Senin, 23 Agustus 2021

Baikkah Resep Nasi Goreng rumahan Bagi Tubuh? Berikut Nilai Gizi yang terkandung Didalamnya

 

resep nasi goreng rumahan

Sarapan merupakan hal yag paling penting demi memperlancar aktivitas sehari-hari, karena tanpa sarapan tubuh akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika kita memberi nutrisi pada tubuh dipagi hari maka tubuh akan terasa lemas dan tidak bertenaga ketika melakukan aktivitas, oleh karena itu kenapa sebelum melakukan kegiatan diharuskan untuk sarapan terlebih dahulu.

Ada beberapa menu makanan yang banyak dipilih sebagian orang sebagai menu sarapan mereka  seperti susu dan roti, oat, sereal, mie dan juga nasi goreng. Dari beberapa menu sarapan di atas, tentu memiliki kandungan nilai gizi yang berbeda-beda yang salah satunya akan dibahas dalam artikel ini yaitu nutrisi yang terkandung dalam nasi goreng, apakah nutrisi yang terkandung baik sehingga cocok digunakan sebagai makan pagi kita.

Sebelum  berbicara lebih lanjut mengenai kandungan gizi yang terdapat pada nasi goreng, akan kita bahas terlebih dahulu mengenai nutrisi dan vitamin apa saja yang wajib ada dalam menu sarapan kita sehingga dapat menunjang energi untuk menjalani aktivitas selanjutnya.

Nutri yang dibutuhkan dalam tubuh

1.      Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi yang wajib ada dalam kandungan makan pagi atau sarapan kita. Dalam tubuh karbohidrat akan mengolah glukosa yang nantinya akan menghasilkan energi.

2.      Protein

Sama halnya dengan karbohidrat, protein juga sangat penting dalam perkembangan tumbuh kembang. Dengan adanya kandungan protein dalam sarapan kita, maka akan membantu memenuhi zat gizi dalam tubuh sehingga tubuh tidak lemas dan bertenaga.

 

3.      Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral juga sangat penting bagi tubuh, terutama bagi anda yang bekerja diluar ruangan. Karena vitamin dan mineral akan menghasilkan antioksidan yang akan menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.

 

4.      Lemak

Fungsi lemak dalam tubuh adalah untuk membantu tubuh dalam menyerap vitamin. Lemak tetap memiliki nilai baik bagi tubuh asal semua tetap pada kebutuhan tubuh tidak melebihinya.

Ke empat kandungan nutri di atas merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita sehati-hari. Selanjutnya mari kita bahas kandungan dalam nasi goreng apakah empat kandungan di atas ada pada nasi goreng? Berikut penjelasannya.

Nutrisi pada nasi goreng

Alasan utama nasi goreng banyak dipilih sebagai menu sarapan adalah kepraktisan dalam pembuatan. Hal terebut tentu akan lebih mengehemat waktu anda. Berikut nutrisi dalam nasi goreng yang perlu anda ketahu.

Karbohidrat dan protein

Kandungan karbohidrat dan protein dalam nasi goreng terdapat dari nasi dan telur. Jika anda menggunakan campuran daging, maka proteinnya juga akan bertambah.

Serat, vitamin dan mineral.

Beda dengan karbohidrat, serat, vitamin dan mineral dalam nasi goreng terdapat dari berbagai sayuran yang digunaan sebagai bahan pembuatan nasi atau hanya sekedar lalapan saja. Sayur mayur tersebut adalah paprika, selada, daun bawang, tomat, kol dan juga mentimun.

Jika dilihat dari kandungan nutri di atas, maka baik jika nasi goreng dibuat untuk sarapan pagi. Namun, dalam pembuatannya yang di goreng maka akan menambah kandungan lemak pada nasi goreng dan akibat utamanya adalah tubuh menjadi lemas.

Jika tubuh lemas, maka rasa kantuk pasti akan mengikuti, dengan begitu, menjalani aktivitas juga tidak akan semangat. Namun bagi anda pecinta nasi goreng, tidak perlu khawatir akan hal ini karena dapat kita atasi dengan cara membuat dengan resep nasi goreng rumahan memberi banyak sayuran dan mengganti minyak gorengnya dengan minyak nabati yang mengandung lebih sedikit lemak.


EmoticonEmoticon