Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Menarik Yang Harus Dilakukan Ketika Berwisata ke Malang



 

Apakah kamu salah satu orang yang tertarik untuk mengunjungi Malang? Namun bingung apa saja wisata yang ada di Malang, Jawa Timur? kamu mungkin lebih akrab dengan surga tropis Bali, hutan kota yang ada di Jakarta dan Surabaya, atau bahkan Tana Toraja yang terkenal dengan kemistisannya.


Akan tetapi tahukah kamu bahwa kota Malang di Jawa Timur menawarkan hal-hal yang tidak boleh dilewatkan? Bagi sebagian orang mungkin bingung mengenai tempat penginapan mana yang harus dipilih. Jangan khawatir, Malang memiliki beberapa hotel murah dan nyaman, salah satunya adalah Amaris Hotel.


Kira-kira ketika berada di Kota Malang, apa saja ya hal menarik yang bisa dilakukan? Berikut adalah daftar 5 hal menarik yang harus kamu lakukan ketika berwisata ke kota Malang, Jawa Timur.


1. Menjelajahi pusat kota Malang


Pusat kota Malang relatif kecil dan mudah dijelajahi dengan berjalan kaki. Pertama, ambil orientasi kamu dengan monumen Malang yang terkenal yakni Tugu Bundaran. Monumen megah ini berdiri di tengah kolam yang dipenuhi teratai. Jika kamu menginap di Amaris Hotel, hotel tersebut sangat direkomendasikan karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota. Dari sini kamu bisa berjalan-jalan keliling kota, menikmati hiruk pikuk kehidupan kota Malang.


2. Berkuliner mencicipi makanan lokal khas Malang


Di Malang kamu bisa menemukan banyak kuliner khas Jawa yang terkenal, mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran. Makanan Indonesia yang wajib kamu coba di Malang ini adalah gurame goreng (ikan), sate, urap-urap (sayur yang di campur dengan kelapa parut) dan dessert lokal berupa pisang goreng. Makanan lain yang harus dicoba adalah mie goreng lokal di warung pinggir jalan.


Tentunya, berkuliner dan mencicipi semua makanan lokal khas Malang tidak akan cukup jika dilakukan dalam sehari. kamu bisa menginap dan bermalam di beberapa hotel murah, salah satunya di Amaris Hotel yang terletak tidak jauh dari pusat kota dan mulai berkuliner lagi di keesokan harinya.


3. Mengunjungi pasar tradisional atau pasar malam


Ada beberapa pasar tradisional di Malang yang bisa kamu kunjungi. Yang populer adalah Oro-oro Dowo dan Pasar Besar. Di sini kamu dapat datang di siang hari dan berbelanja bersama dengan penduduk setempat.


Namun, kamu bisa juga mengunjunginya pada malam hari. Pasar malam di Malang tersebut berada di Jalan Kyai Tamin. Pasar ini menawarkan berbagai souvenir dan penjual makanan lokal, meskipun jangan berharap terlalu banyak untuk kualitas makanan di sini.


Capek berbelanja? kamu bisa singgah terlebih dahulu di Amaris Hotel, dan melanjutkan wisata kamu di Kota Malang pada keesokan harinya.


4. Berjalan di sepanjang Jalan Ijen Malang


Siapa yang tidak tahu Jalan Ijen di Malang? Bagi beberapa pendatang baru, mungkin tempat ini adalah tempat yang baru! Pertama, luangkan waktu kamu dan berjalan-jalan di sekitar kota. Malang adalah kota yang cukup kecil namun sangat nyaman. Saat kamu berjalan-jalan, kamu akan melihat jejak peninggalan Belanda di sini.


Jika kamu menyusuri Jalan Ijen, kamu akan melihat rumah-rumah kolonial dan pohon-pohon palem berbaris. Di sini kamu akan merasa agak dibawa ke suatu tempat di Eropa. Jangan lewatkan gereja di sini, St. Maria, Gereja Katolik yang juga memiliki ciri kolonial Belanda.


Inisiatif terbaru di sini, sejak 2011, adalah hari Minggu (car free day) dari jam 5 pagi sampai jam 9.30 pagi. Pada periode ini, kamu akan menemukan banyak penduduk setempat datang ke sini untuk jalan pagi, bersepeda, bermain skateboard, dan senam.


5. Berkeliling Malang dengan menunggangi becak

 

Capek berkeliling kota Malang dengan berjalan kaki? Ada alternatif lain loh. kamu bisa menunggangi becak dan tetap berkeliling kota Malang. Mungkin bagi beberapa orang menunggangi becak adalah hal biasa. Namun, bagi sebagian orang menaiki becak sambil berkeliling kota Malang adalah hal yang menyenangkan. Jika kamu belum mencobanya, kamu harus mencoba keseruannya. Dengan berkeliling kota Malang menggunakan becak, kamu mungkin menemukan perspektif baru kota dan merasa sedikit lebih seperti turis.


Lalu dimana kamu bisa menemukan becak? Tenang. Jika kamu menginap di Amaris Hotel, kamu tidak akan kesulitan menemukan becak. Cobalah untuk berkeliling kota Malang dengan hal baru, bukan dengan motor atau mobil, namun dengan becak.


Nah, dari ke 5 hal - hal menarik di Kota Malang tersebut, mana yang ingin kamu coba terlebih dahulu? Sembari staycation di Amaris Hotel, sembari menikmati keindahan dan mencoba hal-hal menarik di Kota Malang.