Senin, 17 Agustus 2020

Tips dan Cara Merawat Mesin Vacuum Pump


Memiliki barang elektronik jelas harus dirawat sebab kalau hanya dipakai saja pasti akan cepat sekali rusak, meskipun barang elektroniknya terbilang canggih seperti vacuum pump Indonesia tetap saja akan butuh perawatan. Perawatan tidak perlu dilakukan setiap hari asalkan rajin dicek saja setelah digunakan maka tidak akan cepat rusak, tetapi kalau tidak pernah dicek atau dibersihkan tidak akan bertahan lama. Jadi kalau mau awet barangnya maka harus sering merawat seperti merawat badan agar tidak mudah sakit.

Cara Merawat Mesin Vacuum Pump Yang Benar

Merawat vacuum pump bisa dilakukan sendiri atau bisa juga meminta bantuan Service vacuum pump yang selalu siap menerima keluhan pengguna vacuum dan siap membantu membetulkan spare part mesin yang rusak. Kalau memang mau merawat sendiri itu memang agak sulit apalagi kalau baru pertama kali menggunakannya, tetapi kalau mau belajar pasti mudah juga melakukannya. Kalau yang baru menggunakan mesin tersebut baiknya ikuti cara ini agar perawatannya tidak salah.
  • Memeriksa Minyak Pompa

Memeriksa minyak adalah tugas pertama yang harus dilakukan sebab kalau sudah tidak bagus pasti kinerja mesin vacuum pump Indonesia tidak akan maksimal lagi. Untuk pewarna minyak yang ada di pompa vacuum itu harus selalu cerah warnanya, tidak berbusa atau keruh dan juga olinya harus masih jernih juga. Jika ternyata sudah tidak seperti itu maka langsung ganti saja minyaknya. 

Tetapi jangan menggunakan jenis yang berbeda tetapi harus yang sama sebab kalau berbeda akan menyebabkan kerusakan. Biasanya minyak mesin tersebut mempunyai masa pergantian yang teratur sesuai dengan penggunaannya, misalnya kalau terus dipakai maka minyak diganti setiap 500 jam sekali.
  • Memeriksa Pompa Vacuum

Setelah mengecek dan juga mengganti minyak selanjutnya harus mengecek pompa vacuumnya apakah masih bekerja dengan baik atau tidak. Kalau memang tidak maka harus dibersihkan dulu pompanya untuk caranya adalah kuras dulu minyak limbahnya. Setelah dikuras lalu kencangkan saja steker saluran untuk pembuangan cairan yang digunakan untuk membersihkan dan matikan juga port udaranya. 

Setelah itu tinggal nyalakan pompanya selama 30 menit, kemudian keringkan cairan pembersihnya dan buang semua cairan tersebut. Jika sudah lalu periksa juga katup pelampungnya apakah bersih atau kotor dan periksa juga kondisinya masih bagus atau rusak, jika memang rusak ganti saja. Jika sudah dilakukan semuanya tinggal masukan saja minyak barunya saja.
  • Memeriksa Knalpot Filter

Setelah pompanya sudah selesai dicek tinggal knalpot filternya yang harus dicek. Untuk memeriksa knalpot ini bisa dengan menggunakan pengukur tekanan knalpot agar bisa mendeteksi apakah saringan knalpot itu tersumbat atau tidak. Cara mengetahui knalpot tersumbat atau tidak caranya adalah dengan melihat alatnya saja kalau ada di daerah merah berarti saringan knalpotnya sedang tersumbat dan harus segera diganti. Kalau mau mengganti saringan baiknya matikan dulu pompanya dan potong juga dayanya agar aman. Jika sudah tinggal ganti saja dan coba nyalakan lagi mesin pompanya apakah sudah benar berjalan atau belum.

Cara Memperbaiki Mesin Pompa Vacuum

Cara memperbaiki mesin pompa juga tidak terlalu sulit, kalau memang sudah tahu komponen mana yang rusak maka tinggal ganti saja komponen atau spare partnya saja. Agar tidak mudah rusak harus dirawat dengan rutin dan juga dipertimbangkan juga batas pemakaiannya. Jangan sampai melebihi batas pemakaian mesin vacuum pump Indonesia tetapi sama sekali tidak dirawat sebab kalau rusak diperbaiki juga akan rusak.



EmoticonEmoticon