan akan membuat pembaca lebih mudah melihat daftar isi, serta mendeteksi informasi yang spesifik dari artikel panjang yang Anda buat.

Demikianlah sejumlah teknik yang bisa Anda gunakan untuk membuat artikel SEo Friendly. Jangan lupa untuk selalu menerapkan gambar yang menarik sehingga artikel Anda tidak membosankan. Gambar yang Anda sisipkan tersebut juga harus diganti nama file nya dengan keyword utama sehingga mesin pencari bisa mendeteksi artikel Anda melalu gambar. Akhir kata, selamat menulis dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.


EmoticonEmoticon