Minggu, 27 Januari 2019

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Menurut Para Ahli



Cara mengatasi gigi ngilu telah dicari oleh banyak orang yang mengalami gigi ngilu dan merasakan nyeri yang luar biasa pada giginya. Hal ini wajar saja, sebab rasa sakit yang diakibatkan oleh gigi ngilu sangat menyiksa. Rasa ngilu yang muncul bisa sampai mengakibatkan area gigi terasa ngilu hebat, bahkan kepala terasa sangat pening.

Rasa ngilu pada gigi diakibatkan oleh kondisi gigi yang sensitif. Maka dari itu, ketika gigi terpapar suhu yang dingin atau suhu yang panas, maka area gigi akan terasa sangat ngilu. Hal ini disebabkan oleh adanya area tubuli dentin atau lapisan pelindung gigi yang terkikis. Akhirnya, saraf yang ada pada aera gigi tersebut menjadi terbuka dan mudah terpapar oleh berbagai rangsangan seperti panas, dingin, atau sentuhan.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Akibat Gigi Sensitif

Para ahli memberikan saran untuk mengatasi gigi yang terasa ngilu akibat gigi sensitif. Beberapa cara mengatasi gigi ngilu antara lain sebagai berikut:

    1.      Menggunakan Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

Cara mengatasi gigi ngilu bisa dengan menggunakan pasta gigi yang khusus ditujukan untuk penderita gigi sensitif. Pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif ini memiliki senyawa tertentu yang bisa membantu melindungi gigi sensitif. Oleh karena itu, ketika gigi terpapar rangsangan berupa panas, dingin, atau sentuhan, maka gigi tidak akan terasa ngilu.

     2.       Memilih Makanan dan Minuman yang Baik

Gigi sensitif memiliki pantangan untuk mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, sebab justru dapat mengakibatkan gigi sensitif menjadi lebih parah. Pantangan bagi orang dengan gigi sensitif adalah makanan dan minuman yang bersifat terlalu asam dan mengandung soda.

     3.      Hindari Menggertakkan Gigi

Sebagian besar orang memiliki kebiasaan untuk menggertakkan gigi-giginya, terlebih lagi pada saat tidur, dan dilakukan pada kondisi yang tidak disadari. Apabila kebiasaan menggertakkan gigi terus dilakukan, maka akibatnya adalah gigi bisa mengalami kerusakan yang lebih parah. Maka, salah satu cara mengatasi gigi ngilu adalah dengan menghindari kebiasaan menggertakkan gigi. Hal ini akan lebih baik jika Anda berkonsultasi kepada dokter gigi.

     4.      Memilih Sikat Gigi yang Lembut

Di lingkungan kita, telah umum terdapat sikat gigi yang lembut dan sikat gigi yang kasar. Bagi penderita gigi sensitif, maka akan sangat direkomendasikan untuk menggunakan sikat gigi yang lembut. Hal ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi gigi ngilu. Jika penderita gigi sensitif tetap menggunakan sikat gigi yang kasar, maka bisa jadi kerusakan gigi semakin parah.

Selain itu, cara menyikat gigi yang baik dan benar juga harus diterapkan. Menyikat gigi secara asal-asalan dan dengan gosokan yang keras akan sangat berbagaya bagi kesehatan gigi dan mulut.

     5.      Banyak Mengonsumsi Air Mineral

Rajin mengonsumsi air mineral merupakan salah satu cara mengatasi gigi ngilu. Dengan banyak mengonsumsi air mineral, maka kondisi keasaman pada mulut akan ternetralisir. Rajin berkumur juga bisa membantu menurunkan tingkat keasaman pada mulut, sehingga tidak akan merusak lapisan gigi.

     6.      Melakukan Perawatan Rutin ke Dokter Gigi

Perawatan rutin ke dokter gigi sangat penting untuk dilakukan, sebab tentunya dokter lebih memahami terkait dengan kondisi dan kesehatan gigi. Dengan ini, dokter akan memberikan penanganan serta memberikan konsultasi untuk menjaga kesehatan gigi Anda.

     7.      Selalu Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Cara mengatasi gigi ngilu yang paling utama adalah selalu tertib menjaga kesehatan mulut dan gigi. Penjagaan terhadap mulut dan gigi bisa dilakukan dengan rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari, yakni setelah sarapan dan sebelum tidur.



EmoticonEmoticon