Jumat, 17 Desember 2021

Trik Sukses Memulai Bisnis Ghost Kitchen Untuk Pemula

Selama masa pandemi Covid-19, ternyata banyak masyarakat yang beralih ke dalam dunia bisnis kuliner. Berbicara mengenai usaha, maka ghost kitchen ternyata sedang menjadi perbincangan hangat selama beberapa tahun belakangan ini. Sebenarnya konsep bisnis ini sendiri sudah popular di luar negeri tetapi baru booming disini. 

Disebut juga dengan ghost restaurant dimana ini merupakan restoran yang berfokus pada sistem penjualan makanan dan minuman secara online. Jadi nantinya, pelanggan tidak akan pernah menemukan adanya meja dan kursi buat makan. Sebab jika anda melakukan pemesanan di tempat, maka makanan atau minuman tersebut harus dibawa pulang. 

Trik Menjalankan Ghost Kitchen Untuk Pemula

Model usaha kuliner satu ini ternyata akan memberikan banyak keuntungan buat para pelakunya. Salah satunya adalah kesempatan mengeluarkan moda transportasi yang lebih terjangkau, cepat hingga mampu menghemat biaya operasional. 

Terlebih lagi, pebisnis tidak perlu buat mempekerjakan banyak karyawan ataupun pelayanan dalam jumlah banyak untuk melayani para konsumen yang datang. Tak hanya itu saja, anda juga tak akan pusing dalam memikirkan biaya buat melakukan dekorasi ruangan dengan konsep seperti apakah yang anda inginkan. 

Tertarik memulai bisnis ghost kitchen ini? walaupun bisnis ini terdengar cukup mudah karena anda tidak perlu mempunyai dapur luas hingga menyediakan dining room, tetapi untuk menjalankannya ternyata tidak boleh dilakukan sembarangan. Pasalnya apabila sampai salah langkah ternyata bisa menyebabkan kerugian. 

Nah, untuk itulah kami mempunyai beberapa tips yang bisa disiapkan terlebih dahulu jika ingin menjalankan usaha ini. 

1. Tentukan Dahulu Apa Yang Akan Dijual

Hal paling krusial yang harus anda perhatikan adalah dengan menentukan dahulu produk jualannya. Apakah akan menjual produk makanan atau minuman saja ataukah keduanya? Ini sangat penting diketahui agar memberikan kemudahan dalam mengembangkan bisnis. 

Tak sampai disitu saja, dengan mengetahui apa yang akan dijual ternyata akan berikan kemudahan dalam menentukan target pasar. Dengan begitu, target dalam berbisnis jauh lebih mudah didapatkan. 

2. Menentukan Lokasi Yang Strategis 

Tak bisa dipungkiri jika lokasi benar-benar akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan dari bisnis. Itulah mengapa pentingnya menentukan juga lokasi dari ghost restaurant yang akan dibangun tersebut. Tetapi tenang saja! Walaupun lokasinya strategis tetapi biaya lebih terjangkau dibandingkan restaurant fisik. 

Namun jika mempunyai dapur atau ruang rumah kosong maka dapat langsung disulap untuk dijadikan sebagai tempat produksi. 

3. Siapkan Peralatan dan Perlengkapan Untuk Produksi

Jika tempat sudah ditemukan, maka siapkan sekarang juga peralatan dan perlengkapan buat produksi. Untuk berhemat, cobalah gunakan peralatan yang ada di rumah sehingga bisa menghemat biaya pengeluaran. 

Mulai membeli peralatan atau perlengkapan yang belum dimiliki tetapi tetap ingat bahwa anda benar-benar membutuhkannya. Jangan membuang-buang uang hanya membeli barang kurang penting atau bahkan tidak digunakan sama sekali. 

4. Mulailah Melakukan Promosi

Agar bisnis dapat dikenal semakin luas, maka mulailah melakukan kegiatan promosi. Adapun kegiatan promosi sendiri sudah dapat dilakukan dengan mudah yakni melalui sosial media ataupun di situs pribadi. 

5. Kerja Sama Dengan Delivery Service

Saat ini, sudah banyak bisnis dengan konsep ini yang bekerja sama dengan delivery service. Disinilah, jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Dengan kerjasama inilah akan memberikan kemudahan bagi konsumen agar lebih mengenal bisnis anda semakin mudah. 

Menjalankan bisnis ini memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan agar dapat menghasilkan keuntungan besar. Itulah mengapa everplate.co.id hadir menjadi solusi bagi anda yang ingin memulai usaha dengan ghost kitchen ini.



EmoticonEmoticon