Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Resep Makanan Rumahan yang Wajib Anda Coba

 


Masak sendiri di rumah benar-benar sangat membahagiakan, beragam menu dapat kita coba sesuai selera. Tetapi pasti kerap mendapati titik di mana kebingungan ingin masak apa ini hari kan?

Nach, hal tersebut tak perlu dikawatirkan, karena berikut ada 10 referensi resep olahan setiap hari yang selainnya gampang dan sederhana, rasanya juga juga nikmat. Langsung dibaca di bawah ini. 

1. Resep tumis kangkung

Resep olahan setiap hari yang pertama ialah oseng kangkung. Oseng kangkung sering menjadi anda yang keluarga, selainnya nikmat, langkah membuat benar-benar simpel, beriktu ini triknya.

Bahan Resep:


Langkah membuat:


Cara 1, mengoseng: Lumatkan bahan bumbu lembut, lalu oseng di wajan sampai wangi.

Cara 2, masukan bahan khusus: Sesudah tumisan wangi, masukan cabai merah, tomat, gula, dan garam. Aduk sampai rata.

Cara 3, masukan kangkung: Masukan kangkung. Pakai api besar, aduk-aduk sampai layu.

Cara 4, tuangkan air: Sesudah kangkung layu tuangkan air, aduk sampai rata dan masak sesaat. Janganlah lupa revisi rasa. Apabila sudah cocok, angkat dan suguhkan.

2. Resep Sop Ayam Bening

 
Sop ayam bening benar-benar pas dihidangkan saat siang hari dengan nasi panas. Ditanggung begitu nikmat.


Bahan Resep:


Langkah membuat :


Cara 1, rebus ayam: Cara yang pertama ialah rebus ayam sampai empuk di atas api sedang.

Cara 2, mengoseng bumbu: Sekalian menanti rebusan ayam, panasi wajan dan lelehkan margarin, lalu oseng bawang putih, sampai kekuningan selanjutnya masukan ke air rebusan kaldu.

Cara 3, masukan sayur: Cara setelah itu masukkan sayur seperti wortel, kentang lalu buncis, dan dipertambah bumbu kaldu ayam instant. Masak sampai masak di atas api yang kecil. Janganlah lupa tambah daun bawang dan daun seledri.

Cara 4, Suguhkan: Sesudah masak, langsung bisa dihidangkan di dalam mangkok lalu tabur dengan bawang merah goreng.
  

3. Resep Ayam Goreng Mentega

Ayam goreng sering menjadi anda yang keluarga, semakin lebih nikmat bila dikreasikan jadi ayam goreng mentega.

Bahan Resep:


Langkah membuat:


Cara 1, membersihkan ayam: Bersihkan ayam bersih ayam lalu baluri dengan perasan jeruk nipis biarkan 10 menit, bersihkan kembali sampai bersih.

Cara 2, ungkep ayam: Ungkep ayam berbahan bumbu lembut yang telah dilumatkan sampai empuk / sampai air habis.

Cara 3, goreng ayam: Goreng ayam dengan api besar sesaat saja, janganlah sampai kering, angkat, pinggirkan.

Cara 4, mengoseng: Oseng bawang putih dengan sedikit minyak sampai wangi, masukan bawang bombay dan jahe oseng kembali hingga wangi.

Cara 5, tambahkan bumbu: Masukan kecap manis, kecap inggris, garam dan gula.

Cara 6, masukan ayam: Masukan ayam, perasan jeruk limo dan mentega aduk sampai rata (bisa dipertambah air seperlunya) lalu masak sampai air kering atau kuah menyerap dan mengental

Cara 7, revisi dan suguhkan: Revisi rasa, apabila sudah cocok, api matikan lalu suguhkan.
  

4. Resep Telur Balado

Banyak stock telur di rumah? Dapat dibikin telur balado yang nikmat bila dihidangkan dengan nasi putih hangat. Berikut resepnya.

Bahan Resep:


Langkah membuat :


Cara 1, rebus telur ayam: Masukan telur di panci yang telah diisi air seperlunya lalu rebus sampai masak sekitaran 12-15 menit. Sesudah masak janganlah lupa kupas telur. Pinggirkan sesaat.

Cara 2, goreng telur: Panasi minyak dalam wjaan memakai api sedang lalu goreng telur yang telah dikupas barusan sampai sisi luarnya berwarma kekuningan. Angkat dan keringkan dahulu.

Cara 3, buat bumbu telur balado: Campur bahan bumbu lalu lumatkan. Untuk melembutkan dapat memakai jus atau dengan diulek. Yakinkan semua bumbu lembut.

Cara 4, oseng bumbu lembut: Oseng bumbu lembut dengan memakai 3 sendok makan minyak goreng lalu tambah jahe, lengkuas dan sereh yang digepuk. Tumislah sampai keluarkan berbau wangi.

Cara 5, buat telur balado: Jika tumisan bumbu telah wangi, masukan telur yang telah ditiriskan barusan. Teruskan dengan mengoseng sampai bumbu menyerap, umumnya cukup 5 menit saja. Kemudian dapat diangkat lalu dihidangkan. 

 

5. Resep Sayur Asem

Resep olahan setiap hari setelah itu sayur asem yang beri kesegaran. Langkah membuat pun tidak susah kok, berikut resep dan beberapa langkahnya.

Bahan Resep:


Panduan Resep:


Cara 1, lumatkan bahan bumbu lembut: Persiapkan cobek lalu ulek seluruh bahan bumbu lembut. Kemudian pinggirkan dahulu.

Cara 2, potong sayur: Potong bahan khusus sayur asem, seperti terong, labu siam, jagung manis, kacang panjang dan nangka muda. Potong sesuai selera, tetapi tidak boleh terlampau besar.

Cara 3, rebus air: Mengambil panci lalu rebus air sampai mendidih. Masukan labu siam, melinjo, jagung manis, dan nangka muda. Masaklah sampai empuk, lebih kurang 20 menit.

Cara 4, masukan bahan lain: Jika sudah empuk, masukan bahan yang lain seperti terong, asam jawa, kacang panjang, kacang tanah, daun melinjo, daun salam, lengkuas yang telah di gepuk, dan paling akhir ialah bumbu lembut barusan.

Cara 5, masak sayur asem: Masak sayur asem sampai masak. Janganlah lupa untuk mengaduknya supaya tercampur semua. Sesudah masak, angkat dan suguhkan bersama nasi putih hangat dan lauk yang lain.

Itulah 5 resep olahan setiap hari yang bisa saja opsi menu terbaik keluarga. Selamat mencoba semoga bermanfaat.