Rabu, 08 April 2020

Jangan Asal, Ini Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet Selama Bertahun-tahun!


Mesin cuci kini bukan lagi barang mewah. Hampir setiap rumah memilikinya karena alat ini praktis, murah dan sangat berguna. Dengan mesin cuci, kamu tidak perlu lagi capek-capek mengucek dan membilas pakaian dengan tangan, juga tidak perlu bingung bila cuaca terus hujan hingga kamu tak bisa menjemur pakaian.

Mesin cuci yang biasa digunakan masyarakat ada dua jenis, yaitu satu tabung dan dua tabung. Keduanya punya kelebihan masing-masing dan harganya tentu berbeda. Mesin cuci satu tabung sifatnya otomatis atau semi otomatis, tak membutuhkan banyak air dalam proses mencucinya, sehingga pencucian menjadi lebih efektif dan efisien serta pengeringan hasilnya lebih baik. Harga mesin cuci 1 tabung pun bervariasi, dari 2 sampai 4 jutaan tergantung mereknya.

Di sisi lain, mesin cuci dua tabung adalah yang paling umum dimiliki masyarakat karena harganya lebih murah dari mesin cuci satu tabung. Selain itu, mesin cuci dua tabung lebih hemat listrik, murah biaya perawatan dan perbaikannya, dan kamu bisa mengatur airnya sesuai kebutuhan, tidak butuh sumber air yang konstan. Harga mesin cuci 2 tabung berkisar dari 1,5 juta hingga 2 jutaan.

Apapun jenis dan merek mesin cuci yang kamu pilih, pastikan kamu melakukan perawatan yang baik agar mesin cuci kamu awet, tahan lama selama bertahun-tahun. Berikut adalah tips-tips simplenya.

  • Simpan mesin cuci di tempat yang kering dan hindari tempat-tempat lembab karena  bisa memicu kerusakan mesin dan menumbuhkan jamur.
  • Jangan overload alias kelebihan berat cucian karena itu bisa membuat kinerja mesin menjadi semakin berat dan mempercepat kerusakannya. Jika pakaian yang ingin kamu cuci terlalu banyak, bagilah menjadi 2-3 kali pencucian.
  • Periksa pakaian yang hendak kamu masukkan ke mesin cuci. Ambillah benda-benda tajam atau logam yang mungkin ada di saku pakaian kamu , misalnya uang koin, karena itu bisa terjatuh dan masuk ke alat pemutar lalu menghambat kinerjanya.
  • Rajin-rajinlah membersihkan tabung dan filter mesin cuci karena di sanalah kotoran mengendap. Bermacam kotoran seperti serabut kain, noda, kerak, dan lumut bisa mengendap di sana, jadi kamu harus rutin membersihkannya.
  • Selalu cabut stop kontak setelah kamu menggunakan mesin cuci. Ini mencegah   mesin cuci rusak ketika terjadi konsleting, sekaligus juga bisa mencegah bahaya kebakaran.
  • Rawatlah bagian-bagian vital dari mesin cuci seperti panel-panel kendali dan modul  PCB. Hindarkan dari air dan deterjen agar semakin awet.
  • Jangan paksa tombol pemutar dan pengering jika belum berhenti sendiri. Ini biasa dilakukan jika kamu ingin kegiatan mencuci selesai lebih cepat.

Tips-tips di atas sederhana, tapi sangat penting untuk dilakukan. Jangan lupa mesin cuci juga rawan diserang berbagai hewan seperti tikus rumahan dan semut, jadi kamu harus rutin-rutin memeriksanya. Agendakan pembersihan mesin cuci setiap dua minggu sekali dan jangan biarkan alat ini kotor terlalu lama.

Sebisa mungkin jauhkan mesin cuci dari jangkauan anak-anak. Selain karena mesin cuci dekat dengan sumber listrik, anak-anak juga bisa secara tak sengaja memasukkan mainan atau benda-benda kecil lain ke dalamnya yang kemudian akan mengganggu kinerja mesin cuci. Usahakan untuk memberikan penutup atas dari plastik atau kain untuk mencegah kotoran dan debu berjatuhan ke atas mesin cuci kamu.

Dengan perawatan yang baik dan telaten, mesin cuci kamu pasti akan awet dipakai selama bertahun-tahun lamanya. Kalau mau tips trik lainnya klik ini ya!


EmoticonEmoticon