Senin, 10 Agustus 2020

5 Tips Desain Rumah Minimalis Yang Bisa Anda Terapkan


Infonegeri.com - Membuat hunian lebih indah tentang keinginan banyak orang. Entah membuat bangunan baru atau melakukan renovasi. Renovate rumah biasanya dilakukan orang-orang untuk membuat huniannya terkesan lebih indah. 

Salah satu desain rumah yang banyak diminati yaitu desain rumah minimalis. Rumah dengan desain ini dinilai lebih hemat dan juga memiliki model yang modern serta rapi. Gaya arsitektur rumah minimalis identik dengan bentuk geometris yang tidak terlalu banyak dekorasi. Belum lagi material bangunan yang dimanfaatkan cenderung lebih sederhana dan tentunya fungsional. Simak Berikut ini beberapa tips desain rumah dengan model minimalis.

1.    Kurangi Barang Yang Tidak Diperlukan

Untuk melakukan renovate rumah dengan gaya minimalis yaitu dengan mengurangi barang yang tidak berguna atau setidaknya sudah lebih dari 3 bulan tidak digunakan. Jadi pastikan barang-barang yang di rumah Anda memiliki fungsi yang benar-benar diperlukan.
Atau lebih baik jika menggunakan barang-barang yang multifungsi. Misalnya saja memilih tempat tidur yang bisa digunakan juga sebagai lemari di bagian bawahnya.

2.    Kurangi Penggunaan Sekat Ruangan

Ketika memilih desain rumah minimalis yang perlu diperhatikan yaitu mengurangi penggunaan sekat ruangan secara berlebihan. Ketika menggunakan sikat terlalu banyak akan membuat rumah terlihat lebih sempit. untuk solusi pengurangan sekat Anda bisa memakai perabotan untuk pembatas diantara dua ruangan.
Contohnya seperti  menggunakan lemari, meja atau perabotan lainnya untuk membersihkan antara dapur dengan uang makan. Ini bisa menjadi salah satu ide desain dapur cantik dan minimalis untuk rumah anda.

3.    Gunakan Furniture Yang Tidak Memakan Banyak Ruang 

Sebaiknya dalam pemilihan furniture Anda harus memilih perabotan yang bisa menghemat ruangan. Pilih furniture gantung atau yang bisa diletakkan menempel di dinding. Furniture gantung merupakan benda yang cukup praktis dan membuat nuansa ruangan jadi lebih lega.
Belum lagi furniture jenis ini juga bisa membuat ruangan rumah minimalis anda jadi lebih estetik.

4.    Pastikan Penerangan Maksimal

Pada rumah dengan konsep minimalis hal yang tidak kalah penting yaitu penerangan dan sirkulasi udara yang baik. Hal ini tentu berpengaruh pada kecerahan rumah agar tidak kusam dan tidak lembab. Karena pada umumnya rumah minimalis dibangun pada lahan yang sempit dan terhimpit Jadi jika penerangan maksimal akan membuat rumah juga tampak lega. 

Akan jauh lebih baik jika rumah minimalis dibuat menghadap ke arah terbitnya matahari. Atau bisa juga dengan memanfaatkan jendela yang lebar. Ventilasi udara yang cukup juga bisa menghemat penggunaan pendingin ruangan. Karena sirkulasi udara yang baik tentu berpengaruh pada kesehatan penghuni rumahnya, terdapat udara segar yang cukup.

5.    Perhatikan Keindahan Teksur Rumah

Desain rumah minimalis sebaiknya menggunakan warna putih atau warna netral. namun untuk sentuhan yang berbeda Anda bisa menggunakan tekstur pada desain rumah minimalis dengan kayu atau batu. Pastikan setiap tekstur mengandung nada yang sejenis.

Contohnya pada rumah minimalis berwarna putih, sebaiknya gunakan objek lain dengan tekstur warna abu-abu kecoklatan atau warna lain yang saling berdampingan di alam. Anda juga bisa bermain dengan pola yang diaplikasikan pada furniture elemen dekorasi atau bagian dari ruangan tertentu. Pola yang cocok untuk rumah minimalis yaitu pola sederhana dengan warna senada dan tidak mendominasi ruangan.

Demikian beberapa tips desain rumah konsep minimalis yang bisa anda terapkan untuk hunian yang akan dibangun atau saat melakukan renovate rumah. Yang paling utama saat memilih konsep rumah ini yaitu kesederhanaan untuk setiap tekstur atau ornamen yang ada di rumah itu sendiri.


EmoticonEmoticon