Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah membuat kopi yang nikmat

 



Langkah membuat kopi yang nikmat ala-ala cafe dapat dipraktikkan sendiri di dalam rumah. Asal ketahui langkah dan ukuran yang cocok, bukan mustahil kopi yang Anda bikin senikmat racikan warung kopi.


Ada banyak sekali langkah menyeduh kopi yang dapat dilaksanakan. Tetapi, minimal 3 sistem menyeduh kopi ini sebagai favorite beberapa orang, yaitu sistem pour over atau seduh tuangkan, french press, dan drip atau tetes.


Saksikan : Langkah Simpan Teh yang Betul supaya Masih tetap Tahan lama dan Fresh Berikut langkah membuat kopi yang nikmat ala-ala cafe dengan ke-3 sistem penyeduhan itu.


1. Langkah Membuat Kopi Seduh Tuangkan (Pour Over)

Contoh. Langkah membuat kopi dengan sistem pour over (Unsplash/Pixabay) Pour over sebagai sistem menyeduh kopi dengan tuangkan (pour) air panas ke penyaring atau filter berisi bubuk kopi. Penyaringnya dapat memakai filter dengan bahan kertas, kain, atau metal.


Salah satunya argumen langkah seduh tuangkan atau pour over ini dicintai karena hasilkan kopi tanpa ampas dengan cita-rasa kopi yang halus. Berikut langkah membuat kopi yang nikmat dengan sistem pour over, mengarah situs EatingWell.



- Masak air sampai mendidih. Sesudah mendidih, api matikan dan biarkan air sepanjang 30 detik saat sebelum dipakai untuk menyeduh kopi.

- Persiapkan kopi. Bila memakai biji kopi utuh, giling sampai butirannya memiliki tekstur media grind atau sedang. Struktur gilingan media seperti pasir secara umum.

- Basuh filter kopi lebih dulu sama air panas. Mencuci filter ini perlu dilaksanakan untuk hilangkan endapan rasa dan wewangian pada filter, sekalian jaga kopi masih tetap panas semakin lama.

- Buang air yang dipakai untuk mencuci filter.

- Masukan 30 gr atau sama dengan 3 sendok makan bubuk kopi ke filter, yakinkan permukaan atasnya rata.

- Tuang air seperlunya secara perlahan-lahan di atas bubuk kopi, dimulai dari tengah sampai ke luar. Stop tuangkan air saat sebelum kopi mulai menetes.

- Tuang tersisa air secara perlahan-lahan, menjaga air dalam dripper di antara 1/2 sampai tiga perempat penuh.

- Apabila sudah, bebaskan filter lalu kopi siap dihidangkan.



2. Langkah Membuat Kopi French Press [



Contoh. Langkah membuat kopi dengan sistem french press (eliasfalla/Pixabay) Kopi yang dibikin dengan sistem french press hasilkan cita-rasa kopi yang natural serta kuat. Berikut langkah membuat kopi dengan french press.



- Masak 250 mililiter air lebih dulu.

- Bila memakai biji kopi utuh, giling sampai stabilitas gilingan kasar atau coarse. Hasil gilingan biji kopi upayakan seragam.

- Masukan 15 gr bubuk kopi ke pot press.

- Saat air telah ada pada suhu minimum 90-95° Celsius, tuang air ke pot press.

- Kemudian aduk sesaat lalu kenakan tutupnya dan pencet plunger sampai batasan atas kopi. Tidak boleh cepat-cepat untuk langsung memencetnya.

- Seterusnya, sesudah dinanti sepanjang 4 menit pencet plunger ke bawah.

- Sesudah usai dipres, kopi langsung bisa dihidangkan.


Jika Anda tidak merencanakan untuk selekasnya meminum, jangan dibiarkan kopi ada di pot press karena akan membuat sangat terasa pahit. Seharusnya, tuang kopi ke teko yang lain bila akan dicicipi kelak.



3. Langkah Membuat Kopi Tetes (Drip)


Contoh. Langkah membuat kopi dengan sistem drip (Photo: freemagebank) Drip ialah sistem membuat kopi dengan ekstraksi lewat tetes. Sistem drip ini memakai mesin pembikin kopi hingga lebih ringkas. Berikut triknya.


- Giling biji kopi sampai memiliki tekstur media grind atau sedang.

- Kenakan penyaring kopi, lalu tempatkan bubuk kopi ke penyaring atau filter berlapis filter.

- Tuang air sesuai batasan atau jumlah yang diharapkan, lalu pencet tombol on untuk menghidupkan mesin. Mesin kopi akan secara automatis mengolah kopi.

- Matikan mesin selekasnya sesudah kopi usai diseduh untuk menghindar rasa pahit.

- Tuangkan hasil salinan ke cangkir untuk dihidangkan.


Begitu langkah membuat kopi yang nikmat ala-ala warung kopi yang dapat dipraktikkan sendiri di dalam rumah.

Posting Komentar untuk "Langkah membuat kopi yang nikmat "