Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Memilih Sekolah PAUD untuk Anak di Masa Pandemi

Sekolah PAUD memiliki manfaat yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Itulah mengapa banyak orang tua yang mendaftarkan anaknya ke PAUD meskipun pendidikan ini termasuk non-formal dan tidak tidak wajib. Akan tetapi, masa pandemi membuat para orang tua menjadi was was untuk mendaftarkan buah hati. Tidak perlu khawatir, tips berikut bisa anda terapkan pada kondisi ini.


Memilih PAUD di Masa Pandemi

1. Mencari Lingkungan PAUD yang Kondusif

Bagi anda yang ingin mendaftarkan anak di sekolah offline, pastikan mencari lingkungan PAUD yang kondusif. Yang mana kondusif di sini yaitu dalam artian tidak terlalu panas, tidak di depan jalan raya persis, dan jarang ada pedagang yang berjualan di area luar sekolah. Untuk anak usia masuk PAUD, hal tersebut sangat penting.

Sebab anda bisa meninggalkan anak di PAUD dengan tenang tanpa perlu merasa khawatir ketika jam pelajaran berlangsung. Mengingat bahwa suasana lingkungan di sekolah yang anda pilih sudah kondusif. Sehingga cukup aman untuk meninggalkan si kecil selama jam pelajaran dilakukan.


2. Pilih Lokasi yang Dekat dengan Rumah

Orang tua sebaiknya memilih sekolah PAUD yang lokasinya dekat dengan rumah. Bahkan meskipun tidak sedang pandemi, hal ini perlu diterapkan. Alasannya adalah supaya anak lebih bersemangat bersekolah tanpa perlu berlama lama di perjalanan. Orang tua pun dapat memantau si kecil dari rumah dengan nyaman tanpa harus menunggu seharian di sekolah secara langsung.

Ditambah lokasi yang dekat dengan rumah tentunya membuat anak lebih familiar dengan lingkungan tersebut. Atau bisa jadi anak bahkan satu sekolah dengan teman sebayanya yang merupakan tetangga dekat rumah. Pastinya beberapa faktor seperti ini akan membuat si kecil lebih semangat untuk pergi belajar di PAUD.


3. Metode Belajar

Karena saat ini sedang masa pandemi, penting bagi orang tua untuk memperhatikan metode belajar yang diterapkan di PAUD pilihan. Kalau bisa, sebaiknya pilih yang menerapkan sistem campuran antara offline dan online. Sebab kegiatan belajar mengajar offline sekarang belum sepenuhnya dapat dilakukan secara optimal.

Sehingga adanya pembelajaran online diharapkan bisa mendukung KBM agar lebih maksimal. Akan tetapi, jangan lupa mencari tahu bagaimana kira kira jalannya kelas online pada sekolah tersebut. Pastikan kelasnya menarik supaya anak lebih semangat. Sebab anak PAUD tentunya akan lebih sulit untuk beradaptasi dengan gaya belajar seperti itu.


4. Kualitas Pengajar

Meskipun sekolah PAUD memang belum sepenuhnya belajar, bahkan anak cenderung lebih banyak bermain. Namun kualitas pengajar tidak boleh anda sepelekan begitu saja. Karena PAUD bukan hanya sekadar tempat penitipan anak saja. Jadi pastikan bahwa tenaga pengajar memang merupakan guru profesional yang bisa mengajar anak dengan sabar dan perhatian.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika memilih Pendidikan Anak Usia Dini. Karena saat ini masih pandemi, pendidikan seperti yang diterapkan Sekolah Murid Merdeka (SMM) bisa menjadi pilihan tepat. Menerapkan sistem pengajaran offline dan online dengan kelas yang menarik, SMM menyediakan jenjang PAUD untuk buah hati anda.


Posting Komentar untuk " 4 Tips Memilih Sekolah PAUD untuk Anak di Masa Pandemi"