Jumat, 14 Januari 2022

Bukan Hanya untuk Perusahaan, Berikut 4 Manfaat Software HRIS untuk Karyawan


Software HRIS Indonesia merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Perangkat lunak tersebut dikenal dapat mempermudah pekerjaan di bidang human resource. Namun tidak hanya itu, ternyata software HRIS bisa bermanfaat untuk semua karyawan. Apa saja manfaatnya untuk para pegawai ? Yuk cek ulasannya berikut ini.


Manfaat Software HRIS untuk Karyawan

1. Absensi

Aplikasi human resource information system (HRIS) sangat berguna dalam absensi karyawan. Dimana para karyawan dapat melakukan absensi dari manapun mereka berada ketika sudah waktunya jam kerja. Hal ini tentu sangat berguna ketika perusahaan tengah memberlakukan work from home (WFH).

Sehingga data terkait kehadiran karyawan dapat diperoleh dengan tepat secara real time, meskipun saat itu perusahaan sedang WFH. Itu sangat memungkinkan sebab aplikasi HRIS kini banyak yang berbasis cloud dan bisa dibuka melalui browser. Bahkan tidak jarang aplikasi tersebut bisa diinstal langsung pada smartphone, sehingga memudahkan untuk melakukan absensi.


2. Cuti dan Izin

Selain melakukan absensi, software HRIS Indonesia juga bermanfaat dalam proses pengajuan cuti maupun izin yang diajukan karyawan. Sebab para pekerja dapat melakukan pengajuan secara langsung melalui sistem, tanpa perlu repot menghadap ke atasan atau bagian HR terlebih dahulu.

Umumnya aplikasi HRIS memang menyediakan fitur khusus seperti ini. Dimana selain dapat melakukan pengajuan, karyawan juga bisa melihat berapa banyak sisa cuti dalam setahun. Sangat praktis bukan ? Karena baik HR maupun karyawan itu sendiri tidak perlu repot mengingat berapa hari cuti yang telah diambil, atau berapa kali karyawan sudah izin tidak masuk kerja.


3. Integrasi Antar Karyawan

Seperti yang telah dijelaskan, sistem HRIS akan mencatat jadwal setiap karyawan. Mulai dari data kehadirannya, cuti, maupun izin. Sehingga integrasi antar karyawan pun dapat dilakukan dalam hal ini. Alhasil setiap pekerjaan bisa dihandle dengan baik, dan meeting dapat dijadwalkan secara tepat saat karyawan yang dibutuhkan bisa menghadirinya.

Selain itu, manfaat integrasi antar karyawan ini akan semakin terasa pada perusahaan multinasional yang memiliki karyawan dengan tanggal merah berbeda beda. Jadi karyawan lain dapat dengan mengetahui kapan kolega mereka masuk kantor atau tidak. Sehingga koordinasi antar karyawan pun berjalan lancar.


4. Pengumuman Perusahaan

Manfaat lainnya software HRIS Indonesia untuk karyawan yaitu sebagai tempat untuk menerima pengumuman perusahaan. Misalnya meeting penting, acara khusus yang perlu dihadiri oleh karyawan, maupun tanggal merah. Tentunya setiap karyawan tidak boleh melewatkan informasi tersebut. Dimana sistem HRIS dapat membantu untuk menyebarkan pengumumannya.

Berdasarkan ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwa penggunaan software human resource information system ini sangat berguna baik bagi perusahaan maupun karyawan yang bekerja di dalamnya. Itulah mengapa saat ini banyak software HRIS inovatif yang mulai bermunculan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, salah satunya seperti SPISy dari Sakura System yang hadir dengan fitur lengkap.



EmoticonEmoticon