Sabtu, 22 Juni 2019

Cara Mengatasi Alergi Pada Anak

Info Negeri - Alergi memang sering sekali dialami oleh anak-anak terutama anak usia dini karena kekebalan tubuhnya masih belum terbentuk sempurna ditambah lagi memang ada bawaan dari orangtua yang alergi. Alergi pada anak ini membuat banyak orang tua ketakutan, bingung harus diapakan, dan harus dibawa kemana. Jadi mari belajar yuk bu, mengenali anak alergi dan bagaimana cara mengatasi alergi.


Pertama kita kenali dulu anak dikatakan alergi itu yang bagaimana. Alergi pada makanan selalu muncul sesaat setelah anak mengkonsumsi makanan tersebut bisa muncul kemerahan pada kulit, diare, demam, bahkan sesak nafas.  Lalu jika alergi udara dingin, biasanya pagi hari anak akan bersin-bersin dan pilek kemudian akan hilang saat matahari mulai terik dan terasa hangat atau bisa berlanjut sampai beberapa hari dan bisa ditumpangi oleh infeksi virus atau bakteri. Sebenarnya penyebab alergi atau disebut alergen ya itu itu saja tapi pada tubuh tiap orang gejalanya beda-beda ada yang di kulit, hidung, mata, atau saluran pernafasan. Seperti saya beri contoh di atas maka akan berbeda lagi jika yanh terkena saluran pernafasan, jika terdapat pencetus misal dingin atau debu maka seseorang akan sesak dan mengi, itu yang disebut asma atau bahkan alergi makanan pun bisa sampai menyebabkam depresi saluran nafas dan meninggal. Jadi alergi memang bukan penyakit yang berbahaya tapi perlu diwaspadai karena jika mengenai saluran pernafasan dan tidak tertolong dengan cepat akan menimbulkan kematian.

Ada lagi yang paling berbahaya pada reaksi alergi yaitu alergi terhadap obat. Karena proses penyerapan obat oleh tubuh cepat maka jika menimbulkan reaksi alergi pun akan sangat cepat, baru saja selesai disuntikkan sebuah obat pada seorang yang alergi dapat langsung kehilangan kesadaran. Dan jika kita terlambat membawa ke layanan kesehatan makan bisa berakibat fatal dan bisa sampai meninggal. Jadi sekali lagi alergi adalah bukan hal yang sepele.

Setelah kita tahu bagaimana gejala-gejala yang ditumbulkan jika anak mengalami alergi, maka dengan itu kita bisa dengan sigap dan tanggap untuk menyelamatkan anak kita. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghindari pencetus. Jadi memang ibu-ibu harus memperhatikan betul apa-apa yang sedang dimakan anak kita, apa yang dipegang anak kita, kapan mulai muncul gejala alergi itu, setelah aktivitas apa, atau setelah minum obat apa. Dengan tau hal-hal itu ibu akan dengan cepat untuk menghindarkan pencetus dari anak dan dapat memohon bantuan kepada layanan kesehatan yang tepat.

Setelah dihindarkan dari pencetus, untuk kasus yang ringan biasanya dapat sembuh sendiri, tapi jika gejala yang ditimbulkan berat sampai mengganggu aktivitas anak atau sampai mengalami sesak nafas segera periksa ke layanan kesehatan atau dokter anak untuk mendapat penanganan, biasanya diberikan antihistamin dan anti alergi untuk mencegah tubuh terus-terusan bereaksi terhapat zat pemicu alergi yang dianggap asing oleh tubuh.

Setelah anak sembuh dari serangan alerginya, pastikan ibu-ibu mengingat betul bahkan kalau perlu mencatat pada buku khusus apa saja yang menyebabkan anak alergi dan pastikan jangan sampai anak anda terpapar zat alergen tersebut kembali. Dan yang tidak kalah penting misal anak ibu mengalami alergi terhadap obat tertentu maka setiap datang ke dokter sampaikan apa saja yang membuat anak anda alergi. Karena alergi obat adalah yang paling berbahaya bahkan menyebabkan kematian.


EmoticonEmoticon