Sabtu, 20 November 2021

Tips Atasi Asam Lambung Naik Pada Anak yang Tepat


Bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat, pada kesempatan yang saya punya kali ini saya ingin sedikit memberikan infor dan tips yang bisa membantu kamu untuk atasi asam lambung yang naik pada anak dan obat yang bisa membantu mengobatinya, untuk itu tanpa berlama – lama mari mulai saja info dan tipsnya.


Naiknya asam lambung bisa terjadi pada siapa saja, termasuk juga dialami oleh anak hingga bayi. Ketika anak mengalami asam lambung naik tentunya juga akan merasakan gejala yang dirasakan seperti yang dialami pada orang dewasa. Seperti rasa tidak nyaman dibagian perut juga dada yang bisa nyeri karena mengalami heartburn apabila sudah parah. 


Asam lambung naik pada anak bisa sembuh dengan sendirinya apabila istirahat dengan cukup. Selain itu juga ada kemungkinan kondisi ini bisa menjadi lebih parah sehingga membutuhkan penanganan medis. Sebelum kondisi tersebut menjadi parah, sebaiknya segera tangani anak yang mengalami asam lambung dengan langkah berikut ini:

 

1. Berikan anak makanan

Cara pertama yang bisa diperhatikan adalah dengan memberikannya makanan dan jangan biarkan perut anak tidak terisi alias kosong. Hal ini justru akan membuat rasa sakit yang dirasakan di perutnya akan menjadi lebih parah apabila tidak terisi makanan hingga sakit ke ulu hati. Oleh karena itulah agar bisa mengatasi asam lambung naik pada anak sebaiknya pastikan anak telah mengonsumsi makanan dan pastikan untuk memberikan jenis makanan bergizi yang bagus untuk mengatasi gejala asam lambung naik. Saat muncul gejala asam lambung, hindari untuk memberikan makanan dalam porsi besar tetapi cukup porsi kecil dalam waktu 2-3 jam sekali. Sehingga membuat perut tidak kosong karena sering diisi walaupun dalam porsi makan yang kecil.

 

2. Hindari jenis makanan dan minuman tertentu

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa sangat perlu untuk memberikan makanan bergizi ketika anak mengalami gejala asam lambung naik. Apabila memberikan jenis makanan dan minuman yang salah justru membuat kondisinya menjadi lebih parah. Oleh karena itulah pastikan juga untuk menghindari jenis makanan dan minuman seperti buah asam, cokelat, kafein, gorengan dan makanan berlemak, bawang putih, bawang bombay, makanan pedas, permen pedas, dan saos.

 

3. Menggunakan bantal saat tidur

Cara mudah selanjutnya adalah dengan anak mempunyai istirahat yang cukup. Akan tetapi juga pastikan untuk tidur dengan menggunakan bantal kepala agar membuat bagian dada dan juga kepala akan lebih tinggi dibandingkan lambung. Hal ini dapat mencegah asam lambung tidak naik apabila tidur menggunakan bantal. Apabila tidak menggunakan bantal akan membuat posisi asam lambung mudah naik, sehingga menyebabkan sakit kepala hingga dapat sesak dada saat bangun tidur bahkan juga dapat mengganggu tidur karena gejala tersebut.

 

4. Ajak anak bergerak

Tips terakhir untuk mengatasi asam lambung yang dialami anak adalah dengan mengajaknya untuk melakukan aktivitas fisik atau tetap bergerak. Buat anak banyak bergerak sehingga ajak untuk bermain diluar dan juga kegiatan lainnya. Jangan biarkan terlebih dahulu anak main gadget atau kegiatan lainnya yang membuatnya tidak banyak bergerak setelah mengalami asam lambung naik. Apabila banyak bergerak maka bisa membuat anak akan mudah lapar dan bisa makan dengan baik untuk mencegah asam lambung naik kembali dan perasaan tidak nyaman di bagian perut.

 

Di atas merupakan beberapa tips untuk atasi asam lambung naik bagi anak yang mengalaminya. Penting juga untuk segera memberikan obat yang aman dikonsumsi anak ketika mengalami gejala asam lambung naik. 


Seperti obat antasida yang sudah dikenal yaitu Promag. Merek ini terkenal menyediakan jenis beragam obat untuk gangguan lambung termasuk asam lambung naik yang aman dikonsumsi termasuk bagi anak dan ibu hamil.


Dan di saat anak saya mengalami asam lambung naik saya melakukan tips yang saya buat di atas untuk mengatasinya dan memberi obat promag juga, saya bersyukur karena dengan tips tersebut anak saya juga kembali sehat.


Akan tetapi jika keadaanya semakin memburuk saya tidak akan sungkan untuk membawanya ke dokter agar tidak semakin parah, dan tips yang ada di atas adalah langkah pertama saja. Mungkin sekian dulu tips dan informasi yang bisa saya berikan semoga bermanfaat untuk kamu beserta keluarga.



 

 



EmoticonEmoticon