Sabtu, 25 April 2020

Cara Kerja pada Load Bank yang Harus Anda Ketahui


Dummy load atau load bank adalah adalah alat yang digunakan untuk uji kapasitas dan ketahanan pada genset. Load bank bukanlah beban yang dapat diukur, namun sebuah alat yang dapat dipakai untuk simulasi beban nyata untuk mengecek bagaimana kondisi genset tersebut. Keadaan genset dapat diketahui dengan menggunakan load bank, dalam kondisi yang prima atau malah tidak baik.

Cara Load Bank Bekerja

Komponen konversi energi listrik menjadi sebuah energi panas dipakai load bank untuk simulasi beban. Hanya energi panas dihasilkan oleh load bank, alat ini tidak menggunakannya untuk yang lainnya. Karena hal tersebut, heater (pemanas) adalah komponen yang biasa dipakai pada load bank. Listrik yang digunakan sebagian kecilnya untuk menyalakan kipas agar tidak mengalami overheating.

Kipas tersebut digunakan untuk mendinginkan heater yang menghasilkan panas. Bentuk load bank juga ada yang lebih sederhana bentuknya. Hanya memakai campuran air dan garam. Genset yang memproduksi listrik, dimasukkan dalam air larutan garam. Kemudian arus listrik akan dapat mengalir lewat air dan memanaskan air tersebut. Anda pun bisa memilih sewa loadbank terbaik kualitasnya.

Jenis load bank yang sangat sederhana dapat Anda buat dengan mudah. Gunakanlah drum yang kosong, kemudian isi air sampai dengan ketinggian sekitar 70% lalu Anda dapat mencampurkan garam secukupnya saja. Selanjutnya alirkanlah listrik dari generator lewat bus bar tembaga ke dalam air pada tiap fasanya. Beban yang ditanggung oleh genset tergantung pada luas penampang bus bar.

Luas penampang yang semakin bebas, berbanding lurus dengan beban yang ditanggung. Load bank sederhana ini pun mempunyai kelemahan, yaitu ketika air mulai untuk mendidih maka akan muncul gelembung-gelembung udara. Gelembung tersebut akan mengganggu aktivitas pada pentransferan arus listrik. Hal itu akan menyebabkan beban load bank yang tersimulasi tidak dapat terkendali.

Keadaan tersebut membuat load bank dari campuran air dan garam biasanya hanya dipakai pada genset dengan waktu yang singkat dan kapasitas yang berukuran kecil (kurang dari 200 kva). Dalam hal kualitas load bank, Anda dapat menyerahkannya kepada Sewatama. Jika ingin mengetahui informasi lebih detail, Anda dapat mengakses link https://sewatama.com/id/.


EmoticonEmoticon