Senin, 02 Desember 2019

Cara Menyimpan 9 Macam Bahan Makanan Agar Tahan Lama

Info Negeri - Agar tidak bolak balik ke pasar, ibu rumah tangga biasa membeli berbagai bahan masakan sekaligus. Untuk stok, katanya. Tidak ada yang salah dengan hal ini. Yang penting, kamu perlu tahu cara menyimpannya dengan benar agar bahan makanan tahan lama.

Memasukkan bahan makanan ke dalam kulkas saja tidak cukup. Setiap bahan makanan harus diberikan treatment berbeda sebelum disimpan. Selain itu, tidak semua bahan makanan cocok disimpan di dalam kulkas. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini cara menyimpan 9 macam bahan makanan di rumah. 



1.    Telur

Ketika membeli telur, ada kemungkinan kamu mendapatkan telur yang kondisinya bersih dan ada pula yang kondisinya kotor. Kalau telur yang kamu beli kondisinya sudah bersih, kamu bisa langsung menyimpannya di kulkas. Namun jika telur yang kamu beli kondisinya kotor, kamu perlu mencucinya terlebih dahulu sebelum disimpan. Telur bisa bertahan selama empat minggu sejak kamu membelinya.

2.    Daging

Untuk penggunaan jangka pendek, kamu bisa menyimpan daging dalam wadah tertutup di dalam kulkas. Tapi kalau daging tersebut akan kamu simpan dalam waktu lama, kamu harus menyimpannya di dalam freezer.

Sebelum disimpan dalam freezer, kamu perlu mencuci bersih daging tersebut terlebih dahulu. Kemudian potong daging sesuai dengan ukuran yang dimau dan tempatkan di wadah yang tertutup rapat. Untuk menghindari pembusukan di bagian tengah daging, kamu perlu memasukkan daging ke dalam kulkas untuk didinginkan sebelum memasukkannya ke bagian freezer.

3.    Keju

Keju bisa disimpan selama 2-4 bulan sejak kamu membelinya. Cara penyimpanannya cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukkannya ke dalam plastik atau alumunium foil yang kedap udara. Jangan taruh keju di dekat bahan makanan atau benda-benda yang memiliki bau tajam.

4.    Susu dan yogurt

Cara menyimpan susu dan yogurt hampir sama. Kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas dan susu atau yogurt yang kamu miliki bisa bertahan lama jika kemasannya belum dibuka. Namun jika sudah dibuka, sebaiknya segera habiskan minuman ini maksimal 2-3 hari setelah kamu membukanya.

5.    Brokoli

Cara menyimpan brokoli yang benar agar bisa bertahan lama adalah dengan cara mencuci bersih terlebih dahulu. Lalu, bungkus brokoli dengan menggunakan kitchen paper dan masukkan ke kantong plastik. Setelah itu, simpan brokoli di dalam kulkas agar tahan lama.

6.    Tauge

Sebelum disimpan di dalam kulkas, kamu perlu merebus tauge terlebih dulu kemudian tiriskan. Bungkus dengan kitchen paper, lalu masukkan ke dalam plastik dan simpan di dalam kulkas. Dengan cara ini, tauge bisa menjadi bahan makanan tahan lama yang bisa kamu gunakan beberapa hari ke depan.

7.    Jamur

Biasanya, sayur-sayuran perlu dicuci terlebih dulu sebelum disimpan. Namun untuk jamur, kamu tidak perlu melakukannya. Langsung saja bungkus jamur menggunakan kitchen paper, masukkan ke plastik, dan simpan di dalam kulkas.

8.    Apel

Kamu sebaiknya tidak menyimpan apel bersama buah-buahan lainnya. Jangan pula menyimpan apel di dalam lemari es karena akan membuat apel cepat busuk.

9.    Ikan

Cara menyimpan ikan dengan membersihkannya terlebih dahulu. Keluarkan isi perut ikan dan buang insangnya. Kemudian masukkan dalam wadah, beri perasan jeruk dan air garam, diamkan sebentar, kemudian tiriskan air dan darah yang tersisa. Lalu cuci ikan hingga bersih, masukkan ke dalam kantong plastik, dan simpan ke dalam freezer.

Nah, begitulah cara yang tepat menyimpan bahan makanan. Dengan menyimpannya secara benar, akan menjadikan bahan makanan tahan lama daripada disimpan sembarangan. Kamu bisa mengkonsumsinya hingga beberapa hari ke depan dan kondisinya masih bagus.


EmoticonEmoticon