Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Menghadapi Tes Assessment Center Agar Mendapatkan Hasil Terbaik



Assessment center pada dasarnya adalah proses penilaian yang akan dilakukan oleh assessor dalam menilai kualifikasi peserta, baik itu profil mereka sampai dengan mengidentifikasi bakat atau keunggulan yang dimiliki oleh peserta tersebut. Umumnya perusahaan akan mengadakan ujian atau tes assessment ini secara rutin, guna menemukan sosok-sosok baru yang terpilih memenuhi kualifikasi agar nantinya bisa menempati posisi atau jabatan tertentu di dalam dunia kerja.

Lembaga yang dipercaya untuk melakukan kegiatan assessment ini sendiri pada dasarnya juga tidak sembarangan, melainkan yang punya kualitas terbaik saja, serta memiliki tenaga assessor yang berpengalaman. Sehingga nantinya hasil yang diterima oleh perusahaan tersebut juga bisa lebih baik atau optimal. Nyatanya ada banyak karyawan atau SDM yang terkadang kurang siap ketika akan dilakukan pengujian yang satu ini, sehingga untuk hasil yang diterima juga tidak bisa optimal.

 Padahal sebenarnya penting untuk lulus tes assessment center jika seandainya Anda menginginkan jabatan atau posisi tertentu dalam perusahaan. Untuk itu maka sebelumnya harus tahu terlebih dahulu tips di dalam menghadapi tes ini, sehingga mendapatkan hasil optimal, yaitu:


  1. Ketahui kriteria penilaiannya, kebanyakan dari tes assessment ini nantinya penilaian atau assessor akan memberikan daftar penilaian yang sesuai dengan daftar yang telah ditentukan, sehingga sebenarnya kriteria ini sudah dibocorkan, Anda wajib tahu untuk menerka kira-kira apa yang ditanyakan serta apa yang harus dijawab dalam tes tersebut. sehingga bisa mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Daftar-daftar kriteria tersebut biasanya berupa atribut, kualitas sampai dengan kompetensi. 
  1. Bagilah waktu secara cerdik, management waktu pada dasarnya adalah hal yang penting untuk dilakukan disini. Karena kebanyakan peserta yang gagal adalah tidak mampu membagi waktu dengan bijak, mereka kehabisan waktu ketika melewati tahapan atau proses tersebut. jadi sebenarnya penting bagi peserta untuk membagi waktu atau punya time management sebaik mungkin, agar semua bisa diselesaikan dengan baik, jangan sampai gugup.
  1. Tenang, banyak orang ketika sudah menghadapi tes maka bawaannya adalah gugup, padahal sebenarnya ketika Anda grogi atau gugup maka isi pikiran akan langsung blank, akibatnya apa yang sudah direncanakan tidak dapat Anda terapkan. Jadi usahakan sebelum menghadapi tes in Anda harus selalu tenang.
  1. Tunjukkan semangat, nantinya assessor juga akan melihat kandidat yang menjalani tes tersebut, apakah semangat dalam melakukan tes ini ataukah tidak maka akan ikut mempengaruhi penilaiannya. Pastikan untuk punya motivasi serta semangat yang tinggi agar bisa menyelesaikan tes dengan baik. Komunikasikan dengan jelas mengapa Anda menginginkan posisi tersebut.
  1. Berdoa, jika usaha sudah Anda lakukan dengan maksimal, maka yang terakhir hanya bisa diserahkan pada keberuntungan Anda, itulah mengapa jangan lupa untuk berdoa, karena usaha tanpa doa sama artinya dengan sombong, begitu juga dengan doa tanpa usaha sama halnya dengan bohong.

Itulah setidaknya beberapa hal yang bisa Anda terapkan saat menjalani tes assessment center jika menginginkan hasil yang terbaik. Perusahaan yang mengadakan tes yang satu ini hendaknya juga memilih lembaga assessment yang benar-benar terpercaya, berpengalaman serta memiliki tenaga yang handal di bidangnya, seperti dari Prasmul-ELI yang sudah hadir selama lebih dari 30 tahun. Bahkan bukan hanya assessment saja, karena sebenarnya mereka juga memiliki layanan pelatihan bagi para SDM, lewat beberapa pilihan kelas yang ditawarkan. Cek informasi selengkapnya di https://prasmul-eli.co/id/programs/public-assessment-center-Programs