Jumat, 16 Agustus 2019

Begini loh Cara Mendapatkan Foto Bokeh yang Keren Hanya dengan Smartphone

Info Negeri - Halo gengs, pasti sudah pada tau dong kalau foto dengan efek bokeh tuh lagi populer banget belakangan ini. Apalagi yang sering banget main sosial media, foto dengan efek blur di sisi-sisi object pasti menambah artistik foto-foto di sosial media kamu.

Efek Bokeh bisa dengan mudah didapatkan saat fotografer melakukan pemotretan dengan kamera Depth of Field yang sempit, jadi sehingga lebih banyak ruang yang out of focus, maka munculah foto dengan efek bokeh yang signifikan dalam foto yang dihasilkan.

Nah, pasti pada bertanya-tanya kan, gimana sih caranya menghasilkan foto bokeh yang keren?
Foto dengan efek bokeh sangat mudah didapat bila kita menggunakan kamera DSLR, namun biasanya orang malas membawa-bawa kamera professional yang berat dan ribet, kan? Jadi, kali ini saya mau membagikan tips cara mendapatkan foto bokeh yang keren hanya dengan menggunakan kamera smartphone. Yuk, langsung simak aja tipsnya berikut ini:

1.    Atur jarak objek foto dengan backgroud

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, bahwa efek bokeh adalah ketika backgroud di sekitar objek terlihat blur. Nah, agar backgroud tampak blur, Sesuaikan komposisi objek utama dengan background yang pas. Buat jarak antara objek dengan background. Ingat, semakin jauh jarak background dengan objek, maka foto bokeh yang dihasilkan bisa semakin blur alias semakin kece.



2.    Mendekat ke objek

Foto bokeh membuat sebuah objek terlihat sangat fokus disertai dengan background yang blur. Jadi hindari mengambil objek dari jarak yang jauh. Mendekatlah ke objek, jadikan fokus kamera benar-benar tertuju pada objek. Tempatkan objek  pada posisi frame paling depan.

 3.    Hindari objek yang ramai

Agar foto bokeh terlihat lebih dramatis dan artistik, hindari objek yang ramai. Biasanya foto bokeh akan terlihat lebih memukau dengan single objek sehingga foto yang dihasilkan dapat memaksimalkan fokus hanya pada 1 objek.



4.    Gunakan smartphone yang tepat

 
Nah, selain melakukan berbagai tips & trik dalam Teknik pengambilan foto yang telah dijelaskan di atas, kamu juga sebaiknya memperhatikan gear yang tepat untuk mendapatkan foto bokeh yang keren. Gunakan smartphone yang memiliki lensa ganda. OPPO Reno yang baru saja dirilis di Indonesia memiliki 3 kamera belakang yang menjadi fitur andalannya.

Kamera utama ganda OPPO Reno memiliki resolusi 48MP diafragma f/1.79 dengan sensor Sony IMX 586 dan kamera depth sensor  5MP yang dapat menghasilkan efek bokeh. Kameranya mampu menangkap detail gambar dengan sempurna walau dalam keadaan low light sekalipun. 


Perpaduan antara kamera utama dan kamera sekunder belakangnya mampu memberikan hasil foto bokeh (background blur) dengan cepat dan rapi. Pengguna bisa menggunakan fitur Potrait Mode yang ada pada kamera OPPO Reno, untuk mengambil foto bokeh.

Selain itu, fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Scene Detection juga dihadirkan pada smartphone ini. Fitur ini memungkinkan kamera belakangnya bisa mendeteksi scene atau suasana yang pas untuk memberikan hasil foto terbaik.

OPPO juga tidak lupa menghadirkan dua fitur andalan pada aplikasi kamera bawaan smartphone, yaitu Dazzle Color dan Ultra Night Mode 2.0 untuk memudahkan pengguna OPPO Reno mendapatkan hasil foto yang menarik, baik pada kondisi siang hari maupun malam hari. Fitur Dazzle Color Mode akan meningkatkan warna dan gaya jadi lebih menarik. Warna yang dihasilkan pada foto terlihat lebih cerah dan lebih memikat.


Sementara itu, fitur Ultra Night Mode 2.0 bisa membuat kualitas foto yang diambil pada malam hari atau kondisi minim cahaya, jadi lebih jelas, terang dan tajam tanpa noise. Fitur ini membuat pencahayaan pada foto terasa lebih merata ketika kita bisa memfokuskan objek ke benda yang bercahaya dan bagian sekitarnya masih bisa terlihat.

Untuk kamera depannya memiliki resolusi 16MP dengan aperture f/2.0 dan Natural AI Beautification, yang bisa menghasilkan foto selfie atau wefie jadi lebih baik.

Nah gengs, itu dia cara mendapatkan foto bokeh ala fotografer professional yang keren hanya dengan menggunakan kamera smartphone. Mudah banget kan?

Tertarik memiliki smartphone canggih ini? Silakan cek disini 


EmoticonEmoticon