Senin, 24 Agustus 2020

Perawatan Pasca Stroke untuk Terapi Fisik yang Bisa Diterapkan




Perawatan pasca stroke membutuhkan banyak jenis terapi yang bisa diberikan pada pasien sesuai dengan kondisi dan keparahan dari stroke yang dialami oleh pasien. Oleh karena itulah ketika akan memberikan perawatan penting untuk mengetahui kondisi pasien secara pasti, sehingga dari dokter bisa untuk memberikan jenis perawatan yang tepat. Pada umumnya terapi yang paling penting adalah terapi psikologi dan rekreasi yang mempunyai manfaat untuk dapat mencegah pasien depresi dan juga meningkatkan semangat pasien stroke. Selain itu salah satu terapi yang sangat penting untuk diberikan pada pasien adalah terapi fisik.

Terapi fisik sangat dibutuhkan karena pada umumnya pasien stroke akan mengalami gangguan yang menyebabkan melemahnya otot-otot pada tubuh. Sehingga hal tersebut membuat tubuh dan juga sendi pasien tidak dapat bergerak seperti dahulu. Karena stroke tersebut membuat koordinasi gerakan tubuh menjadi berkurang sehingga hal tersebut mengakibatkan pasien tidak dapat melakukan kegiatan yang dahulu dilakukan. Seperti misalnya kegiatan atau aktivitas fisik berjalan, berdiri, dan juga berbagai aktivitas fisik lainnya.

Adapun untuk beberapa jenis terapi fisik yang bisa diberikan pada penderita stroke adalah sebagai berikut ini:

1.    Jenis pertama adalah latihan kemampuan motorik karena kehilangan kemampuan untuk melakukan hal-hal dasar. Apabila terkena stroke maka pasien akan tidak dapat melakukan kegiatan yang dilakukan, sehingga hal tersebut membutuhkan latihan kemampuan motorik untuk dapat memperbaiki kekuatan otot dan juga koordinasi untuk gerakan.
2.    Latihan selanjutnya yang dibutuhkan adalah latihan menggerakkan tubuh. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan beberapa alat bantu yang dapat digunakan yaitu gelang kaki khusus, kursi roda, dan juga tongkat. Hal ini dapat membantu untuk memperkuat kaki dan juga belajar untuk berjalan.
3.    Terapi paksaan merupakan jenis yang dibutuhkan untuk memperbaiki fungsi karena anggota tubuh yang tidak dapat bergerak seperti biasanya.
4.    Terapi rentang gerak merupakan jenis latihan terakhir yang akan mempunyai beberapa latihan untuk dapat meringankan ketegangan otot pasien.

Dari berbagai jenis latihan terapi fisik di atas tentunya mempunyai fungsi untuk dapat membuat pasien post stroke dapat bergerak sehingga beraktivitas lebih baik. Dimana terapi fisik mempunyai manfaat untuk membantu dapat memperkuat otot tubuh karena terjadinya kerusakan otak yang dialami. Terapi fisik ini sendiri dilakukan oleh fisioterapi yang merupakan dokter spesialisis atau terapi. Apabila mengalami masalah lainnya juga pasien dapat menerima berbagai perawatan lainnya sesuai dengan gangguan yang dialami pasca stroke.

Bagi Anda yang membutuhkan perawatan untuk pasien stroke sendiri sekarang ini sangat mudah mendapatkannya karena bisa diakses secara online. Anda bisa menggunakan aplikasi Aido yang tidak hanya mudah mengaksesnya juga menawarkan layanan untuk dapat memberikan perawatan di rumah, termasuk juga untuk perawatan yang dibutuhkan untuk pasien stroke. Adapun bagi Anda yang membutuhkan terapi fisik dan juga terapi lainnya untuk pasien stroke dapat untuk menggunakan layanan post stroke dari Aido dengan menggunakan cara berikut ini:

1.    Langkah pertama untuk mendapatkan perawatan rehabilitasi stroke adalah dengan mengunduh aplikasi Aido yang bisa dengan mudah didapatkan di App store dan Google store.
2.    Langkah selanjutnya adalah dengan memilih jenis perawatan yang Anda butuhkan.
3.    Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran yang bisa memilih cara pembayaran yang disediakan.
4.    Langkah terakhir adalah dengan mengatur jadwal dengan pihak medis yang ada di Aido untuk mendapatkan perawatan untuk pasien stroke yang diinginkan.


EmoticonEmoticon