Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Lima Tips Menentukan Spesifikasi Tablet Terbaik




Meski tak sepopuler smartphone, tablet tetap mendapat tempat di hati penggunanya. Beberapa orang lebih suka menggunakan tablet karena lebih nyaman untuk bekerja, karena ukuran layarnya lebih besar daripada smartphone.

Dengan fungsi yang hampir sama dengan smartphone, tablet juga merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk komunikasi dan hiburan. Namun, Anda perlu memahami karakteristik apa yang perlu dipertimbangkan saat memilih dan membeli tablet agar Anda tidak bingung karena Anda bisa mendapatkan tablet yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ingin membeli tablet? Berikut 5 ciri yang perlu diketahui sebelum membeli tablet!

Tablet tidak menggantikan laptop

Ukuran yang lebih besar untuk smartphone tetapi lebih kecil untuk laptop sering disalahartikan. Banyak orang mengira bahwa fungsi tablet sama dengan fungsi laptop.

Meskipun penggunaan tablet cocok untuk berselancar di Internet, menjawab email, atau melakukan tugas-tugas sederhana seperti mengetik, tablet tetap tidak dapat sepenuhnya menggantikan fungsi laptop.

Keyboard, flash drive atau mouse benar-benar dapat digunakan. Namun, tablet Anda mungkin tidak berfungsi dengan HSDPA atau penulis DVD. Jadi tentukan pilihan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih ukuran dan resolusi layar yang tepat

Memilih ukuran dan resolusi layar yang ideal sangat penting bagi Anda yang berencana membeli tablet. Tablet hadir dalam layar 7, 8, 9 dan 10 inci.

Tablet kecil mudah dibawa-bawa, sedangkan tablet yang lebih besar lebih nyaman dilihat, terutama dengan penggunaan yang lama. Sekali lagi, pilihannya tergantung pada kebutuhan Anda.

Selain ukuran, pertimbangkan juga resolusi layar, karena mempengaruhi kejernihan dan ketajaman gambar. Semakin tinggi resolusi layar, semakin jelas dan jernih gambarnya.

Salah satu tips untuk memilih tablet untuk dilihat berdasarkan layar Anda adalah jika Anda menginginkan layar tablet yang berukuran 7 inci atau lebih besar, cobalah untuk memilih layar dengan resolusi 1024 x 768 piksel atau lebih tinggi.

Karakteristik lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih tablet adalah kapasitas penyimpanannya. Jika Anda menggunakan tablet untuk menjelajah web, email, atau permainan ringan, tablet ini tidak memerlukan banyak memori. Namun jika tablet digunakan untuk menyimpan foto, film, lagu dalam jumlah banyak, akan membutuhkan banyak memori.

Tetapi sekarang beberapa tablet memiliki slot untuk penyimpanan eksternal seperti micro SD atau hard drive eksternal, sehingga Anda dapat menyimpan lebih banyak file.

Komunikasi dan kinerja

Tablet memiliki berbagai jenis konektivitas seperti 3G/4G/5G dan Wi-Fi. Tablet Wi-Fi lebih murah daripada tablet 3G / 4G.

Mana yang akan Anda pilih? Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Jika Anda sering bepergian karena harus membawa tablet ke mana pun Anda pulang, dan membutuhkan koneksi internet, maka lebih baik memilih tablet dengan konektivitas 3G / 4G / 5G.

Anda juga perlu mempertimbangkan kinerja tablet. Prosesor internal dapat memengaruhi kinerja tablet. Semakin tinggi kecepatan prosesor, semakin halus Anda akan melakukan tindakan Anda.

Pilih desain dan fungsi yang tepat

Karena Android adalah open source, produsen memiliki kesempatan untuk mengembangkan desain dan fitur yang berbeda untuk membedakan tablet mereka. Beberapa fitur termasuk slot microSD, port USB ukuran penuh, dan output Cro-HDMI.

Sejauh ini, hanya Asus yang berusaha keras untuk menyertakan tampilan kacamata 3D gratis di Eee Pad Memo dan menyediakan keyboard menggunakan Eee Pad Transformer dan Eee Pad Slider.

Jadi kamu mau beli tablet yang mana? Lima ciri di atas bisa dijadikan panduan saat memilih tablet.

Untuk tablet yang mudah digunakan, pilih Apple iPad. Jika Anda membutuhkan banyak fleksibilitas penyesuaian, tablet Android seperti Samsung Galaxy mungkin menjadi pilihan yang sempurna. Jika Anda membutuhkan tablet untuk pekerjaan serius, pilih tablet Windows hybrid seperti Acer iConia atau Lenovo Yoga.

Pilihan ada di tangan Anda, karena Andalah yang tahu jenis tablet apa yang Anda butuhkan.

Posting Komentar untuk "Ini Lima Tips Menentukan Spesifikasi Tablet Terbaik"