Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Kesehatan Tulang Yang Wajib Diketahui Sejak Dini


Adapun menjaga kesehatan tulang sangat wajib dilakukan sejak dini dengan melakukan berbagai tips sehat. Sejak masih muda, tulang harus dirawat agar terlindungi dan tidak mudah mengalami pengeroposan ataupun penyakit tulang lainnya. Sebab tentu saja tulang adalah bagian anggota tubuh yang punya peran penting.

Seperti diketahui, ketika tulang mengalami gangguan maka akan mengganggu fungsi tubuh lainnya. Bahkan ketika mengalami pengeroposan tulang, bisa terjadi gangguan penyakit sampai yang paling berbahaya adalah menyebabkan kelumpuhan. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan tulang.

1. Olahraga Rutin

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang adalah melakukan olahraga secara rutin. Olahraga jadi salah satu kegiatan yang bisa menunjang kesehatan tubuh dan termasuk pada bagian tulang. Seseorang yang malas berolahraga tentu saja akan mempengaruhi otot dan tulang menjadi semakin lemah.

Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa seseorang yang tidak rajin berolahraga dan menggerakkan tubuhnya maka cukup rentan mengalami masalah tulang, salah satunya osteoporosis. Olahraga yang disarankan adalah olahraga ringan dengan durasi waktu 150 menit per minggu atau 5 kali sesi selama 30 menit di setiap sesi.

2. Berjemur Di Bawah Sinar Matahari

Selain berolahraga, Anda juga bisa melakukan kegiatan berjemur untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin D. Karena seperti diketahui, sinar matahari adalah salah satu sumber vitamin D yang baik untuk memudahkan penyerapan kalsium.

Ketika tubuh mengalami kekurangan kalsium, sudah tentu cukup rentan terserang pengeroposan dan mengurangi kepadatan tulang. Anda bisa melakukan kegiatan berjemur di bawah terik matahari mulai jam 09.00 pagi sampai 2 siang dengan durasi waktu 20 sampai 25 menit. Anda wajib mengulangi kegiatan ini dua sampai tiga kali seminggu apalagi pada lansia.

3. Konsumsi Asupan Kalsium

Penting juga bagi Anda semua untuk mengkonsumsi banyak-banyak makanan yang punya kandungan kalsium tinggi untuk jaga kesehatan tulang. Adapun beberapa jenis minuman dan makanan yang punya kandungan kalsium adalah kacang kedelai, tahu, kacang-kacangan, olahan susu, kubis dan brokoli atau sayuran hijau serta makanan yang difortifikasi untuk penambah zat gizi.

Jika memiliki budget yang cukup, Anda juga bisa mengkonsumsi ikan salmon yang menjadi salah satu sumber kalsium yang bagus.

4. Konsumsi Vitamin Kesehatan

Selain mencukupi kebutuhan kalsium dengan mengkonsumsi makanan dan minuman, juga harus didukung dengan yang namanya suplemen vitamin kesehatan. Suplemen tambahan ini cukup baik untuk menjaga kesehatan tulang ditambah asupan makanan dan juga berbagai kegiatan lainnya.

Meski Indonesia sebagai negara tropis tapi tentu saja, ada besar kemungkinan bahwa setiap orang mengalami defisiensi vitamin D dan alami kekurangan kalsium yang membuat masalah kesehatan pada tulang. Suplemen atau vitamin kesehatan ketika dikonsumsi dapat mencegah defisiensi dan mempertahankan kesehatan tulang serta menjaga kekebalan imun. 

Adapun suplemen juga baik dikonsumsi bagi wanita yang sudah alami menopause untuk menjaga jaringan tulang agar tidak semakin lemah seiring terjadinya perubahan hormon. Kebutuhan asupan vitamin D untuk kategori orang dewasa adalah sebesar 15 sampai 20 mikrogram atau 800 sampai 1000 IU per hari. Lalu untuk kebutuhan kalsium dibutuhkan 1000 sampai 1200 mg kalsium per hari. 

Itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang. Apakah anda yang membutuhkan tambahan asupan suplemen vitamin kesehatan maka bisa konsumsi CDR Orange. Adapun suplemen ini sangat baik untuk kesehatan karena punya kandungan vitamin C, D, kalsium dan B6 dengan rasa jeruk yang segar dan enak untuk dikonsumsi. Suplemen ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan juga bisa dikonsumsi bagi ibu hamil serta menyusui.