Sabtu, 04 Desember 2021

Kenali Invetasi Jangka Panjang, Bagaimana Peluang dan Resikonya ?

 


Apa yang sedang anda pikirkan saat mendengar kata investasi jangka panjang? Tentunya yang terpikir pertama adalah sesuatu yang berhubungan dengan uang. Tidak salah memang, karena investasi adalah suatu hal yang berhubungan dengan uang. Walau tidak selamanya investasi itu berbentuk uang, tetapi uang merupakan mediator untuk beli atau ambil produk investasi yang diharapkan.

satu hal lagi yg perlu diperhatikan saat berinvestasi adalah konsep kehati-hatian. jangan sampai anda keliru memilih produk investasi lantaran setiap investasi pasti terdapat resikonya masing masing. umumnya, investasi dapat berupa upaya buat menghabiskan waktu, uang, atau tenaga buat membuat manfaat atau keuntungan pada masa depan. oleh karenanya, investasi dapat didefinisikan menjadi upaya untuk memperoleh sesuatu yg diinginkan pada masa depan. 

 

COBA APLIKASI PENGHASIL UANG 2021



 

jadi apa yg sebenarnya anda inginkan dari investasi ini? beberapa orang  banyak yang percaya bahwa berinvestasi merupakan salah satu langkah terbaik untuk menjaga aset anda tetap aman. menggunakan investasi, orang berharap akan terdapat keamanan finansial di masa depan. 

 

Motivasi berinvestasi jangka panjang

 

memang terdapat perbedaan jenis & langkah berinvestasi. ada yg berpendapat bahwa investasi adalah persiapan pensiun (sebagai dana purna tugas). terdapat juga yg melakukan hal tersebut menggunakan membeli rumah yang nilai jual rumah/tanahnya tidak pernah turun. namun banyak juga orang yang berinvestasi buat membiayai pendidikan anaknya atau biaya  pernikahan.

dalam survei (investmentopedia), terungkap bahwa yg paling banyak didominasi, yakni sekitar 47,1% responden, berinvestasi buat membeli tempat tinggal  . disusul oleh posisi ke 2, dengan lebih kurang 29,68% responden menyatakan bahwa investasi tersebut didesain sebagai dana pensiun. lalu di tempat ketiga dan keempat adalah mereka yang menginvestasikan dana buat pendidikan anak & memilih biaya  pernikahan buat 12,9% responden dan 10,32% informan.

apabila ingin disederhanakan lagi, maka attachment dapat dibagi sebagai 2 jenis primer. Diantaranya investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. investasi jangka pendek hanya membutuhkan waktu yang singkat, yaitu kurang dari 1 tahun dengan tujuan yang sama, yakni inginmendapatkan sebuah keuntungan. umumnya, investasi jangka pendek dijual pada orang atau perusahaan lain. sedangkan investasi jangka panjang merupakan investasi aset pada jangka waktu yang lebih lama. Yang jelas, jika melakukan investasi jangka panjang selain resiko yang didapatkan besar maka juga menhgasilkan keuntungan yang tinggi.

Ini tidak sama dengan investasi jangka pendek yg akan dipasarkan, jadi investasi jangka panjang umumnya tidak akan laku  selama setahun. faktanya, ada banyak investasi jangka panjang yang tidak pernah menjual sama sekali. jadi bersabarlah, karena potensi pengembalian investasi jangka panjang sangat tinggi.

 

Lima Macam Investasi jangka Panjang

 

setidaknya ada lima bentuk investasi jangka panjang yang perlu kalian ketahui. adapun terdapat  lima bentuk investasi jangka panjang yg bisa menjadi opsi: investasi saham, emas, real estat, obligasi, dan reksa dana. investasi jangka panjang ini tidak hanya menghemat hemat, akan tetapi juga dalam menjaga asset di masa depan. diasumsikan bahwa semakin dini atau muda anda berinvestasi, semakin banyak keuntungan yg dapat anda peroleh nantinya.

 

Berikut Opsi Investasi:

 

1.     Investasi Saham

 


padahal, masyarakat sering memakai jenis investasi saham ini, kenapa? berinvestasi dengan menggunakan saham memiliki banyak manfaat yg menjadikannya menjadi investasi jangka panjang yg baik. saat berinvestasi saham, anda tidak harus mengelolanya misalnya berinvestasi pada real estate atau usaha. faktanya, saham bisa terapresiasi secara signifikan dalam jangka panjang.

anda akan mendapatkan dividen dari laba perusahaan yang sahamnya memiliki likuiditas yang tinggi berinvestasi menggunakan saham sama halnya berinvestasi dalam ekonomi.

tidak peduli berapa banyak uang yg anda tambahkan ke dalam saham, anda tetap mempunyai perusahaan, meskipun jumlahnya sedikit. saham menjadi bukti bahwa seseorang mempunyai perusahaan. dengan demikian, anda berhak mendapat dividen atau saham dari keuntungan yang dibagi setiap tahun oleh perusahaan. pemula kini   disarankan buat menentukan hanya saham bluechip buat menjaga keamanan investasi mereka. apakah ini saham bluechip? saham bluechip adalah jenis saham terbaik pada beberapa perusahaan berkinerja terbaik. juga, perusahaan dipercaya baik pada pasar dan memiliki reputasi yang stabil pada jangka waktu yang lama.

