Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Aman Membeli HP secara Online


Berbelanja lewat online sekarang ini sudah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang. Selain bisa menghemat waktu dan biaya, hampir semua kebutuhan sudah tersedia di toko online. Mulai dari laptop, HP dan berbagai barang elektronik lainnya. Namun pembelian lewat toko online termasuk gampang-gampang susah, untuk itu Anda harus cermat dan teliti dalam memilih barang yang Anda butuhkan, termasuk ketika akan membeli HP. Karena Anda tidak bisa melihat langsung handphone-nya, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli handphone di toko online. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan.


1. Tipe HP yang dibutuhkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui tipe HP yang Anda butuhkan. Dengan mengetahui tipe HP yang Anda butuhkan, maka akan mempermudah Anda untuk melakukan observasi untuk mendapatkan toko online terpercaya yang menyediakan HP dengan harga terbaik ataupun yang bisa memberikan cashback atau diskon.


2. Mengutamakan toko resmi

Selain harga yang murah, hal penting lainnya dalam membeli HP secara online adalah memilih toko HP online terpercaya dengan reputasi yang bagus. Hal ini bisa dilihat dari ulasan pembeli sebelumnya. 

Selain itu, perhatikan kemanan transaksi pada online shop. Website toko HP online terpercaya biasanya memiliki https:// di bagian depan domainnya dan ada tanda gembok pada addres bar situsnya. Pilihan lain yang lebih mudah adalah dengan membeli HP di toko HP resmi yang kini ada di berbagai e-commerce seperti Shopee, Tokopedia atau Lazada.


3. Membaca deskripsi barang dengan cermat  

Ketika akan membeli barang di toko online terutama yang harganya mahal, biasakan membaca deskripsi barang tersebut terlebih dahulu. Toko HP online terpercaya biasanya akan menuliskan keterangan dengan lengkap mengenai spesifikasi HP, metode pengiriman sampai dengan kelengkapan yang akan diterima oleh pembeli dalam kolom deskripsi. Dengan membaca deskripsi dengan teliti, maka Anda akan terhindar dari kesalahan membeli barang.


4. Mendapatkan garansi resmi

Banyak pembeli yang kurang memeperhatikan tentang garansi HP yang dibeli secara online, sehingga garansinya tidak berlaku ketika HP dibawa ke service center resmi. Untuk itu sebaiknya hindari pembelian HP yang hanya memberikan garansi toko. Langkah paling mudah adalah dengan membeli HP di toko HP online terpercaya yang resmi atau official store. Dengan membeli HP di toko online terpercaya atau toko resmi, maka akan mempermudah proses pengurusan garansi ketika terjadi permasalahan pada HP.


5. Memilih metode pembayaran yang paling aman

Dari berbagai metode pembayaran, sepertinya metode pembayaran melalui transfer yang paling aman. Sebenarnya cara yang praktis dengan menggunakan kartu kredit, namun cara ini rawan terjadi pencurian data kartu kredit bila dibandingkan dengan transfer bank. Untuk mendapatkan HP dengan harga terbaik di toko HP online terpercaya, jangan lupa untuk menggunakan kode promo yang tersedia.


6. Gunakan opsi tambahan asuransi dalam pengiriman

Karena HP merupakan barang yang cukup mahal, maka tambahkan asuransi untuk menjamin keamanan HP yang Anda beli secara online. Biasanya ada tambahan biaya untuk asuransi ini, namun nilainya cukup kecil bila dibandingkan dengan kerugian yang Anda alami ketika HP mengalami kerusakan atau hilang saat proses pengiriman. Biasanya toko online HP terpercaya sudah menyediakan opsi penambahan biaya asuransi untuk pengiriman dalam pembelian HP. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi membeli HP secara online.

Itu tadi beberapa tips belanja online yang aman sehingga Anda akan terhindar dari kesalahan pembelian barang serta hal-hal lain yang tidak Anda inginkan. Intinya, teliti sebelum membeli. Untuk informasi selengkapnya klik cecklist.id

   


Posting Komentar untuk " Tips Aman Membeli HP secara Online"