Sabtu, 10 April 2021

Yukk Raih 5 Keutamaan Puasa di Bulan Istimewa Ramadhan

 



 

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang paling istimewa di dalam agama Islam. Di bulan yang istimewa tersebut, umat muslim diminta agar memanfaatkan bulan Ramadhan dengan mendekatkan diri kepada Allah, memperbanyak ibadah, dan berdoa.

Beragam ibadah yang dilakukan di Bulan suci Ramadhan oleh Allah SWT akan dilipat gandakan pahalanya. Maka di bulan suci tersebut, orang yang beragama Islam tidak boleh melewatkan kesempatan untuk senantiasa memperbanyak ibadah dan amal solih. Tak hanya puasa, di bulan Ramadhan, umat Islam laki perempuan, tua muda, dan seluruhnya juga wajib menunaikan zakat. Zakat yang ditunaikan ini untuk mensucikan diri agar lebih dekat dan takwa kepada Allah.

Amal solih di bulan Ramadhan juga tidak boleh disia-siakan karena pahala yang diperoleh akan berlipat ganda. Anda sebagai umat Islam bisa memperbanyak sedekah dan infak kepada anak-anak yatim. Salah satu yang bisa anda jadikan tujuan sedekah dan infak anak yatim adalah di yayasan yatim di Purwakarta.

Lantas apa saja yang menjadi keutamaan bulan Ramadhan di dalam agama Islam? Yuk simak rangkuman berikut ini.

Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa ada lima keistimewaan yang ada di dalam bulan Ramadhan. “Di Bulan Ramadhan, umatku diberi lima keistimewaan yang tidak diberikan kepada umat-umat yang sebelumnya.” Diantara kenikmatan kelima tersebut, antara lain:

Nikmat pertama, bau mulut orang yang melaksanakan puasa di hadapan Allah SWT lebih baik apabila dibandingkan dengan minyak misik.

Oleh karenanya, sebagai umat Islam yang melaksanakan puasa tidak perlu risau dengan bau yang timbul oleh sebab puasa. Meskipun demikian, umat Islam tetap dianjurkan untuk membersihkan bagian mulut dengan bersiwak. Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi bau mulut dengan memperbanyak mengonsumsi air putih ketika berbuka puasa dan saat sahur.

Nikmat kedua, orang yang melaksanakan ibadah puasa akan dimintakan maghfiroh atau ampunan oleh para malaikat ketika waktu berbuka tiba.

Ini merupakan sebuah keistimewaan karena dosa-dosa yang selama ini dilakukan telah dihapus oleh Allah SWT.

Nikmat ketiga, selama bulan Ramadhan seluruh setan sedang dipenjara.

Oleh karenanya sebagai umat Islam diminta agar tidak bermalas-malasan dalam melaksanakan ibadah dan berbuat kebaikan. Namun apabila ada seseorang yang masih melakukan maksiat, maka itu adalah hawa nafsu yang tidak bisa dijaga oleh manusia itu sendiri.

Nikmat keempat, di bulan istimewa Ramadhan maka Allah memperindah mereka umat Islam yang sedang berpuasa. Itu artinya di bulan yang suci Ramadhan ini mempunyai nilai spiritualitas yang tinggi.

Nikmat kelima, pada akhir bulan suci Ramadhan, Allah SWT akan memberikan ampunan kepada hamba NYA yang tulus ikhlas berpuasa. Dengan demikian, orang-orang yang telah menjalankan ibadah puasa dengan hati yang khusyu dan ikhlas berhak memperoleh ampunan dari Allah SWT.

Kesempatan di bulan Ramadhan ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Sebab selain memperoleh ampunan dosa, kita umat Islam memiliki kesempatan meraih pahala yang berlipat ganda. Sederet keistimewaan di bulan Ramadhan bisa diraih dengan cara yang sungguh-sunguh dan berlomba-lomba memperbanyak amalan yang berpahala seperti bersedekah dan infak kepada saudara yang membutuhkan.

Setelah mengetahui keistimewaan di bulan Ramadhan, memperbanyak amal ibadah dan sedekah. Karena di bulan istimewa ini pahala akan dilipat gandakan. Banyak sekali di luar sana orang yang kurang beruntung dan membutuhkan uluran tangan sesama. Anda bisa memberikan uluran bantuan dan sedekah melalui yayasan di Purwakarta.


EmoticonEmoticon