 

2. investasi emas

 


 

emas merupakan investasi yg menguntungkan lantaran lebih stabil & tidak mengalami inflasi. berinvestasi dalam emas memang dianggap menjadi investasi jangka panjang yg layak. Selain itu berinvestasi emas juga bisa dipakai terutama bagi para investor pemula yang baru memulai inestasi.

langkah-langkah berinvestasi emas juga cukup sederhana. meskipun triknya sederhana, anda perlu memastikan bahwa anda memiliki penyimpanan yg aman buat menghindari hal-hal jelek. Oleh karena itu anda harus tetap waspada lantaran semakin banyak pemain yg memperlihatkan emas palsu. jadi berhati-hatilah dan kita akan belajar bagaimana membandingkan emas asli dan palsu menggunakan cermat agar tidak tertipu oleh emas palsu.

 

3. investasi real estat

 


 

banyak investasi real estat, dan emas dan saham, dikendalikan dan dikelola oleh masyarakat. Salah satunya adalah berinvestasi pada model tempat tinggal   yg terbukti menunjukkan banyak laba di masa depan. nilai tempat tinggal  /tanah akan semakin tinggi lantaran nilainya bisa dipastikan setiap tahun.

berdasarkan perkiraan kasar, nilai investasi pada real estate cenderung semakin tinggi setiap tahun dan mencapai 20%. ditegaskan bahwa hanya mereka yg berkantong besar  yang mencoba berinvestasi pada sektor real estate ini. tetapi mengingat harganya yg mahal, laba atas investasi ini tentu saja juga menarik.

 

4. Obligasi

 

jenis investasi ini biasanya sangat digemari oleh sebagian pelaku usaha dan investor. apakah ini tautan? obligasi sebagai surat utang yang dialihkan oleh peminjam pada pemberi pinjaman. Dalam isi surat ini akan mencantumkan nama anda serta tanggal pembayaran utang. dalam kewajiban utang, ada bunga menjadi kewajiban utang. Pada umumnya, investasi obligasi mempunyai jarak dari 1 tahun sampai 10 tahun kedepan.

 

5. Reksa Dana Saham

 


 

faktor ini adalah salah  satu argumennya yg mendukung penjualan. jadi berinvestasi saham berguna bagi sebagian investor pemula yang belum begitu paham perkara berinvestasi saham tetapi ingin mencoba bermain saham. misalnya saham, ada konsep risiko tinggi & pengembalian tinggi. buat memulainya, menurut 6 jenis investasi jangka panjang yang dijelaskan pada atas, anda perlu berhati-hati dalam memilih pilihan investasi & memastikan anda memiliki dana yang tepat untuk diinvestasikan. anda mungkin dilarang menggunakan uang buat investasi buat tujuan lain.

 

risiko berinvestasi jangka panjang

Meskipun mempunyai keuntungan, namun anda sebagai investor perlu waspada. Karena setiap investasi pasti terkait dengan bermacam risiko. Saat melakukan investasi jangka panjang, konsep risiko yang dihadapi akan semakin tinggi risiko dalam investasi.

memperhatikan konsep high risk dan high return adalah jenis konsep  yang harus diperhatikan oleh sejumlah investor. Selama mereka bisa mengatasinya, ROI akan sebanding dengan hasil yang dicapai nantinya. investasi jangka panjang, setidaknya terdapat enam risiko yang harus dipahami. Ini adalah: risiko pasar, risiko suku bunga, risiko inflasi, risiko likuiditas, risiko nilai tukar dan risiko negara.

  

1. Resiko pasar

risiko yang terdapat timbul menurut adanya sensitivitas keuangan, acapkali dianggap menjadi risiko terstruktur. hal ini selalu dirasakan oleh investor & tidak bisa dihindari. bahkan pada tingkat ekstrim, investor bisa menghadapi yang terburuk: kehilangan kapital. jadi beberapa hal seperti rumor negatif, perubahan cuaca politik, kekacauan & krisis ekonomi mensugesti jadwal pasar. menjadi contoh, efek menurut pandemi virus covid-19 yang melanda tidak hanya indonesia namun seluruh dunia. dampaknya terhadap pasar menyebabkan semua aktivitas ekonomi dunia anjlok, mulai berdasarkan jatuhnya beberapa saham hingga melonjaknya nilai rupiah terhadap dolar. hal ini menyebabkan kekhawatiran pada antara beberapa investor, dan mereka mulai menarik sebagian besar  dana mereka agar nilai investasi mereka tidak semakin terdepresiasi. investor tidak perlu risi menggunakan situasi ini. lantaran biasanya hanya dalam ketika kondisi pulang normal, maka semua harga akan kembali konstan.

