Senin, 06 Januari 2020

Begini Tips Menata Meja Kantor Biar Rapi dan Nyaman



Bekerja membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi supaya tidak memengaruhi produktivitas. Namun, seringkali ada banyak hal yang memengaruhi seseorang saat bekerja, baik dari lingkungan kerja ataupun teman kerjanya. Selain itu, teknik seseorang dalam menata meja kerja juga menjadi salah satu faktor memengaruhi pekerjaan lho. Maka dari itu, usahakan untuk menerapkan tips menata meja kantor berikut ini supaya lebih fokus dan nyaman saat bekerja.

Jaga Meja Kerja Tetap Rapi dan Bersih

Jika Anda bekerja menggunakan fasilitas meja kerja, usahakan menjaga kebersihan dan kerapiannya. Sebab, secara tidak langsung meja kerja yang rapi akan membuat mood lebih bagus saat bekerja. Sebaliknya, meja kerja yang berantakan akan memengaruhi mood dan fokus seseorang dalam bekerja. Bagaimana dengan camilan saat bekerja?

Nah, jika Anda termasuk karyawan yang suka ngemil saat bekerja, usahakan untuk langsung membuang sampah atau sisa makanan tersebut ke tempat sampah. Jangan biarkan begitu saja di atas meja kerja. Akan lebih baik lagi jika tersedia tempat sampah di dekat meja. Untuk menjaga kerapian dan kebersihannya, luangkanlah waktu untuk membersihkan meja kerja secara rutin. Dengan demikian, selain lebih konsentrasi bekerja juga baik bagi kesehatan.

Pasang Dekorasi Hiasan di Meja Kerja Secukupnya

Meja kerja Anda sudah rapi dan bersih, namun tetap tidak bersemangat saat bekerja? Coba deh tambahkan beberapa hiasan dan pajangan di atas meja untuk meningkatkan semangat kerja. Cara menata meja kantor yang baik ini misalnya dengan memajang foto orang terkasih atau tanaman dengan pot mini di sisi komputer. Pastikan penataan hiasan atau dekorasi tersebut tidak mengganggu konsentrasi bekerja bahkan memenuhi meja kerja. Jadi atur penataannya dengan baik ya!

Singkirkan Barang yang Tidak Diperlukan

Tips menata meja kantor lainnya biar tetap rapi adalah memastikan barang-barang yang ada di atas meja berhubungan dengan pekerjaan saja. Jangan sampai meja kerja Anda terlihat penuh sesak karena barang-barang yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Kalaupun meja kerja penuh, cobalah untuk memisahkan barang-barang yang tidak diperlukan. Kemudian, pindah barang yang tidak diperlukan tersebut ke gudang, dibuang, atau dibawa pulang.

Perhatikan Penataan Barang

Cara menata meja kantor harus diawali dengan memerhatikan teknik penataan barangnya supaya lebih efektif dan efisien. Artinya, penataannya harus diupayakan sebagaimana rupa biar memudahkan saat bekerja dan mudah dijangkau ketika dibutuhkan. Sebagai contoh, untuk dekor atau pajangan sebaiknya diletakkan di tempat yang tidak mengganggu pekerjaan, kabel-kabel dirapikan, dan berilah ruang kosong pada meja biar tidak penuh dengan barang. Apabila hendak menyediakan tempat minum di atas meja, usahakan untuk memilih tempat minum yang tidak mudah tumpah dengan tutup yang aman sehingga tidak merusak dokumen atau peralatan elektronik lain. Hati-hati pula ketika menaruh gelas kopi di atas meja kerja karena rentan tumpah ketika tersenggol.

Rapikan Dokumen dan Alat Tulis di Meja Kerja

Barang-barang sudah dirapikan, namun tetap saja terlihat penuh? Coba gunakan tips menata meja kerja di kantor dengan merapikan dokumen di atas meja kerja. Mulai dari merapikan dokumen di meja kerja dan memasukkannya ke dalam map, kemudian pisahkan sesuai kebutuhan. Taruhlah dokumen tersebut ke tempat yang aman. Jika sudah dimasukkan dalam map, berilah label pada map untuk memudahkan pencarian dokumen ketika dibutuhkan. Biasanya, barang-barang yang kecil mudah terselip, maka kumpulkan barang-barang tersebut pada keranjang kecil untuk menyimpannya.

Sediakan Tempat Sampah di Sekitar Area Meja Kerja

Setelah menata meja kantor sehingga terlihat rapi dan bersih, ruang gerak lebih mudah, konsentrasi kerja lebih baik, selanjutnya adalah jaga supaya meja kerja tidak dipenuhi dengan sampah berupa kertas tidak terpakai, bungkus permen, dan sampah-sampah lainnya. Beberapa orang mungkin malas membuang sampah karena tempat sampah yang berada agak jauh dari tempat duduknya. Untuk mengatasinya, sediakanlah tempat sampah yang bagus di sekitar area tempat duduk. Dengan demikian, sampah di meja kerja bisa langsung dibuang lebih mudah tanpa perlu pindah posisi.

Nah, itulah beberapa tips menata meja kantor yang harus diperhatikan supaya tetap rapi dan nyaman. Terkadang, pemilihan model dan jenis meja kantor juga memengaruhi seseorang saat bekerja. Maka, pastikan hanya membeli meja kantor yang ergonomi di situs Bhinneka. Situs ini menyediakan beragam furnitur meja kerja yang berkualitas dengan harga terjangkau.


EmoticonEmoticon