Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Cat Interior Agar Rumah Semakin Nyaman


 

Memiliki rumah yang nyaman adalah dambaan semua orang. Agar rumah semakin nyaman untuk ditempati tentu saja harus diperhatikan dari sisi dekorasi terutama pemilihan cat tembok untuk interior rumah. Ternyata pemilihan cat interior tidak boleh sembarangan harus memperhatikan setiap area rumah. 

Bahkan perlu diketahui bahwa pemilihan warna cat untuk tembok dalam rumah tidak hanya berdasarkan warna tapi juga jenis ruangan bahkan pemilihan cat dasar. Berikut ini beberapa hal yang wajib diperhatikan saat pemilihan cat tembok untuk interior rumah. 

1. Warna Cat Berdasarkan Mood

Pertama Anda bisa memilih warna cat berdasarkan mood. Misalnya untuk ruangan kamar tidur pilih yang warnanya lebih adem agar membuat nyaman karena merupakan tempat istirahat. Anda perlu tahu bahwa pemilihan warna cat kamar yang tepat bisa mempengaruhi kualitas tidur. 

Untuk ruang makan juga bisa dibuat lebih formal dan lebih hangat warnanya seperti warna netral putih ataupun biru. Bagi yang ingin ruang tamu warnanya lebih semarak mungkin bisa pilih warna yang lebih berani. Lakukan diskusi terlebih dahulu untuk pemilihan warna cat interior rumah dengan anggota keluarga. 

2. Perhatikan Skema Warna

Pemilihan cat interior bisa juga dengan menyusun skema warna ruangan. Caranya adalah dengan memilih tiga warna dominan dari furniture yang ada di dalam rumah. Anda bisa memilih benda apapun yang memberikan kenyamanan dan punya hubungan emosional yang kuat. 

Bahkan bisa memilih warna cat berdasarkan warna taplak meja atau sarung bantal di kamar. Pemilihan warna sebaiknya jauh lebih kalem dari barang yang ada di rumah agar kesannya tidak terlalu tabrakan.

3. Warna Yang Tepat Untuk Ruangan Sempit

Untuk Anda yang memiliki rumah dengan ruangan minimalis ataupun sempit maka harus pilih warna cat yang tepat. Karena pemilihan warna yang tepat akan membuat hunian tampak lebih lega dan juga lapang. Bahkan bisa memberikan ilusi ruangan yang lebih besar dan luas. 

Caranya adalah dengan memilih warna cat dinding yang lebih lain untuk area memanjang dan pilih warna yang lebih gelap untuk area yang pendek. Lebih aman bisa pilih warna cat dinding dengan cool undertone. Alasan ini dapat membuat ilusi dinding berjarak lebih jauh dengan dinding lainnya.

4. Warna Netral Untuk Kenyamanan

Jika masih bingung juga memilih warna cat interior, maka bisa pilih warna netral saja. Warna netral tidak hanya membuat ruangan jadi nyaman tapi juga istimewa serta membantu anda untuk tidak salah pilih warna cat untuk bagian dalam rumah. 

Bahkan dengan pilihan warna cat dinding netral anda bisa memudahkan untuk dekorasi rumah. Apalagi bagi yang suka dekorasi minimalis maka pembelian warna netral sudah pasti sangat tepat.

5. Perhatikan Pencahayaan

Memperhatikan bagian pencahayaan juga penting saat ingin menemukan warna cat rumah yang tepat. Ketahui apakah ruangan di dalam rumah punya penerangan yang cukup pada siang dan malam hari karena bisa mempengaruhi tampilan warna cat. 

Bahkan pencahayaan bisa membuat warna cat yang sama jadi terlihat berbeda di ruangan dengan tipe pencahayaan berbeda pula. Dan untuk malam hari atau ruangan rumah yang memiliki pencahayaan kurang, pemilihan jenis bohlam juga akan membawa dampak. 

Misalnya pemilihan warna kekuningan akan membuat ruangan lebih hangat di malam hari sedangkan lampu fluoresen akan memberikan pesona cahaya dengan tone warna biru. 

Itu tadi beberapa tips dalam pemilihan cat interior. Bagi ada yang ingin mendapatkan produk cat tembok untuk interior dan juga eksterior maka wajib pilih dari merek Avian. Avitex dari Avian merupakan cat tembok untuk interior yang dibuat dari bahan resin terbaik. Bahan ini mudah menempel di dinding dengan sempurna dan bisa menghasilkan warna dengan tampilan matte bercitra tinggi.