  

2. Risiko suku bunga

risiko suku bunga adalah bagian nisbi berdasarkan bunga. hal ini ditimbulkan oleh risiko perubahan suku bunga di pasar. sejauh ini, hal tadi tidak serta merta mempengaruhi porto investasi. umumnya, saat suku bunga naik, harga obligasi turun dan sebaliknya. contohnya, jika suku bunga obligasi 8-10%, pemerintah akan menerbitkan sukuk ritel menggunakan suku bunga 13%.  Oleh karenanya, tentunya investor semakin tertarik menggunakan sukuk ritel per negara.

 

3. Resiko inflasi

risiko inflasi muncul saat jumlah uang yang dibagikan, sebagai akibatnya harga konsumen naik & daya beli rakyat menurun. ini sering diklaim menjadi risiko daya beli. inflasi ini mengakibatkan nilai tunai menurun. misalnya, 40% menurut portofolio kas investor adalah rp 10 juta. berikutnya adalah inflasi yang mencapai lima% karena ini berarti investor akan kehilangan nilai portofolio rs 2 juta per tahun karena inflasi.

 

4. Risiko likuiditas

risiko likuiditas ini timbul dari sulitnya mengamankan dana dalam jangka saat tertentu. suatu produk dikatakan likuid jika tidak terdapat pasar yang siap buat membelinya. umumnya, risiko likuiditas ini timbul di pasar bervolume rendah atau pasar baru. oleh karena itu, investor wajib  lebih berhati-hati ketika berinvestasi pada pasar yang masih relatif baru.

 

5. Risiko nilai tukar

risiko nilai tukar mata uang asing dikaitkan dengan nilai tukar rupiah pada mata uang asing. ini diklaim risiko nilai tukar atau risiko nilai tukar mata uang asing. dinamika nilai tukar di pasar menaikkan risiko nilai tukar atau nilai tukar. misalnya, investor harus menggunakan Poundsterling saat berinvestasi. dalam waktu yg sama, nilai tukar rupiah terhadap Poundsterling jatuh, sebagai akibatnya investor harus membelanjakan rupiah dalam jumlah akbar. akibatnya, investor wajib  dapat membiasakan diri dengan peluang yang muncul dari interaksi 2 mata uang sebelum menetapkan investasi jangka panjang.

 

6. Resiko negara

risiko negara atau country risk merupakan risiko yang terkait menggunakan beberapa hal yg berkaitan dengan politik pada suatu negara. investasi mungkin gagal ketika desas-desus politik mengguncang negara; dalam hal terjadi penggulingan pemerintah yg absah atau perebutan kekuasaan, kekacauan, pasang surut kerjasama antar negara bahkan lebih parah. oleh karenanya, investor wajib  berpikir matang dan membaca situasi politik waktu ini sebelum memutuskan buat berinvestasi di negara tertentu.

kelima risiko tersebut adalah hal yang nir dapat ditangani oleh investor. lantaran sepenuhnya dikendalikan oleh faktor eksternal. kondisi yg tidak menentu bisa mensugesti nilai investasi jangka panjang.

 

Taktik sukses investasi jangka panjang

 

1. tentukan investasi jangka panjang yang dimengerti

lihat secara lebih jelasnya investasi mana yg akan dilakukan. jangan sampai nanti bisa menyebabkan kerugian yg sangat besar . misalnya, bila anda mulai berinvestasi di saham, anda harus sangat menyadari laba atas investasi tadi.

 

2. mulai investasi jangka panjang sesegera mungkin.

salah satu taktik yang dipakai warren buffett ketika berinvestasi saham merupakan mulai berinvestasi sesegera mungkin. semakin lama   uang diinvestasikan, semakin besar keuntungan yang akan didapatkan. jadi jangan ragu buat mulai berinvestasi dari awal. karena berinvestasi dapat melindungi aset anda pada masa depan.

 

3. kemampuan beradaptasi dan kesabaran

taktik penyesuaian kesabaran ini tampaknya sepele. tetapi dalam kenyataannya, investasi jangka panjang membutuhkan banyak kesabaran. petunjuk buat menerima lebih banyak keuntungan. karena tanpa kesabaran, anda bisa berhenti berinvestasi di tengah jalan. investasi jangka panjang sangat dianjurkan bagi mereka yg ingin melindungi & menaikkan asetnya di masa depan. tanpa investasi, uang dan aset yg anda miliki waktu ini bisa segera habis.

 

COBA APLIKASI PENGHASIL UANG 2021


 

 


EmoticonEmoticon